Jangkau Masyarakat Jatim, Kominfo Libatkan Penyuluh Informasi Publik

Surabaya – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengembangkan pendekatan komunikasi langsung melalui mitra strategis yaitu Penyuluh Informasi Publik (PIP) untuk membantu komunikasi publik pemerintah terkait penyampaian isu, program dan kebijakan pemerintah terkini kepada masyarakat khususnya di wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) dan daerah lain yang masih membutuhkan komunikasi secara langsung.

“PIP sebagai garda terdepan untuk terjun langsung bertemu masyarakat, menyapa dan berdialog di kala pandemi ini tidaklah mudah, namun semangat untuk melakukan penyuluhan dengan berbagai media baik tatap muka langsung, daring maupun memanfaatkan media sosial (sebagai alternatif) tetap dilakukan sehingga memberikan kontribusi yang baik dalam mensosialisasikan kebijakan pemerintah, khususnya terkait dengan pandemi Covid-19. Pemerintah sangat mengapresiasi dedikasi seluruh PIP,” tegas Bambang Gunawan, Plt. Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo.

Sebagai bentuk apresiasi , sekaligus sebagai pembina PIP Kominfo memberikan pembekalan materi kepada PIP lokasi penugasan di kab/kota wilayah Jawa Timur sehingga kompetensi sebagai penyuluh semakin meningkat.

Materi bimtek tak hanya berkisar hal-hal teknis yang meningkatkan skill peserta dalam pemanfaatan media dan teknologi sebagai saluran penyampai pesan, namun juga pembekalan substansi berupa isu strategis terkini yang dihadapi oleh pemerintah, seperti : perkembangan terkini vaksin Covid-19 di Indonesia; pelatihan vokasi dan penempatan tenaga kerja migran Indonesia; dan skema pemanfaatan dan pengaksesan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sementara itu, hasil laporan monev PIP periode Februari-Agustus 2021, di tengah keterbatasan akibat pandemi, PIP wilayah penugasan Kab/kota di Jawa Timur mampu berprestasi dengan mencatatkan angka realisasi kegiatan hingga 373 kali baik tatap muka, luring maupun daring dengan jumlah masyaarakat yang terpapar informasi sejumlah 5.469 orang.

“Harapan kami, melalui rangkaian bimtek  ini, PIP semakin meningkat kompetensi dan komitmennya sekaligus dengan segala keterbatasan akibat pandemi tetap bergerak masif tentu dengan mengedepankan protokol kesehatan. Tak lupa ucapan terima kasih tak terhingga kepada Kadis Kominfo Jawa Timur beserta jajarannya atas dukungan dalam penyelenggaraan acara bimtek kali ini”, sebut Bambang mengakhiri pidatonya.

Dalam kegiatan Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Alana (14/09), Surabaya ini, turut hadir perwakilan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur dan jajarannya. (ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar