Iklan Banner Sukun

Warga Desa Pamotan Malang Gelar Grebek Suro di Sumber Air Umbulan

Masyarakat Dusun Umbulan, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Minggu, 7 Agustus 2022 mengadakan Grebeg Sura di area sumber air Umbulan.

Malang – Bulan Sura merupakan bulan suci bagi masyarakat Jawa yang selalu diperingati dengan berbagai acara ritual, seperti, jamasan pusaka atau slametan bersih desa.

Demikian pula masyarakat Dusun Umbulan, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Minggu, 7 Agustus 2022 mengadakan Grebeg Sura di area sumber air Umbulan.

Kemeriahan acara nampak saat tumpeng yang berisi buah dan sayuran diperebutkan masyarakat. Tradisi rebutan tumpeng ini, menurut KMAT Sariro Anikaning Tyas, yang biasa dipanggil Ika, memang dipersiapkan sebagai ciri khas ritual Sura pada umumnya.

Hadir pada kesempatan itu, selain perangkat Desa Pamotan, juga Camat Dampit, Abai Saleh, yang memang mendorong acara Grebek Sura ini sebagai ucapan syukur atas berkah Sumber Air Umbulan.

Memang, kata Ika juga, mata air Umbulan ini mengaliri beberapa pedukuhan, yaitu, Umbulrejo, Ubalan, Patihan, Dawuhan, Bangsri, Sumber Ayu, dan Pamotan.

Masyarakat Dusun Umbulan, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Minggu, 7 Agustus 2022 mengadakan Grebeg Sura di area sumber air Umbulan.

Dalam persiapan Grebek Sura Umbulan ini, Abai Saleh selaku Camat Dampit mengusulkan agar Sanggar Sumariwe menciptakan tari yang berkaitan dengan Sumber Air Umbulan.

“Tolong ciptakan suatu tarian yg menceritakan tentang sumber mata air Umbulan karena sumber mata air ini sangat bagus dan perlu kita lestarikan” Kata Abai Saleh

Menyikapi usulan Camat Dampit itu, Ika sebagai pimpinan Sanggar Sumariwe mengajak anak-anak muda untuk menciptakan tari guna memeriahkan acara tersebut. Dengan pendampingan Agus Eko, seorang guru tari yang juga penari spiritual, lahirlah Tari Umbulsari ciptaan Ruth Delina.

Selain itu, lanjut Ika, para penari yang rambutnya berhias rangkaian janur, daun puring, padi, dan pandan ini juga sebagai simbol kesuburan, kemakmuran, cahaya ilahi, pemberani dan tolak balak.

“ Air itu menyiratkan sifat bersih dan suci yang sekaligus juga sumber kehidupan pemberian Tuhan. Karena itu perlu kita jaga jangan sampai mrusak alam sekitarnya.” papar Ika.

Masyarakat Dusun Umbulan, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Minggu, 7 Agustus 2022 mengadakan Grebeg Sura di area sumber air Umbulan.

Dusun Umbulrejo yang terletak sekitar dua kilometer arah utara dari Kota Kecamatan Dampit itu memang sudah lama terkenal sebagai sumber air yang melimpah. Itu sebabnya muncul beberapa wisata pemandian yang dikelola warga. Namun manfaat utama sumber air tersebut adalah untuk kebutuhan warga sehari-hari, air minum juga pertanian. Maka saat menuju area sumber Umbulan, wisatawan akan melewati hamparan sawah-sawah yang menghampar luas.

Udara segar area Umbulan yang berada di lereng barat Gunung Semeru itu masih terasa hingga siang hari. Sebagian masyarakat yang hadir itu pun masih meneruskan menikmati wisata air meski acara Grebeg Sura Umbulan sudah berakhir. (ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev