Iklan Banner Sukun

Liburan Lebih Tenang dengan Travel Insurance, Ini Manfaatnya

(Foto: Mateusz Dach, pexels)

Pasuruan (beritajatim.com) – Berlibur adalah momen yang paling ditunggu-tunggu setiap orang, baik itu sendirian, dengan teman, pasangan, atau keluarga. Dengan menyempatkan waktu untuk berlibur di tengah padatnya jadwal pekerjaan, Anda bisa mendapatkan semangat baru. Selain itu, momen ini juga bisa Anda jadikan waktu untuk lebih mengenal orang lain.

Saat hendak pergi berlibur, pernahkah Anda berpikir tentang hal buruk yang bisa jadi menimpa, seperti kehilangan barang, sakit, atau lainnya. Apakah Anda sudah siap dengan hal tersebut? Rasa cemas tersebut bisa membuat mood liburan jadi berantakan. Namun, berbeda jika Anda memiliki travel insurance.

Sebagai orang yang suka traveling, sangat penting untuk memiliki asuransi perjalanan. Ini adalah asuransi yang akan memberikan perlindungan pada nasabahnya selama melakukan perjalanan, baik itu di dalam atau luar negeri. Tidak hanya untuk liburan saja, namun juga penting bagi Anda yang sering melakukan perjalanan dinas.

Terutama di masa pandemi seperti sekarang di mana risiko terserang penyakit lebih tinggi. Jadi, jika Anda sakit di lokasi liburan, maka ada asuransi yang siap menolong.

Seberapa pentingnya memiliki asuransi perjalanan? Simak ulasan di bawah ini mengenai manfaat yang dari travel insurance yang belum diketahui banyak orang!

Keterlambatan dan Pembatalan Pemberangkatan
Keterlambatan atau pembatalan keberangkatan sangat mungkin terjadi jika Anda bepergian dengan transportasi umum, seperti pesawat atau kereta api. Manfaat pertama yang bisa Anda peroleh jika memiliki travel insurance adalah kompensasi yang diberikan pihak asuransi ketika hal ini terjadi.

Bentuk kompensasi berbeda-beda, tergantung kesepakatan awal antara nasabah dan perusahaan asuransi. Misalnya, ketika cuaca sedang buruk dan pesawat mendadak membatalkan penerbangan, Anda bisa mendapatkan kompensasi berupa hotel untuk menginap. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk memesan hotel.

Selain pembatalan dan keterlambatan karena kesalahan pihak maskapai, jika Anda harus membatalkan karena masalah pribadi, maka bisa mendapatkan biaya refund. Tentunya hal ini tidak bisa didapatkan tanpa asuransi perjalanan.

Alasan yang bisa diterima jika mengajukan refund antara lain adalah jika Anda atau anggota keluarga meninggal, Anda mengalami sakit keras, terjadi kerusuhan atau kerusakan parah secara mendadak, dan Anda dipanggil sebagai saksi dalam pengadilan.

Jaminan Perlindungan Bagasi
Masalah bagasi sebenarnya sudah sering terjadi, entah itu keterlambatan check in karena kesalahan maskapai atau kehilangan bagasi. Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi karena dapat membuat liburanmu menjadi berantakan. Namun, jika Anda memiliki asuransi perjalanan, Anda akan mendapatkan perlindungan dan kompensasi jika memiliki.

Jumlah kompensasi yang diberikan tergantung dengan kesepakatan bersama, namun biasanya setara dengan harga barang yang hilang atau rusak dikurangi 20% per tahun pemakaian. Segera buat laporan kehilangan dalam waktu kurang dari 24 jam dengan menyerahkan surat laporan polisi dan konfirmasi tertulis dari pihak hotel atau transportasi ke perusahaan asuransi.

Tanggungan Biaya Medis Bila Sakit Saat Liburan
Bagi Anda yang akan berlibur ke luar negeri dengan iklim jauh berbeda, sangat penting memiliki asuransi perjalanan. Perbedaan iklim yang ekstrim sangat mungkin membuat Anda sakit. Agar momen liburanmu tidak berantakan, sebaiknya untuk segera mendapatkan perawatan medis.

Pentingnya punya asuransi perjalanan adalah bisa menutup biaya medis yang sangat mahal di luar negeri. Selain itu, travel insurance ini akan memberikan perlindungan akan hal-hal kurang menyenangkan lainnya, seperti kecelakaan di luar prediksi dan lainnya.

Perlu diketahui jika perlindungan yang diberikan tidak berlaku bagi yang sudah memiliki riwayat penyakit sebelum perjalanan, obat-obatan yang tidak ditanggung dalam asuransi atau secara medis tidak diperlukan (seperti minyak angin, balsem, obat anti serangga, dan lainnya), perawatan akibat peraturan karantina di negara tujuan karena adanya wabah, kelahiran, kehamilan, dan penyakit kelamin.

Sumbangan Uang Duka Jika Meninggal Saat Perjalanan
Tidak ada yang ingin jika meninggal di momen menyenangkan, seperti liburan. Namun, tidak ada yang tahu kapan manusia akan meninggal. Anda bisa mengajukan asuransi perjalanan yang bisa akan memberikan sumbangan uang duka jika meninggal dunia ketika perjalanan.

Dengan begitu, kehidupan keluarga di rumah akan terjamin, terutama bagi Anda sebagai tulang punggung keluarga. Di mana kondisi keuangan bergantung pada Anda.

Saat hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi pada Anda, maka pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan kepada keluarga. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai keberlangsungan hidup keluarga.
Kompensasi juga akan diperoleh ketika perjalanan Anda kehilangan anggota badan sesuai keseriusan kondisi. Mulai dari 50% hingga 100% dari jumlah perlindungan maksimal yang sudah disepakati.

Bagaimana, sudah tahu pentingnya punya asuransi perjalanan? Agar liburanmu tidak ada kecemasan, miliki travel insurance sebagai perlindungan diri saat perjalanan. Kini, Anda bisa mengajukan asuransi perjalanan lewat Traveloka.

Di aplikasi Traveloka, Anda bisa beli travel insurance untuk hampir semua tujuan liburan luar negeri di seluruh dunia. Ada banyak paket yang disediakan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Berasuransi menjadi lebih mudah dan praktis dengan proses yang cepat dan pelayanan terbaik. Pastikan Anda mendapatkan perlindungan sebelum terlambat dan kejadian tidak diinginkan terjadi. (ada)


Apa Reaksi Anda?

Komentar