Mahasiswa UN Malang Pendampingan Pembuatan Sistem Informasi Desa di Tulunggagung

Sosialisasi Sistem Informasi Desa (SID) oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tulungagung Drs. Eko Asistono, M.Si di Desa Gondosuli Kabupaten Tulungagung

Tulungagung (beritajatim.com) – Tim pengabdian mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) melakukan pendampingan terhadap program Sistem Informasi Desa (SID) di Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung.

Kegiatan pengabdian dilakukan melalui tahap pendampingan hingga launching Sistem Informasi Desa (SID) yang digelar Kamis (02/07/2020).

Ketua tim pengabdian mahasiswa, Wahyu Nurvita Afnani memaparkan Desa Gondosuli dipilih karena Sistem Informasi Desa (SID) selama ini belum optimal sebagai media integratif dalam membangun desa.

“Masyarakat di Desa Gondosuli sudah sangat kompak, tinggal dimaksimalkan lagi sumber daya manusianya,” ujar Daruno Kepala Desa Gondosuli.

Fot;o: smartphone

Kepala Desa Gondosuli Daruno memaparkan kepada para wakil desa untuk memberikan perwakilan dua orang dari setiap RT untuk dibekali pengoperasian layanan Sitem Informasi Desa (SID) hingga mampu menghandle Sistem Informasi Desa (SID) dengan baik. Daruno juga mengharapkan disetiap adanya sosialisasi para wakil desa baik RT maupun RW untuk datang menghadiri, karena RT dan RW adalah wakil dari rakyat di Desa Gondosuli.

Tahap Pendampingan
Bersama anggota tim pengabdian mahasiswa, dibantu mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di Desa Gondosuli tahun 2020, tim pengabdian mahasiswa Universitas Negeri Malang telah melakukan launching kepada masyarakat melalui beberapa tahapan.

Tahap pertama berupa penunjukan admin yang akan mengelola website dan Sistem Informasi Desa (SID) oleh kepala desa. “Tahap penunjukan admin ini nantinya akan diberikan bimbingan teknis untuk memasukkan database berdasarkan kartu keluarga,” tambahan Pebrianto.

Dalam program pendampingan ini, tim pengabdian mahasiswa bersama perangkat Desa Gondosuli berhasil mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID) untuk meningkatkan pelayanan publik dan mempermudah masyarakat desa dalam mengurus administrasi di desa.

“Setiap dusun memiliki potensi yang berbeda-beda, jika dusun lain sudah berhasil dan sudah terangkat nanti kita ganti pindah membenahi ke dusun yang lain,” ujar kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tulungagung Drs Eko Asistono, M.Si.

Sosialisasi dan Launching

Pendampingan Sistem Infofmasi Desa (SID) oleh tim pengabdian mahasiswa Universitas Negeri Malang tahun 2020 di Desa Gondosuli Kabupaten Tulungagung Tak hanya itu, program pendampingan juga membantu perangkat desa untuk mengecek ulang data yang sudah ada, menambah atau menghapus data kartu keluarga dengan berdasarkan situasi yang ada misalnya data kelahiran atau data kematian.

Sementara itu, Kepala Desa Gondosuli Daruno mengungkapkan pengabdian mahasiswa melalui pendampingan telah menyadarkan perangkat desa untuk mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada di desa untuk mengembangkan program Sistem Informasi Desa (SID).

Sedangkan untuk mewujudkannya, Daruno memaparkan untuk masyarakat yang hedak menggunakan fasilitas Sistem Informasi Desa (SID) akan diberikan userame dan pasword untuk mengakses layanan.

“Selanjutnya diharapkan melalui pendampingan Sistem Informasi Desa (SID) dapat membuat masyarakat di Desa Gondosuli yang sudah kompak semakin kompak,” ujarnya.

Ketua tim pengabdian mahasiswa, Wahyu Nurvita Afnani berharap dengan adanya pendampingan Sistem Informasi Desa (SID) di Desa Gondosuli menjadikan sistem manajemen desa menjadi lebih baik, pelayanan publik dapat ditingkatkan menjadi lebih baik, sehingga masyarakat lebih mudah dalam mengakses dan mengurus administrasi di desa.

Dengan demikian pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) dapat membangun good governance sekaligus menjadikan good goverment di Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung.





Apa Reaksi Anda?

Komentar