Iklan Banner Sukun
Ragam

10 Rekomendasi Tempat Wisata yang Ada di Sekitar Venue Gelora Bung Tomo Surabaya

Potret beberapa tempat wisata yang ada di Surabaya dan dekat dengan stadion GBT (Instagram: Surabaya Sparkling)

Surabaya (beritajatim.com) – Stadion Gelora Bung Tomo Kini diproyeksikan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Hal ini diutarakan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) usai gelaran AFC U 20 yang berlangsung di Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Dari hasil penilaian tim PSSI dan AFC, stadion GBT secara fasilitas sudah lengkap dan layak untuk ajang internasional. Dari hasil tersebut, mantan Ketua Asprov PSSI Kalimantan Timur itu menegaskan Stadion Gelora Bung Tomo tetap masuk skema untuk Piala Dunia U-20 2023.

Berkaca dari pagelaran acara sepak bola internasional, tempat wisata di sekitar venue atau stadion selalu menjadi salah satu tempat yang dikunjungi banyak orang selain untuk menonton pertandingan. Selain itu dengan meningkatnya pengunjung ke tempat-tempat wisata di sekitar stadion, bisa menambah mobilisasi tempat wisata dan daerah.


Untuk itu beritajatim.com memberikan rekomendasi beberapa tempat wisata di dekat venue Gelora Bung Tomo yang digadang-gadang menjadi salah satu tempat venue Piala Dunia U-20 2023.

Berikut tempat wisata yang bisa dikunjungi suporter bola dan wisatawan di sekitar Stadion Gelora Bung Tomo:

1. Taman Bungkul

Taman wisata lainnya yang ada di Surabaya adalah Taman Bangkul. Lokasinya berada di Jalan Raya Darmo. Nama taman ini berasal dari nama seorang tokoh penyebar agama Islam di Surabaya bernama Sunan Bungkul. Makamnya bisa Anda temukan di kawasan taman tersebut.

Taman ini baru diresmikan pada tahun 2007 dan memiliki wahana yang sangat lengkap antara lain taman hijau lengkap dengan kolam air mancur, wifi gratis, layanan telepon umum, plaza dan panggung hiburan, jogging track, BMX track, tempat anak-anak bermain hingga pusat kuliner.

Taman ini memiliki sistem keamanan yang cukup bagus, yakni menggunakan CCTV. Selain itu, di taman ini pengelolaan sampah juga sangat terjaga dengan adanya pemisahan jenis-jenis sampah.

Lokasi taman ini menjadi salah satu pusat aktivitas warga pada hari libur. Banyak yang sekadar bermain, jogging, senam, dan bersantai di pagi hari pada akhir pekan.

Taman ini bisa Anda kunjungi selama 24 jam secara gratis. Pastikan Anda menjaga kebersihan dan aturan yang ada di taman tersebut.

2. Surabaya North Quay

Jika berbicara mengenai keunikan wisata, maka objek wisata Surabaya North Quay adalah salah satunya. Pasalnya tempat ini merupakan terminal persinggahan kapal pesiar mewah, namun dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lokasi yang menarik untuk berwisata. Melalui tempat ini kita bisa menyaksikan kapal-kapal pesiar mewah yang bersandar dan sunset waktu petang hari.

Tak hanya itu, di sekitar tempat wisata ini juga tersedia tempat makan aneka kuliner lezat khas Kota Surabaya. Bisa dibilang, fasilitas di tempat ini masih cukup terjaga. Mulai dari tempat duduk, ruang ber AC, dan bangunan yang tertata rapi.

Beralamat di Perak Utara daerah Pabean Cantian, Surabaya, butuh sekitar 35 menit untuk sampai di sini dari stadion GBT menggunakan kendaraan bermotor. Harga tiket masuknya bervariasi, mulai dari Rp10 ribu hingga Rp50 ribu tergantung dari fasilitas yang ditawarkan. Buka mulai pukul 11.30 hingga 20.00 waktu setempat, kamu bisa menyesuaikan waktu berkunjung semoga jadwal bersinggah kapal pesiar.

3. Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Bila kamu memborong sekeluarga untuk menonton pertandingan sepakbola di GBT, maka tidak ada salahnya mampir ke Kebun Binatang Surabaya. Kebun binatang ini terletak di Jalan Setail, daerah Darmo, Wonokromo, hampir 35 menit dari GBT.

KBS pernah menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara dengan koleksi 211 spesies dan 2.236 binatang. Selain berfungsi sebagai sarana rekreasi, kamu juga bisa melakukan edukasi, konservasi, dan mendukung aktivitas riset para peneliti.

Biaya tiket masuk ke kebun binatang ini sebesar Rp15 ribu belum termasuk tiket aktivitas tambahan di dalam kebun binatang.

4. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan adalah monumen ikonik dari Surabaya, selaras dengan julukan kotanya. Tugu dengan tinggi 41,15 meter ini memiliki desain 10 lengkungan dan 11 ruas. Tugu ini dibangun untuk mengenang perjuangan arek-arek Surabaya melawan penjajah. Kamu bisa menikmati suasana tempat bersejarah sambil olahraga dan kuliner di dekat tugu pahlawan.

