Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan Kota Batu: Cermat Meminjam dan Menabung

Batu – Ramadan 1440 H merupakan bulan penuh berkah di dalamnya. Keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu jam 10.00 berkumpul di rumah Sapikyah RT 38. Sekarputih Kecamatan Junrejo Kota Batu.

.

Ruangan tamu penuh dihadiri 19 keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial bahkan sampai berada di halaman depan rumah. Nampak mereka semangat menghadiri pertemuan rutin bulanan yang merupakan jadual penting bagi mereka, beberapa tidak hadir karena ada keperluan.

 

Pendamping sosial Program Keluarga Harapan Kota Batu Indra Y, sebelum memulai kegiatan tersebut diatas mengawali dengan mengucapkan salam dan menyapa keluarga penerima manfaat yang hadir. Ketua kelompok Irma juga nampak duduk di samping pendamping sosial Program Keluarga Harapan Kota Batu..

Cermat Meminjam dan Menabung

 Keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial berduyun-duyun hadir pada pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds). Selama pertemuan rutin bulanan nampak beberapa ibu membawa anak. Pertemuan kelompok tersebut tidak melewatkan kebersamaan pengasuhan dan kelekatan antara anak dengan orang tuanya ketika beraktivitas.

 

Pendamping sosial Program Keluarga Harapan Kota Batu dan pekerja sosial supervisor mendampingi keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial dalam pelaksanaan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds). 

Materi yang disampaikan oleh fasilitator diantaranya cermat meminjam dan menabung. Meminjam dan menabung dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan, serta familiar di kehidupan rumah tangga.

 

Modul ekonomi sesi kedua, meminjam di dalamnya membahas materi tips meminjam, referensi meminjam, tempat meminjam. Bahasan tips meminjam, keluarga penerima manfaat perlu memperhatikan alasan sebelum memutuskan meminjam. Cek terlebih dahulu meminjam, apakah untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan, periksa dan manfaatkan aset terlebih dahulu, perhatikan kemampuan melunasi dan jangka waktu pembayarannya. Referensi tempat meminjam untuk memperhatikan perbandingan beberapa hal sebelum memutuskan lokasi meminjam.

Sedangkan menabung juga diperlukan dan penting pemanfaatannya. Menabung bisa dugunakan untuk kebutuhan yang sifatnya tidak terduga. Ada beberapa tips atau cara sukses menabung, pertama lakukan dengan menyisihkan keuangan diawal, kedua menabung untuk berjaga-jaga penggunaan sewaktu-waktu, ketiga menabung perlu dilakukan dengan perjuangan atau komitmen dan konsisten.

Modul yang digunakan dalam pelaksanaan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds) ialah flipchart modul ekonomi yang didapatkan setelah menerima diklat di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional tiga Yogyakarta.

Cara penyampaian yang digunakan fasilitator di pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds) Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu menggunakan metode ceramah dan disertai dialog dengan keluarga penerima manfaat (kpm)

 

Peksos supervisor PKH Kota Batu

Moch. Ferry Dwi Cahyono

Apa Reaksi Anda?

Komentar