Topang PPKM Darurat, Relawan Seknas Jokowi: Dirikan RT Siaga!

Pjs Ketua Umum SekNas JOKOWI Sereida Tambunan

Jakarta (beritajatim.com) – Relawan yang tergabung dalam SekNas Jokowi menyerukan agar  masyarakat mendirikan RT Siaga menopang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mendukung pemerintah dalam menekan penyebaran rantai penularan COVID-19.

“Terutama di RT yang ada pasien isolasi mandiri, peran RT Siaga sangat strategis untuk menopang bantuan makanan bagi rumah-rumah yang ada pasien isolasi mandiri. RT Siaga adalah tempat warga bergotong-royong, sebelum bantuan pemerintah tiba,”kata Pjs Ketua Umum SekNas JOKOWI Sereida Tambunan

Sereida mengingatkan bahwa RT Siaga berperan untuk menggalang solidaritas warga sejak gejala awal sakit agar tidak menjadi beban dari fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan yang sudah sangat berat di puskesmas maupun rumah sakit.

“Yakinlah bahwa isolasi mandiri yang disiplin dengan obat-obat flu ditambah vitamin, maka pasien bisa pulih. Yang penting meningkatkan imunitas dan antibodi dengan makanan yang bergizi dan istirahat cukup, pasien pasti sembuh. Solidaritas Warga dalam RT Siaga berperan sangat penting,” paparnya.

Sereida juga mengingatkan agar warga tidak panik atau ketakutan yang akan menurunkan imunitas antibodi, sehingga tidak mudah diserang penyakit.

“Saat ini yang lebih berbahaya adalah virus ketakutan yang disebar lewat media sosial dan dibaca masyarakat. Ini yang meruntuhkan mental masyarakat sehingga mudah sakit. Stop membaca berita menakutkan. Jangan mudah panik kemudian stres sendiri,” tegasnya.

Selain itu kami juga menghimbau kepada seluruh DPW dan DPD serta anggota SekNas JOKOWI untuk menjadi teladan dalam mendidik masyarakat dalam hal perilaku sehat sesuai protocol COVID- 19, yakni: cuci tangan pakai sabun, menggunakan hand sanitizer, memakai masker sesuai petunjuk yang benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan mengkonsumsi makanan sehat. (ted)

 

 

 



Apa Reaksi Anda?

Komentar