Tingkatkan Ekonomi Syariah

Mahasiswa UISI Gresik Ciptakan Media Permainan Edukasi GAMPINOS

Mahasiswa UISI Gresik Ciptakan Gampinos

Gresik – Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang tediri dari Arini Suciati Maulidah, Akhmad Nur Fahrozi, Nafa Maulida Syaharani, Kintan Nur Rohmatin dan Selly Nurwahidah Saputri menciptakan inovasi produk media permainan
edukasi ekonomi syariah, bernama GAMPINOS.

Inovasi kelima mahasiswa tersebut tergabung dalam tim lolos pendanaan kompetisi Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Bermula dari keprihatinan terhadap kondisi indeks literasi ekonomi syariah Indonesia yang masih rendah, berdasar data survey dari Bank Indonesia pada tahun 2019 didapatkan bahwa indeks literasi ekonomi syariah Indonesia hanya berkisar 16,3%.

Dari kondisi tersebut mereka berusaha memecahkan permasalahan seputar literasi ekonomi syariah. GAMPINOS (Game Edukasi Pembelajaran Ilmu Ekonomi Syariah) merupakan sebuah permainan edukasi ekonomi syariah berbentuk gameboard yang berisi edukasi mengenai instrumen-instrumen dan nilai-nilai ekonomi syariah.

Arini Suciati Maulidah, ketua tim, menyampaikan bahwa GAMPINOS didesain menjadi media permainan edukasi guna memudahkan masyarakat terutama generasi muda dalam memahami dan mengimplementasikan nilai ekonomi syariah dalam setiap aktivitas kehidupannya.

“Media permainan GAMPINOS dapat menjadi katalis peningkat literasi ekonomi syariah Indonesia” ungkap mahasiswa yang kerap disapa Arini ini.

Lebih lanjut Arini menjelaskan bahwa inovasi GAMPINOS sebagai wujud membantu Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dalam hal literasi ekonomi syariah, karena telah disampaikan dalam webinar yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dengan tema “Pentingnya Pendidikan Syariah Sejak Dini” pada bulan Juni 2020 lalu, KNEKS mengungkapkan alat-alat permainan atau game, serta video terbukti dapat membantu meningkatkan literasi dan pemahaman masyarakat tentang ekonomi syariah, dan KNEKS telah berkomitmen mendorong munculnya permainan edukasi ekonomi syariah sebagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Oleh karenanya dalam hal kontinuitas usaha, Arini mengungkapkan timnya menyasar generasi milenial dimulai dari usia 12 tahun sehingga produk GAMPINOS ini didesain dengan menarik dan menyenangkan.

Kedepannya GAMPINOS dapat bergandeng tangan dengan lembaga-lembaga ekonomi syariah untuk bekerjasama mengembangkan media-media edukatif.

“Dengan adanya GAMPINOS kami berharap dapat membantu perusahaan, instansi maupun lembaga yang bergerak di bidang ekonomi syariah guna menjadikan produk ini sebagai media pomotional tools dalam memudahkan pengenalan ekonomi syariah kepada sasaran dari masing-masing lembaga tersebut” pungkas Arini.(ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar