Iklan Banner Sukun

Penguatan Organisasi di SMPN 5 Sidoarjo Melalui OSIS dan MPK

Sidoarjo (beritajatim.com) – Tidak melulu kesuksesan seseorang itu bisa dilihat dari nilai raport yang tinggi, nilai di setiap mata pelajaran 100 semua. Akan tetapi sukses seseorang bisa ditentukan oleh keaktifan dalam berorganisasi.

OSIS misalnya, setiap tahunnya SMP Negeri 5 Sidoarjo melaksanakan pemilihan pengurus OSIS beserta kandidat Ketua OSIS. Tidak mudah untuk menjadi pengurus OSIS, harus melalui tahapan-tahapan berupa tes tulis dan wawancara.

Tahun ini bertepatan dengan pemilihan secara langsung atau tatap muka setelah beberapa tahun yang lalu vakum. Gairah siswa-siswi juga terlihat berbeda dalam pelaksanaan pemilihan pengurus OSIS.

Tepatnya besuk hari Kamis, tanggal 25 Agustus 2022, SMP Negeri 5 Sidoarjo akan melaksanakan pesta demokrasi. Semua pegawai dan karyawan mulai dari Bapak Kepala Sekolah, Bapak Ibu Guru, Staf Tata Usaha serta semua siswa-siswi mulai dari kelas 7, 8 dan 9 akan mencoblos kandidat Ketua OSIS sesuai dengan hati nuraninya.

“Belajar berorganisasi ini sangat penting, karena sangat membantu untuk melatih berbicara lancar, melatih mental dan berani serta disiplin,” ungkap Bapak Sunarto (Kepala SMP Negeri 5 Sidoarjo).

Waka Kesiswaan, Ibu Dra Gendrayati mengatakan kegiatan ini harus dilanjutkan secara rutin agar generasi penerus setiap tahunnya akan selalu sigap dan kuat.

“Generasi kuat akan tercetak jika mental terbentuk dari organisasi sehat,” ucap Herlingga HD, panitia pemilihan pengurus OSIS.

Banyak pengalaman yang nantinya akan diperoleh melalui organisasi di sekolah ini, misalnya bisa menjadi seorang pemimpin. Tidak semua orang bisa menjadi pemimpin yang cerdas, handal dan bermartabat. Kebijaksanaan diperoleh dari sebuah pengalaman mengikuti organisasi.

Pemimpinan yang dihargai adalah pemimpin yang memanusiakan manusia (Humanisme). Maka dari itu, pembelajaran dan pengalaman berorganisasi bisa dimulai dari sejak dini. [but]

Murlan,S.Sn
(Guru Seni Budaya SMP Negeri 5 Sidoarjo)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev