Iklan Banner Sukun

Mahasiswi UMM Malang Edukasi Digital Marketing kepada UMKM Bojonegoro

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malangg (UMM) edukasi Digital Marketing

Bojonegoro (beritajatim.com) – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malangg (UMM) Gelombang 7 Kelompok 81, Kelompok yang dibimbing oleh Bapak Luqman Dzul Hilmi, S.E.,M.BA melaksanakan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM).

Asmaul Kollifah salah anggota dari kelompok 81 melaksanakan kegiatan PMM diBojonegoro yaitu memberikan edukasi tentang digital marketing kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) guna meningkatkan penghasilan melalui penjualan online.

Tedapat 3 UMKM yaitu Warung tepi sawah selaku pemilik usaha gorengan, Warung Pojok selaku pemilik usaha miniman kopi, serta Es Tebu Segar selaku pemilik usaha minuman es tebu yang diberikan pelatihan tentang bagaimana penggunaan sosial media sebagai media promosi yang menarik dikarenakan diantara ketiganya masih belum memanfaatkan sosial media sebagai sarana penjualan online.

“Tidak hanya memberikan edukasi tentang digital marketing akan tetapi serta ikut membantu untuk memberikan logo dan banner sebagai identitas UMKM tersebut,” ungkap Asmaul Kollifah.

Menurut Asmaul Kollifah sendiri tujuan dari adanya kegiatan edukasi tentang digital marketing untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan cara menggunakan teknologi digital memasarkan produknya untuk meningkatkan penjualan.

Selain itu juga dapat dikenal dan dijangkau masyarakat luas. Dan juga menjadi inovasi dan motivasi bagi usaha berskala kecil dan menengah yang ada di Bojonegoro.  Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan sektor perekonomian masyarakat setempat.

Dengan memanfaatkan media social para pelaku UMKM dapat memberikan informasi kepada konsumen dengan lebih mudah, sebagai alat dalam berkomunikasi serta dapat meningkatkan brand awareness konsumen.

“Sebelumnya belum ada kepikiran untuk melakukan penjualan di sosial media, tapi setelah banyak sharing tentang digital marketing ini akhirnya saya menyadari,ternyata harus bisa memanfaatkan sosial media, karena memang zaman sekarang adalah era sosmed” kata Sungkono selaku pemilik UMKM EsTebu Seger.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malangg (UMM) edukasi Digital Marketing

Pelaksanaan PMM kelompok 81 atau tim Conus Project 81 ini tidak hanya berada di Bojonegoro (Jawa Timur) melainkan ada di beberapa tempat yaitu di Sangatta (Kalimantan Timur), Palu ( Sulawesi Tengah, Sampi dan Buntok (Kalimantan Tengah).

Kegiatan PMM ini dilaksanakan dari tanggal 22 Agustus dan mendapatkan antusiasme para pelaku UMKM, serangkaian kegiatan ini dilakukan sendiri oleh tim Conus Project 81 mulai dari edukasi kepada pemilik UMKM sampai dari pembuatan design logo dan banner.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk menngaplikasikan Hilirisasi Hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).PMM UMM Gelombang 7 Kelompok 81 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Jurusan Manajemen. (ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev