Iklan Banner Sukun

Menggugah Selera, Inilah 5 Tempat Wisata Kuliner di Padang

Jika berbicara soal kuliner, Padang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal kaya akan santapan-santapan lezat dan memanjakan lidah. Hidangan seperti Nasi Padang, Sate Padang, hingga Soto Padang sangat terkenal, bahkan hingga ke berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Buat Anda yang suka berwisata kuliner, mengunjungi Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ini tentunya tidak boleh dilewatkan. Apalagi, akses menuju ke Padang terbilang mudah dengan pesawat terbang menuju Bandara Internasional Minangkabau. Supaya pengaturan jadwal penerbangan semakin fleksibel dan bisa mendapatkan banyak promo menarik, Anda bisa beli tiket pesawat di Traveloka.  

Lantas, kira-kira harus ke mana saja jika ingin berwisata kuliner di Padang? Berikut ini beberapa rekomendasinya!


1. Martabak Kubang Hayuda

Ini merupakan salah satu tempat makan yang cukup legendaris di Padang. Martabak Kubang Hayuda sendiri sudah berdiri sejak tahun 1971. Bahkan, Restoran Martabak Kubang Hayuda sudah tersebar ke berbagai kota di Indonesia pada saat ini saking populernya. Nama Hayuda sendiri berasal dari singkatan nama pemiliknya, yaitu Haji Yusri Darwis.

Sesuai dengan nama restorannya, menu andalan di tempat ini adalah martabak telur yang disajikan dengan rasa kuah beraroma kuat. Martabak Kubang yang kerap disebut sebagai Martabak Mesir ini sepintas punya kemiripan dengan Martabak Kari Mamak khas India. Yang membedakannya adalah karena Martabak Kubang ini diberikan tambahan berupa rendang daging sapi di adonannya.

Hal lain yang membuat Martabak Kubang ini istimewa adalah porsinya tebal serta dilengkapi kuah cuka yang segar. Selain Martabak Kubang, Anda bisa mencoba menu kuliner lainnya di tempat ini seperti nasi goreng, mie goreng, ataupun roti canai. Jika sedang berada di Padang, Anda bisa menyambangi Martabak Kubang Hayuda di Jl. Prof. M. Yamin SH No. 138B, Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat.

2. Soto Garuda

Sama legendarisnya dengan Martabak Kubang Hayuda, Soto Garuda ini sudah berdiri sejak tahun 1976. Adapun, sajian soto di sini sedikit berbeda dari soto pada umumnya. Jika biasanya soto memakai isian daging sapi, isian di tempat makan ini justru menggunakan paru sapi. Di sini, paru sapi dimasak dan dipotong-potong menjadi isian soto lengkap dengan bihun, seledri, kuah, serta taburan bawang goreng.

Walaupun identik dengan paru, Anda tetap bisa memesan soto dengan isian daging sapi ketika berada di Soto Garuda. Sebagai tambahan, kerupuk merah juga disajikan bersama soto. Selain soto, Anda pun bisa mencoba mencicipi hidangan lainnya di sini seperti gado-gado.

Sebenarnya, Soto Garuda ada 3 cabang. Namun, jika ingin merasakan suasana aslinya, Anda bisa datang ke kedai yang berlokasi di Jl. S. Parman No.110, Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara.

3. Sate Itjap

Sate Padang merupakan hidangan yang sangat populer dari Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ini. Kepopuleran Sate Padang sendiri sudah sampai ke berbagai daerah lainnya di Indonesia. Tentunya, mencicipi kuliner yang satu ini di tempat asalnya menjadi hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Padang. Adapun, salah satu tempat terbaik menyantap menu ini di Padang adalah Sate Itjap.

Perlu diketahui, Sate Itjap ini berlokasi di Jl. Rasuna Said No.99, Jati Baru, Kecamatan Padang Utara. Anda bisa berkunjung ke tempat ini sejak sore hari. Sebab, Sate Itjap sudah buka dari jam 4 sore.

Meski tampak seperti Sate Padang pada umumnya, ada keistimewaan di Sate Itjap. Adapun, keunikannya adalah tanpa lemak gajih pada setiap tusuk di Sate Itjap. Terdapat sedikit citarasa manis pada daging satenya. Tentu rasanya akan menjadi sangat nikmat jika berpadu dengan bumbu kuahnya yang asin dan gurih.

4. Rumah Makan Lamun Ombak

Bagi Anda yang ingin mencicipi Nasi Padang di tempat asalnya dengan citarasa menggugah selera wajib datang ke Rumah Makan Lamun Ombak. Di rumah makan ini, Anda bisa menyantap nasi padang lengkap dengan aneka lauk seperti gulai otak, asam padeh, rendang, udang balado, sampai ayam pop.

Alasan lain yang  membuat rumah makan ini menarik adalah proses memasaknya masih memakai kayu bakar. Ada 3 lokasi Rumah Makan Lamun Ombak yang bisa Anda kunjungi. Namun, salah satu Rumah Makan Lamun Ombak yang secara lokasi mudah untuk Anda sambangi adalah di Jl. Khatib Sulaiman No.99, Ulak Karang Sel., Kecamatan Padang Utara.

5. Rumah Makan Fuja

Berada di daerah pesisir, sajian seafood tentu menjadi salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Padang. Tempat makan yang menghadirkan sajian seafood dengan citarasa terbaik di Padang adalah Rumah Makan Fuja.

Terdapat menu seafood yang menjadi andalan rumah makan ini seperti ikan bakar, udang bakar, maupun cumi bakar. Selain menu seafood, ada hidangan lainnya yang bisa Anda pilih di rumah makan ini seperti gulai jariang atau gulai jengkol. Anda bisa menyambangi Rumah Makan Fuja yang berlokasi di Jl. Samudera No.24, Purus, Kecamatan Padang Barat dari jam 10 pagi sampai 10 malam.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi saat berada di Padang. Yuk, segera rencanakan liburanmu ke Padang untuk berwisata kuliner bersama Traveloka ya!


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev