Iklan Banner Sukun
Ragam

11 Alasan Mengapa Kita Perlu Mengasah Skill Komunikasi, Bekal Karir Sukses dan Moncer

Ilustrasi komunikasi. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Di zaman modern ini, kita sangat membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik. Semua bidang kehidupan menyertakan komunikasi sebagai unsur utama agar aktivitas bisa berjalan lancar. Mulai dari berbicara di sekolah, rumah, masyarakat hingga lingkungan kantor.

Dapat dikatakan, bahwa komunikasi adalah skill yang sangat penting untuk setiap individu tanpa terkecuali. Skill komunikasi harus dipelajari semua orang, oleh karena itu simak alasan mengapa kita perlu belajar skill komunikasi berikut ini.

Pentingnya Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari


1. Membangun kepercayaan dan membantu membina hubungan yang lebih kuat di antara orang-orang terdekat. Hal utama yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa komunikasi bukanlah proses satu arah. Artinya, sementara berbicara merupakan komponen penting dari komunikasi, mendengarkan juga merupakan komponen yang sangat diperlukan.

2. Membuka peluang baru bagi kehidupan. Dalam artian bahwa komunikasi bukan hanya sekadar media untuk berbagi dan menerima informasi, tetapi juga merupakan keterampilan yang sangat dihargai dan dicari di segala bidang kehidupan. Misalnya keterampilan komunikasi yang efektif berguna untuk kepentingan saat melamar pekerjaan dan perguruan tinggi.

3. Mengembangkan kepribadian diri sendiri. Melalui komunikasi, kita lebih mampu menavigasi dunia dan menjelajahi situasi baru yang menantang. Kita juga akan bertemu orang baru, banyak di antaranya mungkin memiliki pendapat, pandangan, dan pengalaman yang berbeda.

4. Membantu memecahkan konflik apa pun yang mungkin muncul dalam hidup atau hubungan kita.

5. Mengembangkan empati. Empati sendiri berbeda dari simpati, karena ia melibatkan menempatkan diri pada posisi orang lain dan melihat dunia dari sudut pandang mereka. Ini adalah keterampilan penting dalam banyak berguna di semua bidang kehidupan.

Pentingnya Komunikasi di Tempat Kerja

1. Komunikasi yang efektif meningkatkan produktivitas dan motivasi karyawan. Karyawan yang menerima komunikasi yang baik dari pemimpin cenderung lebih termotivasi, tertarik, dan produktif daripada karyawan yang dibiarkan bekerja sendiri.

2. Meningkatkan manajemen krisis yang tak terhindarkan dari kehidupan. Hal ini sangat umum di lingkungan tempat kerja yang berbahaya atau berisiko. Komunikasi yang efektif sangat penting untuk melewati setiap potensi krisis yang mungkin terjadi di tempat kerja, baik yang berakar di dunia fisik atau mental.

3. Meningkatkan berbagi pengetahuan dan inovasi. Pengetahuan, jika disimpan untuk diri sendiri dan tidak pernah dibagikan kepada dunia, cenderung kehilangan nilainya. Hanya dengan berbagi ide, informasi, dan pengetahuan, seseorang dapat memperluas dan meningkatkannya, serta mencari cara untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Komunikasi untuk membangun suasana tim yang merupakan komponen penting dari setiap tempat kerja atau organisasi.

5. Meningkatkan kepuasan karyawan dan konsumen yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan. Namun, yang sama pentingnya adalah kepuasan karyawan yang berkontribusi pada berfungsinya organisasi secara efektif.

6. Mengurangi sifat seenaknya mengenai ketidak hadiran. Alasan lain mengapa komunikasi sangat penting di tempat kerja adalah bahwa komunikasi memainkan peran kunci dalam mengurangi ketidakhadiran karyawan serta menurunkan tingkat turnover.

Itulah alasan mengapa kita harus meningkatkan skill komunikasi yang baik. Singkatnya, keterampilan komunikasi yang baik sangat penting di hampir semua bidang kehidupan. Dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan profesional, keterampilan komunikasi menjadi pondasi utama. (Kai/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev