Terpukul Pandemi Covid-19, Mahasiswa UTM Bantu UMKM Tanggulangin Sidoarjo

Para Mahasiswa Universitas Trunojoyo madura dampingi UMKM Tanggulangin Sidoarjo

 Sidoarjo (beritajatim.com) – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Trujojoyo Madura melakukan kegiatan analisis produksi Tas Tanggulangin Sidoarjo Rabu (30/06/2021).

Kegiatan ini terfokus untuk menganalisa dan mengatasi apa saja masalah, hambatan produksi, pemasaran yang sedang dialami oleh UMKM tas Tanggulangin.

 

Kerajinan tas di Kecamatan Tanggulangin merupakan salah satu ciri khas dari Sidorajo yang mampu mendongrak nilai ekonomi masyarakat khususnya di daerah setempat.

UMKM handycraft tas Tanggulangin ini menjual berbagai kerajinan berbahan kulit, mulai dari dompet, tas jinjing, ransel, slingbag, handbag, dan berbagai souvernir lainnya. UMKM tas Tanggulangin ini telah bekerja sama dengan brand kecantikan yang ternama MS Glow untuk memproduksi hand bag sebagai sovenir.

Nilai jual barang Tas Tanggulangin sebelumnya meningkat, namun ketika terjadi pandemi covid-19 melanda penjualan berkurang karena sepi pengunjung dan membeli di lokasi  wisata semakin berkurang.

“Untuk saat ini strategi pemasaran yang dibentuk ya mengikuti trend saja, selama pandemi juga produk lebih laku dari media sosial, konsumen lebih banyak dari luar kota”, ujar Rahmat salah satu owner  tas  UMKM di Tanggulangin.

Analisis tas Tanggulangin ini dilakukan pada 14 Juni 2021 yang melibatkan para perwakilan dari kelompok untuk mengunjungi UMKM tersebut.

Kegiatan ini meliputi analisis data mengenai sejarah UMKM tas Tanggulangin dan Company profile, Strategi yang digunakan UMKM ini, Analisis kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman yang dihadapi produk ini.

“Kegiatan ini ditunjukkan untuk memberikan solusi yang dihidapai oleh umkm, untuk melatih mahasiswa agar bisa menyelesaikan masalah dalam sebuah usaha, dan mahasiaswa agar bisa menyalurkan pikiran yang sudah dipelajari dalam prodi ilmu komunikasi” ujar Rio  dosen mata kuliah integrating marketing Universitas Trunojoyo Madura.

Para mahasiswa yang terlibat dalam analisis ini memberikan konsep dan strategi marketing yang ditawarkan pada UMKM untuk menangani hal dipermasalahkan.

Strategi ini didapatkan melalui pemmbelajaran yang ditempuh dalam mata kuliah prodi ilmu komunikasi dan diharapkan setelah dilakukan analisa dan memberikan konsep, strategi marketing, UMKM tas Tanggulangin bisa berkembang lagi. (ted)

 

 



Apa Reaksi Anda?

Komentar