Tugu pahlawan berdiri di kawasan alun-alun dekat kantor gubernur Jatim, dengan area rumput dan pohon-pohon rindang yang teduh. Kawasan yang bersih dan beberapa kanopi untuk istirahat, tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan sore hari sambil bersantai. Tak perlu memikirkan tiket, tugu pahlawan gratis bagi siapa saja yang ingin mengunjunginya.

5. Museum House of Sampoerna

Sesuai namanya, museum ini khusus membahas mengenai rokok. Museum House of Sampoerna sejak tahun 1862 merupakan bangunan pabrik rokok yang pertama kali berdiri di Surabaya.

Bangunan bergaya khas Belanda ini, sekarang sudah menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di Jalan Taman Sampoerna Krembangan, hanya membutuhkan sekitar 25 menit dari GBT menggunakan kendaraan bermotor.

Walaupun usianya sudah ratusan tahun, tetapi karena perawatan dan renovasi yang baik, kini bangunan ini terlihat megah dan estetik. Kamu bisa mengunjungi museum ini setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam waktu setempat. Tidak ada pungutan biaya tiket masuknya, kita bisa bebas mengeksplorasi bangunan dan berfoto.

6. Taman Air Prestasi

Pengunjung bisa menikmati wisata air di sini dengan menaiki perahu baik jalur pendek maupun panjang. Suasana terbaik taman air ini adalah di malam hari, karena pemandangan yang eksotis dan penuh dengan kelap-kelip lampu hias.

Bukan hanya malam ini, kamu bisa mengunjungi tempat ini mulai pukul 8 pagi hingga 3 petang. Kemudian waktu jeda hingga dilanjutkan lagi pukul 6 sore hingga 9 malam waktu setempat.

Kamu hanya perlu membayar tiket sekitar Rp 4.000 dan langsung bisa naik perahu baik jalur pendek maupun panjang. Tempat wisata ini termasuk yang paling banyak dikunjungi warga Surabaya. Kamu juga bisa bersantai dengan menikmati suasana perairan di bangku-bangku pinggir sungai.

7. Museum Sepuluh November

Sesuai namanya, museum ini mengangkat peristiwa bersejarah 10 November sebagai peringatan bukti sejarah atas perlawanan arek-arek Surabaya kenapa penjajah. Museum ini terletak di Jalan Pahlawan, tepatnya di kawasan pusat Kota Surabaya. Di dalam museum ini terdapat banyak koleksi benda-benda bersejarah selama pergolakan, seperti dokumen, senjata-senjata, foto, lukisan, patung replika dan sebagainya.

Tiket masuk ke museum ini cukup murah, hanya Rp 2.000 dengan waktu kunjungan mulai hari Selasa hingga Minggu setiap pukul 8 hingga 14.30 waktu setempat.

8. Monumen kapal selam

Monumen kapal selam adalah salah satu ikonik wisata edukasi dan spot foto di Surabaya. Lokasinya berada di Jalan Pemuda, Genteng. Di kawasan ini kita bisa menyaksikan aneka jenis kendaraan militer yang digunakan selama perang melawan penjajah.

Di tempat wisata ini Anda bisa menyaksikan KRI Pasopati 410 yang juga terlibat dalam Operasi Trikora. Kamu hanya perlu membayar membayar biaya tiket sebesar Rp 15.000 untuk menikmati suasana sejarah yang kental.

9. Food junction grand Pakuwon

Salah satu tempat wisata kuliner Surabaya yang cukup hits dan menarik untuk dikunjungi adalah Food Junction Grand Pakuwon. Lokasinya berada di Jalan Grand Banjar Boulevard, daerah Banjar Sugihan.

Kepopuleran tempat ini ada karena bukan hanya menyuguhkan keberagaman kuliner, tetapi juga pemandangan yang indah dan Instagramable. Di tempat ini juga para pengunjung bisa menikmati sajian kuliner baik khas nusantara maupun luar negeri.

10. Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho sangat ikonik karena desain arsitekturnya yang bergaya Cina. Masjid ini terletak di Jalan Gading daerah Genteng, Surabaya.

Perpaduan budaya arsitektur antara Cina dan Arab menjadi masjid ini semakin istimewa. Bukan hanya sebagai tempat ibadah, namun kita juga dengan mudah dapat mendapatkan spot foto terbaik.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di sekitar Stadion Gelora Bung Tomo versi beritajatim.com. Jika kamu berniat mengunjungi Surabaya karena pertandingan sepakbola, jangan lewatkan juga untuk menikmati wisata khas Surabaya.

Lokasi Stadion Gelora Bung Tomo yang tidak begitu jauh dari pusat kota dan Terminal Bus Osowilangun juga akan semakin mempermudah pengunjung untuk menjangkau tempat wisata tersebut. (Kai/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev