Iklan Banner Sukun

Tips Memilih Accounting Software untuk Mendukung Proses Bisnis

Dalam perusahaan dagang dan manufaktur, pembelian barang menjadi aktivitas yang sama pentingnya dengan penjualan. Tanpa pembelian, kedua jenis perusahaan ini tidak bisa menjalankan aktivitas produksi dan jual beli. Padahal kedua aktivitas inilah sumber laba mereka. Mengingat pentingnya hal ini maka perusahaan perlu mengetahui pembelian menggunakan accounting software.

Untuk bisa mengetahui pembelian menggunakan accounting software, maka Anda harus memilih software yang akan digunakan dengan mudah.

Apa itu Accounting Software?

Accounting Software atau software akuntansi merupakan program aplikasi yang dirancang khusus guna mengelola pencatatan hasil transaksi. Program ini diciptakan untuk para akuntan agar lebih mudah dalam mengelola data seputar transaksi.

Data yang akan diolah dalam program ini adalah data pembelian penjualan, pembayaran gaji, laporan, dan data-data lainnya yang berhubungan dengan pelaporan keuangan perusahaan.

Software ini bekerja secara real-time. Jadi, divisi yang saling berhubungan sebelumnya dapat ter-update juga. Oleh sebab itu, seluruh transaksi perusahaan secara otomatis akan masuk dalam jurnal yang sesuai dan data akan selalu diperbaharui.

Accounting software memiliki berbagai fitur yang di mana bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Aplikasi ini memiliki tingkat harga yang berbeda-beda tergantung dengan seberapa banyak kebutuhan perusahaan.

Semakin banyak fitur yang diinginkan atau ditawarkan oleh aplikasi, maka semakin mahal pula harganya.

Apa alasan yang mendasari perlunya perusahaan menggunakan accounting software?

Bagi pengusaha, mengelola usaha tidak hanya semata-mata mengurusi masalah produk, operasional, dan penjualan semata. Mengelola keuangan usaha pun tidak boleh diabaikan. Namun dengan banyaknya aktivitas yang harus dikerjakan, membuat pengusaha mengalami kesulitan dalam memantau dan fokus pada pencatatan keuangan usaha. Memiliki staf khusus yang menangani keuangan memang bisa menjadi pilihan. Tapi pengerjaan secara manual tentunya akan menimbulkan beberapa resiko seperti kesalahan pencatatan, kecurangan, atau pembuatan laporan yang lama.

Untuk itu solusi terbaik bagi pelaku usaha dalam hal mengelola keuangan usaha adalah dengan memakai software akuntansi. Dengan memakai software akuntansi, maka pengusaha akan lebih mudah memantau aktivitas keuangan usaha yang dilakukan oleh staf keuanagan, seperti dalam membuat laporan keuangan, neraca, buku besar, dan jurnal. Hal ini akan mempermudah pengerjaan laporan keuangan menjadi lebih cepat dibandingkan jika dilakukan secara manual dengan menggunakan kertas kerja.

Software akuntansi ini hendaknya juga terintegrasi dengan semua divisi yang ada dalam perusahan, sehingga memudahkan kinerja perusahaan dalam hal penyajian laporan keuangan yang cepat, akurat, dan informatif. Adapun beberapa manfaat yang didapat jika perusahaan mengadopsi software akuntansi ini adalah:

  1. Transaksi keuangan yang banyak dapat dilakukan dalam waktu singkat
  2. Meminimalisir terjadinya resiko kesalahan penghitungan yang dapat merugikan perusahaan
  3. Jika terjadi kesalahan menginput data, maka software otomatis melakukan koreksi sehingga tidak perlu menggulang dari awal
  4. Dengan menginput transaksi harian maka secara otomatis akan terbentuk jurnal
  5. Laporan dalam jurnal khusus dan jurnal umum akan langsung terintegrasi dengan buku besar
  6. Adanya fitur yang dapat mencatat persediaan, gudang, dan penggunaan satuan barang
  7. Laporan keuangan dapat disajikan secara real time.

Fitur-fitur yang Wajib Ada di Software Akuntansi

Tidak semua software akuntansi diciptakan memiliki fitur yang sama. Oleh karena itu, sebelum menggunakan software akuntansi, Anda harus paham mengenai fitur-fitur penting yang dapat menunjang dan memudahkan aktivitas akuntansi bisnis Anda.

