Iklan Banner Sukun

Minat Finansial Teknologi di India Naik Dua Kalipat Selama 2 tahun

Analis Robocash Group

Surabaya – Menurut analis Robocash Group, jumlah permintaan pencarian Google tentang fintech dan layanan fintech hampir dua kali lipat sejak 2020. Pandemi telah meningkatkan kemampuan finansial penduduk di India, dan akibatnya, kesadaran finansialnya.

Sebelum pandemi tahun 2019, literasi keuangan diperkirakan mencapai 27% di antara populasi orang dewasa berusia 18-80 tahun.

Gelombang pertama pandemi telah dengan cepat mengubah realitas saat ini dan memaksa konsumen untuk memperluas pengetahuan mereka. Kenaikan tajam diamati pada periode Mei-September 2020. Orang-orang di India secara bertahap menjadi lebih terlibat dengan topik tersebut, mencapai puncaknya pada akhir Januari 2022.

Para analis berkomentar bahwa negara ini masih kekurangan di beberapa bidang: pendapatan penduduk yang tidak mencukupi; 35% dari populasi perkotaan; penetrasi internet rendah sebesar 45%.

Namun, ada juga faktor positif yang secara signifikan dapat mempercepat pengembangan literasi keuangan: infrastruktur keuangan yang berkembang dengan baik, sistem langkah-langkah yang didukung pemerintah yang diarahkan untuk meningkatkan literasi keuangan, dan penetrasi layanan keuangan yang cepat (indeks inklusi keuangan naik dari 43,4 menjadi 53,9 selama TA2020).

Pra-pandemi yang disebutkan di atas, 27% orang India yang melek finansial dapat dianggap sebagai titik awal untuk pertumbuhan literasi keuangan. Jika tren yang diidentifikasi secara langsung dikenakan pada angka ini, itu akan tumbuh menjadi 38,5% pada akhir tahun 2022. (ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar