Kekurangan yang Dimiliki WA Web, Pengguna Wajib Tahu Ya!

Foto: Whatsapp

Surabaya – Setiap produk pasti memiliki kekurangan. Tak terkecuali wa web. Cabang dari aplikasi Whatsapp di smartphone ini merupakan Whatsapp yang bisa dibuka di website. Meskipun memiliki banyak fitur yang bermanfaat bagi penggunanya, Whatsapp web tetap masih memiliki beberapa kekurangan.

Kekurangan ini umumnya dikarenakan beberapa fitur yang tidak bisa dibawa ke platform PC. Karena memang beberapa fitur hanya bisa dipakai dan dikhususkan di smartphone. Lalu apa sajakah kekurangan yang dimiliki oleh Whatsapp web? Seperti yang dilansir dari laman Surakabar.id, Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Kekurangan WA Web

  1. Sangat Bergantung pada Whatsapp di Smartphone

Meskipun bisa dibuka di PC dan terpisah dari smartphone, tapi pada kenyataannya Whatsapp jenis ini masih sangat bergantung pada aplikasi mobilenya. Ya, wa web tidak bisa berdiri sendiri dan dijalankan secara mandiri di platform PC.

Anda hanya bisa menggunakan dan mengakses Whatsapp web hanya jika aplikasi Whatsapp smartphone Anda sedang terhubung. Artinya smartphone Anda harus selalu dalam keadaan hidup dan tersambung ke internet.

Jika smartphone mati atau internet pada smartphone terputus, maka wa web secara otomatis akan nonaktif meskipun internet pada PC masih ada. Anda baru bisa menggunakannya lagi jika aplikasi di smartphone kembali tersambung.

  1. Membutuhkan Internet yang Kuat dan Stabil

Mungkin Whatsapp web memang ringan dan cepat dari segi performa, namun dia membutuhkan koneksi internet yang kuat dan stabil. Ketika internet melambat sedikit saja, maka akan muncul peringatan bahwa internet Anda sedang lambat dan ini bisa mempengaruhi penerimaan dan pengiriman pesan pada wa web.

Bahkan ketika internet masih bisa digunakan untuk website lain secara normal, biasanya Whatsapp web akan memberikan peringatan bahwa kecepatannya tidak mumpuni. Jadi jika ingin menggunakan aplikasi chatting di PC ini, pastikan Anda memiliki koneksi interet yang cepat dan stabil.

  1. Tidak Bisa Membuat Story

Salah satu fitur unggulan dari Whatsapp adalah penggunanya bisa membuat story yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya wa web menghilangkan fitur ini dari platformnya. Akan tetapi tidak adanya fitur membuat story di sini masih bisa dimengerti karena akan cukup aneh ketika membuat story menggunakan webcam.

Untungnya, kekurangan ini masih bisa tertutupi oleh fitur melihat story. Di sini, Anda masih bisa menonton story orang lain atau story kita sendiri yang sudah Anda buat melalui smartphone. Anda juga bisa melihat berapa jumlah viewers yang melihat story Anda namun tidak bisa melihat siapa saja yang sudah melihatnya.

  1. Boros Baterai

Kekurangan lain yang dimiliki oleh wa web adalah membuat smartphone menjadi boros baterai. Kenapa bisa demikian? Bukankah Whatsapp web dibuka melalui PC? Memang, Whatsapp web berjalan di PC, namun aplikasi di smartphone harus terintegrasi dan terhubung terus menerus.

Itulah kenapa saat membuka wa web, maka kinerja aplikasi Whatsapp di smartphone akan meningkat dan mengakibatkan meningkatnya konsumsi daya baterai. Tak heran jika smartphone Anda akan cepat panas ketika menghubungkannya ke Whatsapp web.

  1. Hanya Bisa Menggunakan Satu Perangkat untuk Satu Akun

Anda hanya diizinkan untuk menggunakan satu perangkat untuk satu akun Whatsapp web yang sedang aktif. Jadi Anda tidak akan pernah bisa membuka banyak Whatsapp web di banyak perangkat sekaligus. Ini bisa merepotkan terutama bagi Anda yang sering bekerja dengan banyak perangkat sekaligus.

Meskipun wa web memiliki banyak kekurangan, namun ini bukan berarti produk ini buruk. Whatsapp web masih memiliki banyak fitur dan kelebihan yang bisa memudahkan kita dalam menggunakan Whatsapp di perangkat lain. (ted)

 



Apa Reaksi Anda?

Komentar