Iklan Banner Sukun

Tips Lakukan dan Simpan Refill Oksigen ala SehatQ

Tips Lakukan dan Simpan Refill Oksigen ala SehatQ

Menyimpan refill oksigen di rumah sebagai upaya jaga-jaga untuk menolong Anda atau keluarga yang sesak napas sewaktu-waktu memang sangat penting. Namun, jika Ada salah dalam menyimpan dan mengisi ulangnya, justru bahaya bisa menanti.

Soalnya, saat ini banyak oknum nakal yang menyediakan refill oksigen yang tidak sesuai standar. Bahkan, ada saja penjual refill oksigen yang menawarkan tabung oksigen palsu! Jelas jika Anda membelinya, risiko bahaya ketika menyimpan refill oksigen tersebut di rumah akan semakin besar.

Namun tidak perlu terlalu khawatir, SehatQ punya tips khusus bagi Anda agar pengisian refill oksigen dapat dilakukan dengan aman dan terpercaya. Simak tips-tipsnya di bawah ini!

Cari Lokasi Terdekat

Oksigen adalah kebutuhan mendesak jika diperlukan. Karena itu, jika stok oksigen di tabung mulai menipis, Anda sebaiknya mulai mencari tempat pengisian ulang. Semakin dekat lokasi pengisian dengan hunian Anda akan semakin baik. Artinya, ketika oksigen dibutuhkan, ia dapat diisi ulang dengan cepat sehingga orang yang membutuhkan bisa segera mendapat pertolongan. Untuk mencari lokasi pengisian refill oksigen terdekat, Anda bisa menggunakan fitur Covid SOS dari SehatQ secara gratis.

Pastikan Isi Ulang di Tempat Terpercaya

Jangan sembarangan dalam melakukan refill oksigen. Salah-salah Anda justru mendapat oksigen yang tidak sesuai standar. Pastikan tempat isi ulang yang Anda pilih adalah tempat yang terpercaya. Bagaimana cara mengeceknya? Anda bisa melihat siapa penyedia refill oksigen tersebut. Biasanya jika dari instansi besar atau pemerintah, Anda bisa memercayainya. Opsi lainnya, Anda bisa mengandalkan fitur Covid SOS dari SehatQ yang sudah menyaring tempat-tempat pengisian refill oksigen yang bisa dipercaya.

Hubungi untuk Pastikan Stok

Sebaiknya Anda tidak langsung datang ke tempat karena ada kekhawatiran stok oksigen habis karena banyak memburunya. Sangat disarankan Anda membuat janji terlebih dahulu dengan penyedia layanan tersebut untuk pengisian refill oksigen. Baru setelah itu, Anda bisa datang ke lokasi yang dimaksud.

Cek Hargannya Wajar

Ada dua hal yang menandakan harga refill oksigen tidak wajar. Pertama harga pengisian oksigen terlalu mahal dan melampau rata-rata harga yang dianjurkan. Lalu yang kedua, harga refill oksigen berada di bawah rata-rata harga pasaran. Keduanya berbahaya sebab harga yang terlalu mahal bisa mencekik isi dompet Anda, sedangkan harga yang terlalu murah dapat menjadi indikasi oksigen yang Anda beli tidak sesuai standar. Jadi lebih baik, carilah tempat refill oskigen yang menawarkan harga yang wajar dan sesuai.

Hubungi Customer Service SehatQ

Anda terkesan ribet dengan berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan refill oksigen di atas? Untuk mempermudahnya, Anda bisa mengontak customer service SehatQ. Customer service dari SehatQ bisa memberikan Anda informasi dan konfirmasi mengenai stok oksigen di suatu tempat pengisian. Dari customer service tersebut pula, Anda bisa mendapatkan periraan waktu pengisian dan harga yang diterapkan. Bagaimana soal pembayarannya? Anda tidak perlu memberi tambahan biaya tambahan untuk SehatQ dan pembayaran terkait refill oksigen dapat langsung dilakukan di tempat pengisian yang Anda incar.

Perhatikan Cara Penyimpanan

Selain memperhatikan pembelian refill oksigen, Anda juga tidak boleh mengabaikan cara penyimpanan oksigen yang aman di rumah. Berikut ini adalah beberapa tips aman menyimpan refill oksigen di rumah ala SehatQ.

  • Jarak Amat Penting

Jarak sangat penting dalam menyimpan tabung berisi oksigen. Pastikan Anda menaruh tabung oksigen minimal 1,5— 3 meter dari lokasi yang berpotensi mengeluarkan api. Artinya, jangan taruh tabung oksigen dekat dengan dapur dan kompor!

  • Jauhkan dari Cairan Mudah Terbakar

Cairan yang mengandung alkohol sangat bisa memicu oksigen menjadi terbakar. Karena alasan ini, jauhkan tabung oksigen dari cairan-cairan yang mengandung alkohol. Tentunya cairan tersebut bukan hanya minuman, melainkan juga bisa berasal dari hand sanitizer ataupun losion yang Anda gunakan tiap hari.

 

  • Pastikan Posisi Berdiri

Posisi tabung oksigen yang salah bisa memicu kebakaran. Hal ini bisa terjadi jika Anda membiarkan tabung tergeletak di lantai karena posisi ini rentan menimbulkan kebocoran. Posisi tabung oksigen yang paling baik dan aman adalah memastikannya berdiri.

Sekarang sudah tidak bingung cara melakukan refill oksigen dan menyimpannya di rumah, bukan? Jangan lupa untuk menggunakan tabung oksigen sesuai dengan penyedia layanan kesehatan. Anda juga bisa memanfaatkan SehatQ untuk berkonsultasi dengan tim medis terkait penggunaan oksigen di rumah.


Apa Reaksi Anda?

Komentar