Inovasi Pembelajaran IPS Berbasis Karakter

 

Beberapa masalah yang mengemuka, yaitu: (1) masih rendahnya pemerataan untuk memperoleh pendidikan, (2) masih rendahnya kualitas dan relevansi pendidikan, dan (3) masih lemahnya manajemen pendidikan di samping  belum terwujudnya kemandirian dan keunggulan ilmu pengetahuan dan teknologi di kalangan akademisi.

Ketimpangan pemerataan pendidikan juga terjadi antar  wilayah geografis perkotaan dan pedesaan, serta antar kawasan Timur Indonesia (KTI) dan Kawasan Barat Indonesia (KBI), dan antar tingkat  pendapatan penduduk dan antar  gender  (Uno, 2007:133)Pembelajaran IPS di tingkat sekolah menengah Kejuruan bisa dilaksanakan dengan Inovasi pembelajaran berkaitan dengan karakter pada siswa-siswi  anak didik kita. (*)

Seiring dengan era globalisasi yang terus berjalan, berbagai bentuk perubahan terus mengiringi aktivitas kehidupan manusia, oleh karenanya ketersediaan sumber daya manusia yang tanggap dan memiliki kemampuan untuk menyikapi perubahan sosial menjadi kunci tersendiri bagi eksistensi suatu bangsa. Pendidikan yang berkarakter menjadi faktor penting keberadaan sumber daya manusia .

Tujuan pembelajaran IPS antara lain dalam upaya pembentukan karakter dan kepribadian individu / siswa untuk mencitai tanah air, menumbuhkan sikap empati, simpati dan toleransi serta hal-hal yang menyangkut manusia dan kemanusiaan, lingkungan sosial dan segala bentuk perubahannya.

Materi IPS yang terus berkembang membutuhkan ketrampilan pembelajaran di sekolah yang inovatif dan kreatif, dalam hal ini guru dapat terus meng-update diri dengan rancangan pembelajaran IPS yang kontektual, sehingga proses pembelajaran IPS termasuk pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan, IPS berbasis budaya dan karakter.

Kritik dan saran sangat di harapkan untuk meningkatkan kurikulum pembelajaran IPS berbasis karakter pada masa yang akan datang.

Dra, SUPRIENIK,

Sedang menempuh studi S2 PIPS di UNIKAMA

(*) Materi Kuliah Inovasi Pendidikan IPS dari Engelberthus Kukuh Widijatmoko, S.H, M.Pd

Apa Reaksi Anda?

Komentar