Berikut ini adalah beberapa fitur canggih yang harus ada di software akuntansi karena terbukti dapat membantu operasional bisnis Anda:

  1. Fitur Laporan Keuangan

Bukan hal yang asing lagi bahwa accounting software merupakan alat bantu dalam membuat laporan keuangan seperti laba rugi, arus kas, neraca, dan lainnya. Dengan menggunakan fitur ini laporan keuangan membuat laporan keuangan lebih cepat dan tepat.

2. Fitur Financial Forecasting

Fitur ini berguna sebagai alat untuk mengontrol keuangan perusahaan dengan baik. Selain itu, fitur ini juga dapat mengoptimalkan keuangan perusahaan, sehingga dapat membantu dalam mengatur perencanaan keuangan perusahaan.

3. Fitur Manajemen Depresiasi Aset

Fitur ini berfungsi untuk menghitung penyusutan sebuah aset secara akurat dan otomatis.Perhitungan yang dilakukan harus sesuai dengan standar akuntansi dan pajak yang berlaku.

4. Fitur Laporan Bank dan Rekonsiliasi Akun

Fitur software ini berfungsi untuk membantu dalam laporan dan rekonsiliasi akun dalam waktu singkat. Pada fitur ini juga dapat memastikan keakuratan data keuangan perusahaan.

5. Fitur Faktur dan Penagihan

Melalui fitur ini perusahaan akan lebih cepat dan efisien dalam mengelola dan membuat berbagai macam jenis faktur dan penagihan. E-Faktur mengandung berbagai macam komponen yang bisa digabungkan sesuai dengan kebutuhan.

Keunggulan Accounting Software dalam Menjalankan Pekerjaan Akuntansi di Bisnis Anda

Menggunakan software akuntansi jelas memberikan banyak benefit untuk kemajuan bisnis Anda. Dengan beragam fitur yang lengkap, software ini dapat membantu perusahaan Anda dalam menghasilkan berbagai laporan keuangan yang penting untuk bisnis Anda.

Adapun beberapa keunggulan menggunakan software akuntansi adalah sebagai berikut:

  1. Akurat

Menggunakan akuntansi konvensional memiliki banyak kelemahan, seperti halnya salah meng-input data yang mengakibatkan harus melakukan perhitungan kembali dari awal.

Tentunya hal itu membuat pekerjaan menjadi tidak efisien. Dengan fitur accounting software dapat meminimalkan kesalahan.

2. Pengolahan Data Lebih Cepat dan Tepat

Dengan menggunakan software akuntansi akan lebih cepat dan mudah dalam pengelolaan data. Tidak perlu untuk menunggu untuk mengetahui hasil perhitungan perusahaan, karena langsung pembaharuan secara otomatis.

3. Penggunaan Mudah

Accounting software memang memberikan kemudahan, tidak hanya dapat digunakan oleh seorang akuntan saja melainkan orang awam juga bisa menggunakannya.

Sehingga apabila Anda sebagai pemilik perusahaan kurang memahami akuntansi bisa menggunakan software ini, dapat menghemat waktu dan juga biaya.

4. Real-Time dan Multi-Platform

Mengapa dapat dikatakan real-time dan multi-platform? Karena accounting software dapat digunakan di mana saja dan data yang disajikan sesuai dengan waktu sebenarnya. Jadi Anda dapat mengontrol dan mengecek urusan keuangan perusahaan kapanpun.

Manfaat Penting Software Akuntansi Untuk Perkembangan Bisnis Anda

Adapun kami berikan informasi beberapa manfaat ketika perusahaan Anda menggunakan accounting software:

  • Memudahkan untuk pengerjaan laporan dalam waktu singkat. Dimana laporan keuangan merupakan bagian paling vital.
  • Meminimalisir kesalahan perhitungan atau terjadinya human error.
  • Meminimalisir penghitungan dari awal, dikarenakan jikan menggunakan software hanya mengganti kesalahan yang ditemukan saja.
  • Dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.
  • Data akuntansi yang disajikan lebih akurat dan lebih bisa mendukung dalam menentukan langkah keputusan yang akan diambil oleh perusahaan.

Tips Memilih Vendor Layanan Accounting Software

Agar kegiatan akuntansi bisnis Anda berjalan dengan baik, Anda juga harus pintar dalam memilih vendor accounting software yang akan digunakan.

Untuk memilih software akuntansi yang tepat untuk Anda, terdapat beberapa tips yang perlu Anda ikuti, yakni:

  1. Pilih yang memberikan kemudahan dalam mengakses

Setiap developer software tentunya memiliki ciri khas tampilannya. Sebagai pengguna software, Anda harus mampu untuk memilih vendor yang tepat yang memiliki kemudahan akses agar dapat digunakan dengan mudah oleh seorang yang belum begitu paham tentang akuntan.

