Iklan Banner Sukun

Mending Blogspot Apa WordPress? Ini Dia Perbandingannya

Ilustrasi tampilan HTML komputer

Surabaya – Blogspot dan WordPress merupakan dua platform blogging yang paling populer saat ini. Alhasil, tidak heran jika masih banyak orang yang bingung memilih mana yang cocok untuk mendukung aktivitas blogging mereka.

Nah, jika kamu merupakan salah satu pengguna yang masih bingung memilih antara blogspot atau WordPress mungkin bisa menyimak artikel ini untuk mendapatkan jawabannya.

Perbandingan Blogspot vs WordPress

1.Cara Pembuatan

Salah satu hal pertama yang sering kali menjadi perhatian blogger maupun web developer pemula adalah kemudahan penggunaan platform. Dalam hal ini, baik blogspot maupun WordPress keduanya sama-sama menawarkan dua layanan yang sama yang ramah pengguna, bahkan service mereka bisa didapatkan secara gratis.

Blogspot menawarkan media blogging gratis lengkap dengan subdomain blogspot.com sebagai URL utama website kamu. Sementara itu, WordPress juga menawarkan hal yang sama lewat WordPress.com meski fiturnya lebih dibatasi.

Secara umum, baik blogspot maupun WordPress tidak ada masalah dari segi pembuatan. Hanya saja WordPress selangkah lebih maju karena menawarkan opsi self-hosted dimana pengguna bisa memakai CMS WordPress di hosting sendiri dengan URL TLD milik sendiri juga. Inilah yang tidak dimiliki oleh blogger atau blogspot hingga hari ini.

2.Biaya yang Harus Dikeluarkan

Menilik dari segi biaya, sebenarnya kedua platform blogging sejuta umat ini bisa digunakan tanpa harus membayar biaya layanan alias 100% gratis. Namun, jika ingin terlihat lebih profesional, kamu bisa melakukan custom domain dengan membayar biaya domain per tahun sekitar Rp150 ribuan. Fitur custom domain ini tersedia untuk blogspot maupun wordpress.com.

Terlepas dari itu, khusus bagi pengguna WordPress kamu juga bisa membuat website profesional di layanan web hosting yang sudah disewa. CMS WordPress memang bisa digunakan secara gratis, tapi perlu biaya sewa hosting yang besarnya tergantung dengan resource.

3.Keamanan

Baik blogspot maupun WordPress pada dasarnya merupakan platform blogging yang sama-sama aman. Akan tetapi, keduanya memiliki karakteristik yang cukup berbeda untuk menangani masalah ini.

Blogspot sepenuhnya mengandalkan sistem keamanan yang sudah dikonfigurasi oleh pihak pengembang internal mereka. Sebagai informasi, blogger.com atau blogspot merupakan salah satu produk dari Google, sehingga teknologi ataupun kredibilitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi dalam memerangi potensi kejahatan cyber.

Di sisi lain, WordPress mengandalkan sistem keamanan berlapis yang dibagi-bagi berdasarkan beberapa fungsi. Pertama yakni sistem keamanan dari web hosting yang digunakan, kemudian sistem keamanan dari platform CMS WordPress itu sendiri, dan yang terakhir dari konfigurasi website yang bisa diatur menggunakan tambahan plugin.

4.Sistem Pengelolaan

Perbandingan berikutnya antara blogspot dan WordPress bisa dilihat dari sistem pengelolaannya. Layaknya platform blogging pada umumnya, sistem pengelolaan keduanya sebenarnya hampir sama, yakni kamu bisa melakukan kustomisasi tampilan, fitur, ataupun domain untuk menambah kesan profesional.

Blogspot yang karakteristiknya lebih tertutup memang tidak mengizinkan pengguna untuk memasang plugin, namun beberapa fitur custom tetap bisa disisipkan melalui theme editor yang berbasis HTML.

Adapun untuk sistem pengelolaan WordPress jauh lebih advance, terutama ketika sudah menggunakan self-hosting dimana kendali sepenuhnya berada di tangan pengguna. Pengelolaan WordPress self-hosting sendiri cukup menantang, karena kamu harus memastikan bahwa plugin dan tema yang digunakan selalu update agar tidak mengalami kendala.

Selain memperhatikan halaman dashboard, pengguna WordPress self-hosting juga perlu memantau kinerja web hosting yang digunakan. Apakah penyimpanannya sudah hampir penuh, jatah bandwidth nya hampir habis, sertifikat SSL nya sudah kadaluarsa, dan lain sebagainya.

5.Opsi Desain

Masuk ke ranah desain, masing-masing platform menawarkan dukungan template atau tema standar yang bisa digunakan secara gratis. Namun harus diakui, pilihan template blogspot memang kalah variatif dari segi jumlah jika dibandingkan dengan pilihan template gratis WordPress yang mencapai belasan ribu.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, diluar sana ada banyak sekali pengembang template blogspot dan WordPress yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mempercantik tampilan website.

6.Performa SEO

Apalah arti punya website jika tidak bisa ditemukan oleh mesin pencari. Kira-kira begitulah konsep yang harus dimiliki oleh blogger maupun web developer saat ini. SEO atau Search Engine Optimization merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi agar website kamu bisa memiliki banyak pengunjung organik dari mesin pencari.

Dalam hal ini kehandalan blogspot sebagai produk dari Google, tentu memunculkan asumsi bahwa platform ini menjadi “anak emas” dibandingkan media blogging lainnya. Namun, SEO tidaklah sesederhana itu.

Algoritma Google yang semakin kompleks kini mampu membedakan mana website berkualitas berdasarkan konten, struktur website, serta konfigurasi code yang dilakukan. Tidak peduli apakah kamu menggunakan CMS Blogspot atau WordPress, jika konten dan struktur website berantakan maka skor SEO nya juga tidak akan maksimal.

Alasan Memilih WordPress

  • Mudah dilakukan kustomisasi
  • Lebih SEO Friendly
  • Banyak tersedia plugin
  • Mudah digunakan
  • Punya dukungan komunitas besar
  • Open source

Alasan Memilih Blogspot

  • Simpel dan mudah digunakan
  • SEO Friendly
  • Biaya lebih murah karena tidak perlu sewa hosting
  • Ramah untuk pemula
  • Tidak memerlukan coding, jika belum tahu coding, bisa baca disini Coding adalah

Itulah perbandingan antara blogspot dan WordPress yang bisa dijadikan sebagai referensi. Lantas, platform mana yang terbaik? Jawabannya kembali lagi ke kebutuhan masing-masing pengguna, karena kebutuhan tiap orang belum tentu sama.

Semoga bermanfaat.


Apa Reaksi Anda?

Komentar