Sistem Zonasi, SMP Arjuno Kota Batu Tidak Dapat Peserta Didik

IMG-20190716-WA0008
SMP Arjuno, Jalan Raya Wonorejo, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Selasa (16/7/2019).

Batu (beritajatim.com) – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Arjuno Kota Batu, pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini tidak mendapat satupun siswa yang mendaftar.

SMP Arjuno merupakan satu dari beberapa SMP swasta Kota Batu yang tidak mendapat peserta didik sama sekali. Sekolah ini terletak di Jalan Raya Wonorejo, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu.

“Ketika zonasi yang pertama ditutup, kami menerima 12 peserta didik yang mau mendaftar disini. Namun tiba-tiba ada tambahan kelas di SMPN 4, otomatis peserta didik yang awalnya mendaftar disini jadi pindah ke SMPN 4”, ungkap Nurhayati, Kepala Sekolah SMP Arjuno, Selasa (16/7/2019).

Hal ini dikarenakan sekolah ini berada ditengah-tengah antara SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 5. Untuk wilayah Pujon sudah ada SMPN 4, sedangkan untuk wilayah Pacet sudah ada SMPN 5. Sudah menjadi hal yang wajar jika para orang tua lebih memprioritaskan anaknya sekolah di Negeri dari pada swasta.

“Kekecewaan dari para guru pasti ada, terutama guru-guru yang sudah sertifikasi khawatir kalau jamnya tidak mencukupi. Sedangkan kalau ditutup juga tidak mungkin, buku-bukunya sudah lengkap, komputer untuk pembelajaran siswa juga sudah ada, jadi ya mubadzir kalau sampai ditutup”, imbuhnya.

Nurhayati juga menerangkan jika pihaknya sudah mengadu ke DPR terkait PPDB dan adanya pembukaan sekolah negeri baru yang rencananya ada di Junrejo. Namun hasilnya masih belum tau, karena rapat kemarin hanya mengundang kepala-kepala sekolah Negeri, tidak dengan kepala-kepala sekolah swasta.

Untuk siswa lama, sekarang berjumlah 17 siswa dari kelas 8 dan 9. Setelah mereka semua lulus, Nurhayati mengatakan jika sekolah ini akan diserahkan ke Dinas Pendidikan karena sekolah ini merupakan punyanya Desa.

“Kami berharap ada ketegasan dari Kepala Dinas Pendidikan seperti misalnya sekolah ini bisa dijadikan sekolah Negeri”, pungkasnya.[ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar