Ini Ten Skills di Era Industri 4.0

Foto: Ilustrasi

 

Tulisan ini saya tulis untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Inovasi Pendidikan, dengan Dosen Pengampu Engelberthus Kukuh Widijatmoko, SH., M.Pd

Skill Adalah sesuatu yang sangat penting di era Industri 4.0 Karena dengan memiliki skill yang handal serta dikuasai Akan akan menentukan peluang kerja yang besar bagi mereka yang menguasai Sehingga nantinya mendapatkan penghidupan.yang layak.

Bagaimana tidak skill Sekarang merupakan faktor penentu dan.faktor utama seseorag di pertimbangkan untuk kirannya dapat di pekerjakan pada perusahaan atau institusi institusi. Oleh karena itu Kita selanyaknya berusaha dengan keras dan tekun untuk kirannya dapat memiliki skill sesuai bidang yang kita minati dalam menunjang Segala aktivitas kita baik.pekerjaan maupun di setiap activitas yang membutuhkan keahlian (Skill).

Berbicara tentang skill dalam menunjang pekerjaan kita ataupun penentu faktor kita dapat bersaing Dengan yang lain dan bekerja di bidang kita Pada dasarnya kita di beri kelebihan dan kekurangan ,Skill Oleh sang pencipta .(Setiap orang memiliki keterampilan yang dianugerahkan oleh Sang Pencipta-Muzni Ramanto, Soemarjadi, Wikdati Zahri (1991:2)) Agar kita dapat mengembangkan hal itu entah dari kelebihan maupun kekurangan kita menjadi skill yang nantinya dapat membantu kita dalam Mencari pekerjaan dan mendapatkan penghidupan.yang layak Baik melalui pendidikan formal, informal.maupun dalam pergaulan serta aktivitas kita sehari hari.
Dengan adanya perubahan baik ruang dan waktu memunculkan fenomena baru di kalangan masyarakat,para akademisi bahkan pemerintah yaitu “ revolusi industri 4.0”  yang di tandai dengan pesatnya kemajuan Teknologi di segala bidang dan aspek. Dimana fenomena itu menuntut kita harus bisa bersaing dengan orang lain disegala bidang khususnya dalam dunia usaha / industri, yang mana kita di tuntut untuk memiliki skill (keterampilan). Untuk bisa bersaing di era ini. Kalau tidak kita sendiri akan.terlindas dan tergerus oleh perkembangan.

Gordon (1994) berpendapat Keterampilan adalah kemampuan seseorang dalam mengoperasikan pekerjaan secara lebih mudah dan tepat. Pendapat tentang keterampilan ini lebih mengarah pada aktivitas yang bersifat psikomotorik.
Sedangkan menurut Dunette (1976) Keterampilan merupakan pengetahuan yang didapatkan dan dikembangkan melalui latihan atau training dan pengalaman dengan melakukan berbagai tugas.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa keterampilan merupakan suatu bentuk kemampuan yang mmpergunakan pikiran dan perbuatan dalam menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu dengan efektif daberpendapat

Oleh karena itu skill (keterampilan) merupakan faktor yang sangat menentukan dalam.seseorang mendapatkan pekerjaan dan bersaing dengan kompetitor di dunia usaha / industri . Berikut 10 skill yang perlu di kuasai di era Industri 4.0

1. Complex problem solving
Complex probkem solving maksudnya merupakan sebuah kemampuan menyelesaikan masalah dengan melakukan identifikasi, menyeleksi informasi terkait masalah tersebut, menentukan opsi solusi lalu mengevaluasinya, dan melaksanakan opsi sebagai solusi dalam mengatasi masalah tersebut.

2. Critical thinking
Kemampuan berikir kritis dan memberi feedback yang disertai alasan logis.

3. Creativity
Kemampuan untuk menemukan sesuatu yang unik dan original. Tidak harus benar-benar baru, namun bisa pula dengan mengembangkan apa yang sudah ada.

4. People management
Kemampuan untuk mengatur, yang bisa juga disebut leaderhip.

5. Coordinating with other
Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain, baik di dalam maupun luar tim.

6. Emotion intelligence
Kemampuan mengatur emosi. Dalam hal ini, termasuk pula kemampuan untuk mengidentifikasi, mengelola serta memanfaatkan emosi.

7. Judgment and decision making
Kemampuan untuk mengmbil keputusan dalam kondisi apapun, termasuk ketika sedang berada di bawah tekanan.

8. Service orientation
Kemampuan untuk ‘melayani’, baik untuk perusahaan atau pelanggan tanpa mengharapkan penghargaan semata.

9. Negotiation
Kemampuan untuk melakukan negosiasi dalam aspek pekerjaan, walau sulit dilakukan.

10. Cognitive flexibility
Kemampuan untuk switch atau pengalihan dalam berpikir sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan
Oleh karena itu kita harus berusaha untuk kirannya kita menguasai skill. Tak ada kata terlambat Untuk belajar dan berusaha dalam menguasai skill demi masa depan yang lebih baik.dan cerah

Jika kita telah menguasai keterampilan /skil di era Industri 4.0 ini setidaknya kita memiliki pertahanan untuk bertahan hidup seperti tokoh maerika mengatakan:
Satu-satunya keamanan nyata yang akan dimiliki seseorang di dunia ini adalah simpanan pengetahuan, pengalaman, dan keahlian (henry ford 1863 -1947)pengusaha mobil Amerika. Ada pula pepatah mengatakan

“ TAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK LEBIH BAIK”
Tidak ada kata terlambat untuk membalikkan keadaan. Anda hanya satu-satunya rintangan.
Dave Ramsey( Pengusaha Amerika).
Oleh karena itu di era “Industri Four Zero” ini mari perkuat dan tingkatkan kwalitas diri kita di bidang skill agar kita mampu untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat dan cepat. Kita harus selalu optimis dan termotivasi untuk itu semua karena pada dasarnya semua manusia mampu untuk menghadapi permasalahan yang ada pada dirinya karena tidak ada ayang tidak mungkin jika kita berani mencoba, nasib kita hany akit ayang dapat merubahnya.
Selalu semangat dan pantang menyerah……………….

① Riwayat singkat

Sekarang : Instruktur Komputer BLK Banyuwangi

2018 – : Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan IPS Universitas Kanjuruhan Malang

② Engelberthus Kukuh Widijatmoko adalah Dosen Pascasarjana Pendidikan IPS Universitas Kanjuruhan Malang, beliau aktif menulis Bunga Rampai yang sudah diterbitkan berisikan tulisan-tulisan manusia inovatif

Apa Reaksi Anda?

Komentar