Iklan Banner Sukun

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Gelar Bakti Sosial Ramadan

Pembagian Zakat Fitrah dan baksos sembako SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Yogyakarta – Kegiatan Zakat Fitrah dan baksos sembako adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada setiap Bulan Ramadan.

Rangkaian kegiatan pembagian Zakat Fitrah dan baksos sembako SMA Muhi dilaksanakan Jumat, 22 April 2022 di aula kantin sekolah mulai pukul 08.00 WIB.

Kegiatan diawali dengan penyerahan secara simbolis oleh Bapak Edy W Akhsan selaku tokoh masyarakat Desa Karangwaru yang didampingi oleh Kepala SMA Muhi Bapak Drs. H. Herynugroho M.Pd dan Bapak Abdul Qodir M.S.I selaku wakaur Ismuba kepada perwakilan
warga yang menerima zakat.

Ada 3 tahapan dalam kegiatan zakat ini yaitu (1) penyetoran zakat fitrah oleh seluruh siswa dan warga sekolah; (2) Perhitungan zakat fitrah; (3) Penyaluran zakat fitrah kepada siswa dan warga sekitar sekolah yang berhak menerima zakat fitrah.

Panitia mengatur jadwal pembagian zakat sehingga tidak terjadi kerumunan warga penerima zakat.

Selain itu, pada saat penyerahan zakat panitia menerapkan physical distancing dan wajib memakai
masker. Wakil kepala sekolah urusan Ismuba Bapak Abdul Qodir, M.S.I melaporkan bahwa pada
tahun ini SMA Muhi menyerahkan total 2.840 kg beras dan uang Rp. 17.650.000,-. Adapun mustahiq penerima zakat ini adalah 358 warga sekitar sekolah yang masing-masing mendapatkan 5 kg beras.

Selain itu ada 21 lembaga pendidikan dan pondok pesantren Muhammadiyah di DIY yang masing-
masing mendapatkan 50 kg beras untuk disalurkan ke mereka yang berhak menerima zakat.

Adapun zakat dalam bentuk uang Rp. 17.650.000,- disalurkan melalui Majelis Pelayanan Sosial PDM Kota Yogyakarta sebesar Rp. 5.000.000,- dan disalurkan ke internal keluarga Muhi sebesar Rp. 12.650.000,-

Bapak Anggit Safrudin, A.Md selaku Lurah Karangwaru, Tegalrejo Kota Yogyakarta yang hadir pada acara ini mengucapkan terima kasih atas pembagian zakat fitrah dan baksos sembako kepada
masyarakat di daerahnya.

“Semoga menjadi amal kebaikan bagi keluarga besar SMA Muhi” pungkas beliau.

Pembagian Zakat Fitrah dan baksos sembako SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Menurut kepala SMA Muhi Bapak Drs. H. Herynugroho M.Pd kegiatan pembagian zakat ini
akan membersihkan jiwa orang yang berpuasa dari segala perbuatan dosa dan mengangkat derajat
keimanan seseorang sekaligus membantu sesama saudara yang membutuhkan.

Karena berzakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi sebagai seorang muslim.

Sedangkan pembagian baksos sembako ini sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang diberikan Allah SWT untuk SMA Muhi sekaligus sebagai upaya merekatkan persaudaraan dan kerjasama antara sekolah dan masyarakat di sekitar sekolah.

“Zakat fitrah ini mengandung 2 dimensi ibadah yaitu hablum minallah dan hablum minannas. Melalui pembayaran zakat di sekolah ini diharapkan akan melatih para siswa memiliki kecerdasan spritualitas dan kecerdasan sosial secara seimbang” pungkas beliau. Akhirnya kegiatan pembagian zakat fitrah dan baksos berakhir pukul 11.00 WIB. (ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar