Solusi Kuliah Sambil Kerja dari UTS

IMG_20190621_180849
Dr. Rukin, S. Pd., M. Si.

Surabaya merupakan kota besar kedua setelah Jakarta. Tentunya hidup di Surabaya merupakan idaman sebagian orang yang ada di Indonesia utamanya yang berada di pulau Jawa bagian timur.

Banyak orang yang ingin tinggal di Surabaya untuk mengadu nasib dan mengejar rupiah yang lumayan menggiurkan. Namun, dengan hanya berbekal ijazah setingkat SMA tentunya hanya akan menjadi pegawai rendahan. Tapi apa daya kita tidak mampu untuk mengeluarkan biaya kuliah yang relatif mahal untuk ukuran lulusan SMA.

Oleh karena itu, sebagai solusi yang paling baik adalah mengikuti kuliah sambil bekerja. Ada pertanyaan yang muncul, bagaimana mengatur waktunya?

Kapan kita bekerja dan kapan kita kuliah? Adakah kampus yang bisa seperti itu, kita bekerja sambil kuliah. Jangan kawatir guys… tentunya ada kampus yang bisa memberikan pelayanan seperti itu.

Namun demikian, pastinya kamu harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin supaya kuliahmu tetap lancar dan kerjaan sampinganmu sukses. Kamu tidak mau kan tugas kuliahmu keteteran dan dapat nilai jeblok? Inilah solusi bagaimana kamu bisa kuliah sambil bekerja.

1. Atur agenda harian secara rutin dan konsistensinya harus benar-benar terjaga.

Melakukan kuliah sambil bekerja membuat waktu luangmu sangat berkurang. Untuk itu kalian harus benar-benar mampu membuat agenda harian secara rutin serta selalu menjaga konsistensi.

2. Berani menolak ajakan yang bukan merupakan prioritas harianmu, kecuali itu memang benar-benar penting.

Dalam kondisi ini kalian akan disuguhi tentang berbagai macam ajakan dari teman-teman. Oleh karena itu tentunya kalian harus mampu menolak ajakan itu dengan alasan yang rasional dan bisa diterima oleh teman kalian serta tidak menyinggungnya. Hal inilah yang kadang kala merasa berat bagi sebagian orang untuk melakukannya.

3. Kerjakanlah tugas kuliahmu di tempat yang kalian rasa nyaman dan tanpa gangguan.

Pekerjaanmu tentu membuatmu tidak punya waktu sebanyak temanmu yang fokus kuliah. Waktu yang kamu gunakan untuk menyelesaikan tugas harus benar-benar terpakai efektif tanpa gangguan.

Kalian bisa mematikan gadget sementara agar tidak ada gangguan yang mencuri waktu. Saat kalian rasa rumah kos atau tempat tinggal kalian kurang kondusif, kalian bisa beralih ke tempat yang lebih tenang seperti perpustakaan kampus atau taman. Konsentrasi dalam mengerjakan tugas tentu membuatnya selesai lebih cepat.

4. Jangan sungkan minta bantuan teman kalian akan materi yang kalian belum paham.

Daripada menghabiskan waktu menekuni satu tugas yang kamu sendiri kurang paham, cobalah untuk tidak sungkan bertanya atau mendatangi teman dan meminta bantuannya. Ingat, cuma dibantu, ya! Bukan dikerjakan teman secara utuh. Sebab yang terpenting itu bukan hanya tugas kuliahmu selesai, tapi kamu pun paham ilmunya. Mempunyai teman sebagai partner belajar sangat penting,

5. Manfaatkan waktu sebaik mungkin, bila lelah istirahatlah.

Kalian harus mampu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Bilamana kalian merasa capek dan lelah maka istirahatlah yang cukup dan setelahnya gunakan waktu tersebut sebaik-baiknya.

6. Pergunakan waktu luangmu untuk mengerjakan tugas-tugas.

Pada saat kalian memiliki waktu luang, maka pergunakanlah waktu itu untuk mengerjakan tugas-tugas kuliahmu. Jangan sampai tugas-tugas kuliah kalian menumpuk dan akhirnya kalian menjadi malas untuk menyelesaikannya.

7. Jangan menunda-nunda pekerjaan.

Janganlah menunda-nunda pekerjaan yang harus dikerjakan. Selesaikan tugas kuliah tepat waktu. Waktunya bekerja konsentrasi bekerja, setelah bekerja konsentrasi kuliah. Hal inilah yang akan menjadikan kalian menjadi sukses.

Pertanyaan yang muncul tentunya adakah kampus di Surabaya ini yang bisa menerima mahasiswa sambil bekerja??? Jangan kawatir guys….

Di wilayah Surabaya barat tepatnya di Jalan Balongsari Praja V No. 1 Tandes Surabaya adanya kampus ideal yang siap menerima mahasiswa sambil bekerja. Banyak program studi yang dimiliki kampus tersebut, sudah terakreditasi BAN-PT.

Dengan demikian kalian tidak usah kawatir tentang keabsahan ijazah setelah lulus nanti. Kuliahnya bisa pilih pagi hari atau sore dan malam hari. Pokoknya kalian tidak usah kawatir terkait waktu kuliahnya. Kalian tentunya penasaran,,,, oleh karena itu datang saja ke :

UNIVERSITAS TEKNOLOGI SURABAYA

Jalan Balongsari Praja V No. 1 Tandes Surabaya

WA. 082143461158

Apa Reaksi Anda?

Komentar