Mahasiswa Malang Tampilkan Kreativitas Monev PKM di UMM

IMG-20190711-WA0051
Monev PKM 5 Bidang 2019

Malang (beritajatim.com) – Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang, yang diadakan oleh Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEDIKTI) bertempat di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kamis, (11/7/2019).

Acara ini menampilkan bermacam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di berbagai bidang, seperti kewirausahaan, karsacipta, penerapan teknologi, pengabdian kepada masyarakat, penelitian sosial humaniora, dan juga penelitian eksaksta.

Selain Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)  sebagai salah satu peserta dan juga tuan rumah, ada 5 perguruan tinggi lain yang ikut berpartisipasi, seperti Institut Teknologi Nasional Malang (ITN), Universitas Merdeka (UNMER) Politeknik Negeri Malang (POLINEMA), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan “Maharani” Malang dan bahkan STKIP PGRI Blitar.

Dari 6 universitas tersebut, ada sekitar 59 PKM yang akan dipresentasikan dan direview, juga untuk memilah lagi, PKM mana yang akan lolos untuk Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Bali mendatang.

Hasil PKM yang dipresentasikanpun juga bermacam-macam, seperti halnya kompos yang terbuat dari kulit pisang yang diberinama “Kos Usang”, ada juga produk bernama “Montor Baru” yaitu sebuah monitoring pdam apartemen yang berbasis arduino, dan juga produk bernama “Moba” yaitu sebuah mobile charging berbasis arang.

Velia (22) mengatakan jika kebanyakan peserta yang mengikuti Monev PKM ini, berasal dari UMM sendiri.

“Paling banyak sih dari UMM sendiri mas, ada sekitar ada 38 PKM yang akan ikut nanti” (11/7/2019).

Pada saat sambutan acara, Sidik Sunaryo berkata bahwa harapannya, semoga semua kerja keras para mahasiswa, dapat membuahkan hasil.

“Saya doakan semoga kerja keras PKM seluruh mahasiswa dapat berhasil”, ujar Wakil Rektor III tersebut.

Dan acara ini berlangsung selama 3 hari, berakhir pada tanggal 13 juli 2019 mendatang.[ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar