Pelatihan Manajemen Usaha Bagi Poklahsar Ikan Asap

Alat Pengasapan Ikan Efhilink

 

Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) Ikan Asap di Kelurahan  Karangsari adalah Poklahsar Ikan Asap Karangsari Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban yang dipimpin oleh  Ibu Dwi Rusmiyati berpotensi untuk dikembangkan dari segi manajemen usahanya.

Kegiatan PKM Pelatihan Manajemen Usaha Bagi Poklahsar Ikan Asap, telah diikuti sekitar 15 orang peserta yang diadakan pada hari Kamis, tgl 7 Nopember 2019 di Ruang Aula Plasa Ikan Tuban. Pelatihan yang diberikan adalah Administrasi Pembukuan,  Proyeksi laba dan rugi usaha pengasapan ikan dengan menggunakan Alat Pengasapan Efhilik yang pelaksanaannya atas pendanaan Hibah DRPM – Kemenristek DIKTI melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Tahun 2019

Alat pengasapan Efhilink sudah memperoleh Nomor Pendaftaran Paten. Cara kerja alat pengasapan ini pada prinsipnya sama dengan  alat pengasapan lainnya, perbedaannya  terletak pada proses  dari pembuangan hasil pengasapan yang dirubah menjadi asap cair.

Karena itu Alat pengasapan ini sangat Efektif, Higiens dan Ramah Lingkungan. Keadaan ini dibuktikan dari design alat yang tertutup menyebabkan produksi dan penyebaran asap lebih merata  Selama 3 jam proses pengasapan, sisa bahan bakar yang dihasilkan mencapai hampir 50% sehingga dapat dikatakan efektif karena masih dapat digunkan 5-6 jam lagi.

Produk ikan asap menggunakan efhilink memiliki kadar air sesuai standar yang telah ditentukan oleh SNI yaitu sebesar 60%. Volume asap cair yang merupakan perubahan dari asap pengasapan ikan sebanyak 50 ml dengan proses pengasapan 3 jam

“Hasilnya Pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan mengenai manajemen usaha untuk para anggotanya sebesar 89.63%,” ucap Ketua Kegiatan PKM Marita Ika Joesidawati dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Unirow Tuban.

Sedangkan anggota Kegiatan PKM  Suwarsih dan Henny Sri Astuty mengatakan bahwa Kegiatan Pelatihan Manajemen Usaha bagi Poklahsar Ikan Asap  ini dalam rangka pengabdian kepada Masyarakat bagi Dosen Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow Tuban)  yang melibatkan kelompok mitra yaitu Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) Ikan Asap di Kelurahan Karangsari.

Ibu Dwi Rusmiati selaku ketua POKLAHSAR merasa sangat senang dengan adanya Pelatihan manajemen usaha tersebut karena dapat meningkatkan pendapatan anggotanya karena ikan yang di produksi menggunakan Alat Pengasapan Ikan Efhilik meningkat yaitu 15 kg  dalam sekali pengasapan dan  sisa bahan bakar pengasapan masih dapat digunakan lagi sekitar 5-6 jam. Kondisi ini sangat menghemat biaya produksi.

Sedangkan ibu Siti Muyasaroh (Anggota POKLAHSAR) mengatakan bahwa dengan adanya alat pengasapan ikan Efhilik ini, rumahnya tidak berjelaga akibat  asap yang menempel pada dinding rumahnya. Sekarang asap  dari proses  pengasapan yang dirubah menjadi asap cair.

Sedangkan anggota lainnya ibu Marsini lebih memperhatikan pada penampilan hasil ikan asapnya yang lebih berwarna kuning keemasan. Ibu-ibu anggota pohlahsar  Ikan Asap di Kelurahan Karangsari juga mengucapkan terima kasih kepada DRPM-Kemenristek DIKTI yang memberi kesempatan mereka pada tahun 2019 ini dapat mengenal, menggunakan, dan memproduksi ikan asap dengan  Alat Pengasapan Ikan Efhilink sekaligus  melatih mereka dalam mengembangkan usahanya melalui pelatihan manajemen usaha yang baik dan benar melalui Dosen-Dosen  Universitas PGRI Ronggolawe





Apa Reaksi Anda?

Komentar