2. Pastikan keamanan datanya terjamin

Selain itu, yang wajib Anda perhatikan adalah sistem keamanan data yang dimiliki oleh vendor tersebut. Tanyakan secara detail pada developer mengenai keamanan data agar terhindar dari kebocoran data secara online maupun offline.

3. Tersedia fitur back-up data

Selanjutnya pilih vendor yang memiliki fitur back up data. Umumnya laporan keuangan diakses melalui Microsoft Excel, sebaiknya memilih software yang menyediakan layanan ekspor impor data berupa excel.

  1. Memiliki customer support yang responsif

Tips terakhir adalah pilih vendor yang memiliki customer support, di mana tentu saja tim vendor dan Anda masih memerlukan komunikasi terkait dengan software tersebut.

Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum Menggunakan Software Akuntansi?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan software akuntansi pada perusaahaan Anda, pertama-tama Anda harus terlebih dahulu mengetahui aktivitas dan kebutuhan usaha secara mendalam.

Hal ini bertujuan agar Anda dapat memutuskan software yang benar-benar sesuai. Selain itu, pertimbangkan juga berbagai benefit yang ditawarkan oleh sistem tersebut, seperti:

  • Dapat menyajikan laporan dengan cepat dan akurat
  • Menyediakan informasi piutang yang tidak tertagih
  • Adanya fitur pengelolaan inventory
  • Dapat mengetahui produk best seller
  • Dapat mencetak faktur penjualan, pajak
  • Keamanan data yang terjamin

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat tersebut, lalu bagaimana sebuah perusahaan dapat menerapkan software akuntansi dalam aktivitasnya?

Bagi perusahaan yang sebelumnya menerapkan sistem pencatatan keuangan manual dan kemudian beralih ke software akuntansi akan membutuhkan berbagai penyesuaian dan persiapan.

Tentunya bukan pekerjaan yang mudah, karena dibutuhkan persiapan yang matang. Proses peralihan tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar, selain kesiapan perangkat dan personel yang menjalankannya, juga harus dipersiapkan data-data keuangan yang akan diolah untuk menghasilkan laporan keuangan yang akurat.

Berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan saat persiapan menggunakan software akuntansi:

  • Mengumpulkan bukti transaksi seperti nota, faktur untuk di-input dalam software.
  • Menentukan nomor perkiraan akun yang akan digunakan dalam transaksi harian .
  • Menentukan perkiraan akun buku besar seperti akun kas, persediaan, peralatan, penjualan, sewa, dan lainnya.
  • Meng-input saldo awal dari saldo akhir bulan sebelumnya yang digunakan sebagai acuan dalam transaksi bulan sekarang. Jika Anda memulainya di awal tahun, maka hanya menggunakan saldo akhir tahun sebelumnya di neraca. Apabila perusahaan yang dikelola baru berdiri, maka tidak ada saldo awal baru.

Setelah tahapan-tahapan tersebut dijalankan, maka Anda dapat segera menginput transaksi bulanan dan yang berjalan.

Satu hal lagi yang perlu diingat adalah penting pula membuat pengaturan akun yang benar akan mencegah Anda dari kekacauan hasil laporan keuangan. Selain itu, kesiapan dalam hal perangkat dan kemampuan personel juga harus diperhatikan.

Kesimpulan

Software akuntansi memang memiliki peran penting bagi pebisnis yang ingin perusahaannya naik kelas dengan pesat dan cepat.

Namun, beralih dari sistem akuntansi manual ke sistem komputerisasi berbasis program komputer butuhlah proses.

Proses transisi dari manual ke sistem membutuhkan adanya skill baru dan pembiasaan di mana personel terkait harus mampu mempelajari dan menggunakan software akuntansi sebagaimana mestinya.

Untuk itu, pilihan terbaik adalah dengan menggunakan software developer yang menyediakan layanan support, training, dan maintenance, seperti halnya Jurnal accounting software.

Jurnal by Mekari tidak hanya menyajikan software yang user friendly, namun juga memberikan dukungan penuh pada usernya.

Sehingga saat user mengalami kendala atau hambatan, dapat segera menghubungi Jurnal by Mekari untuk mendapatkan solusi. Kecepatan dalam memberikan solusi ini tentunya juga akan mempengaruhi aktivitas usaha Anda.

Software akuntansi yang handal, hardware yang memadai, personel yang terampil dan konsisten dalam melakukan pencatatan keuangan, serta adanya dukungan dari software developer dan manajemen merupakan kunci keberhasilan usaha Anda.


Apa Reaksi Anda?

Komentar