‘Riyayan’, Sekaligus HUT Kampung Heritage Kajoetangan Malang

IMG-20190630-WA0022
Suasana Kampung Heritage Kajoetangan

Malang (beritajatim.com) –  Warga kampung kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen Kota Malang mempunyai tradisi unik dalam menutup jelang akhir bulan lebaran. Kampung yang terkenal dengan wisata Kampung Hertiage Kajoetangan ini, diresmikan pada tanggal 22 april 2018.

Acara bertajuk Riyayan Nang Kampoeng Heritage Kajoetangan ini berlangsung pada tanggal 30 juni 2019, diawal acara diantaranya dilakukan silaturahmi dan susur kampung, diikuti dengan para warga berpakaian jadul.

Dan disetiap sudut rumah dijajakan jajanan dan masakan lawas, galeri foto klasikpun juga menghiasi beberapa dinding.

Kemudian para wisatawan juga bisa menikmati alunan musik kroncong yang dimulai pada pukul 09:00 WIB, sembari melihat koleksi barang antik yang terpajang, seperti sepeda onthel, sepeda motor lawas barang-barang elektronik klasik.

Ketua manejemen Kampung Heritage Kajoetangan, Rizal menjelaskan jika acara Riyayan yang dimaksud adalah kegiatan warga dalam menyambut tamu dengan tradisi seperti idul fitri

“Kami membuat konsep suasana acara Riyayan ini seperti nuansa idul fitri, dengan berbagai macam hidangan disetiap meja, dan menyambut wisatawan dengan ramah, juga pada akhir acara, akan ada halal bi halal khusus untuk warga kampung,”kata Rizal.

Mila juga menjelaskan acara ini sekaligus perayaan ulang tahun Kampung Heritage Kajoetangan.

“Sebenarnya ulang tahun Kampung Heritage Kajoetangan ini 22 april mas, berhubung kemarin itu bertepatan dengan bulan puasa, akhirnya kami memutuskan untuk merayakannya tanggal 30 Juni 2019 sekaligus acara Riyayan,” ujar salah satu panitia Kampung Heritage Kajoetangan.[ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar