Tolak PHK Karyawan, CEO Kopi Kenangan Rela Bergaji Rp 1

Jakarta – Kopi Kenangan tumbuh dan berkembang dengan satu nilai dasar yaitu, “Membawa kebahagiaan, lewat satu cangkir kopi, untuk tiap pelanggan, setiap waktu” (bring joy, one cup, one customer at a time). Nilai ini juga yang menjadi dasar Kopi Kenangan menghadapi tantangan berat dalam mengatasi penyebaran virus corona (COVID-19), yang telah dinyatakan WHO sebagai pandemi pada 11 Maret 2020.

Merespon kondisi saat ini, Kopi Kenangan berkomitmen untuk ikut berkontribusi dalam menghadapi pandemi ini. “Kopi Kenangan sadar bahwa pandemi COVID-19 “memaksa” kita untuk beradaptasi dengan melakukan berbagai perubahan sekaligus mengubah cara hidup sehari-hari. Sesuai visi kami, ‘Dari Indonesia untuk Dunia,’ Kopi Kenangan ingin turut bekerja bersama masyarakat Indonesia dan menghadapi masa-masa menantang ini,” ujar CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata.

Kopi Kenangan berkomitmen untuk mendukung pihak-pihak yang terkena dampak pandemi COVID-19, terutama para pekerja kesehatan, karyawan Kopi Kenangan, serta mereka yang paling terkena dampak ekonomi akibat pandemi global ini. Komitmen ini meliputi:

  • Pada 23 Maret 2020, manajemen Kopi Kenangan telah mengeluarkan Message From CEO: One Cup, One Customer, One Rupiah yang memastikan Kopi Kenangan tidak akan melakukan PHK terhadap barista dan karyawan tetap Kopi Kenangan. Bukan hanya itu, pimpinan Kopi Kenangan juga telah mengambil langkah pertama untuk memastikan kelangsungan bisnis dengan hanya mengambil gaji Rp1/bulan mulai Maret 2020 sampai krisis ini berhasil diatasi. Hal ini dilakukan untuk mendukung stabilitas finansial mereka yang terkena dampak akibat perlambatan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19.
  • Menyediakan total budget Rp 15 miliar sepanjang tahun 2020 untuk membantu berbagai pihak yang terkena dampak penyebaran COVID-19.
    • Rp 13 miliar digunakan untuk melindungi kesehatan dan keamanan pelanggan, barista serta produk Kopi Kenangan melalui pembelian mesin sterilisasi, hand sanitizer, alat pengecek temperatur dan sarung tangan serta masker non-medis (melalui kampanye SENANG).
    • Sisa IDR2 miliar akan didonasikan langsung kepada beberapa partner yang bekerja bersama Kopi Kenangan dalam mengatasi dampak pandemi COVID-19.
  • Sejak 9 Maret 2020, Kopi Kenangan telah meluncurkan kampanye SENANG (Sehat Bersama Kenangan) untuk melindungi kesehatan dan keselamatan pelanggan serta karyawan. SENANG berfokus pada kebersihan dan kesehatan barista serta mitra Kopi Kenangan. Implementasi dilakukan melalui beberapa tindakan seperti pemeriksaan suhu untuk karyawan dan mitra pengiriman, kebijakan untuk mencuci tangan dan penggunaan hand sanitizersafety mask serta sarung tangan, juga secara periodik membersihkan area kerja dengan disinfektan. Kampanye SENANG juga memastikan kebersihan produk yang dipesan secara online dengan menyertakan SENANG Care Card dan penyegelan produk pesanan. Selain itu, Kopi Kenangan juga mendukung peraturan pemerintah untuk membatasi kontak fisik dengan meniadakan area duduk di gerai Kopi Kenangan.
  • Distribusi 50.000 cangkir Kopi Kenangan gratis untuk para tenaga medis yang menjadi ujung tombak dalam menghadapi pandemi global ini. Kopi Kenangan dikirimkan secara gratis ke rumah-rumah sakit yang menangani kasus COVID-19.

Kami berharap donasi dan upaya ini dapat memberikan kontribusi positif dalam perjuangan kita bersama menghadapi COVID-19 sekaligus membantu dalam menghadapi tantangan yang tengah kita hadapi.(ted)

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar