Outbound Gabungan MGPM Surabaya Utara untuk Hilangkan Penat Guru

Surabaya (beritajatim.com) – Sabtu, 11 Januari, rombongan MGMP Surabaya Utara berkumpul di komplek pendidikan Barunawati. Dengan mengenakan kaos olahraga, 3 bus siap mengantar mereka ke Songgoriti.

“Bila Oktober tahun lalu siswanya yang outbound, kali ini gurunya yang,” terang Banu selaku guru SMP PGRI 6.

Kegiatan Outbound ini dipilih karena bisa meningkatkan kerjasama, mental, dan kekompakan para guru. Selain itu, juga diharapkan bisa menambah semangat guru dalam mengajar. Kegiatan tahunan tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya menghilangkan penat.

Ketua MKKS kecamatan Kenjeran Bulak Mahfud Hasan mengatakan, “Beban guru terlalu banyak. Outbound ini diharapkan mampu menghilangkan penat mereka. Selain itu, suasana alam Songgoriti bisa membuat suasana hati tenang. Apalagi bagi guru IPS, ada hal yang bisa dikaitkan dengan materi ajarnya. Namanya saja wisata alam.”

Seperti agenda sebelumnya, outbound kali ini diikuti hampir 120 guru dari gabungan MGMP IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, dan PKN. Dengan dampingan PITC (Power Inspiration Training Center), para guru terlihat antusias. Sekalipun masih ada guru yang canggung saat berkegiatan. Acara berjalan sampai pukul 14.00 dan rencana bakal dilanjutkan ke Chengho Pandaan untuk membeli buah tangan (bakpao telo).

Mahfud Hasan yang juga Kepala Sekolah SMP KH Romly Tamim mengatakan, “Antusiasme gurunya luar biasa. Dibandingkan dengan MGPM wilayah lain, MGMP wilayah Surabaya Utara lebih aktif dan dominan. Baik dari segi akademik maupun non akademik.”

Tidak ada masalah dalam persiapan acara ini. “Koordinasi di masing-masing MGMP berjalan kompak dan baik. Itu yang memudahkan koordinasi. Sekalipun ini menggunakan dana pribadi, mereka mampu memakai kaos yang seragam,” tandas Mahfud sambil tersenyum.

Mengenai harapan ke depannya, Mahfud mengatakan, “Rangkaian kegiatan ini diharapkan meningkatkan kualitas SDM Guru dan apa yang telah diperolehnya bisa ditransferkan ke siswa masing-masing.”

“Semoga sukses UNAS, sukses akreditasi, dan sukses PPDB,” tambah Banu yang juga sekretaris MKKS wilayah. [but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar