Ini Fitur Unggulan Realme X

Sumber: gadgets.ndtv.com

Jakarta – Realme X merupakan smartphone android besutan Realme yang diluncurkan di Indonesia pada pertengahan tahun 2019. Menyasar pasar smartphone android middle end, Realme X hadir dengan kamera pop up serta dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang disematkan di dalam layar. Meskipun hal tersebut masih sangat jarang ditemukan pada smartphone android level middle end, namun Realme X yang menyasar pasar generasi muda telah menghadirkannya pada varian Realme Xnya.

Secara keseluruhan, selain memiliki fitur unggulan tersebut, Realme X juga menonjolkan sisi kamera, desain, dan performa. Untuk sisi kamera, Realme X yang dilengkapi dengan kamera pop up tersebut memiliki konfigurasi kamera beresolusi 16 MP dengan sensor Sony IMX471, sedangkan untuk kamera utamanya terdapat dual kamera dengan konfigurasi 48 MP dan 5 MP dengan sensor Sony IMX586.

Sementara itu, dari segi desain, keberadaan kamera pop up untuk kamera depannya menjadikan layar dari smartphone ini mampu memberikan kesan lebih lega karena selain memiliki bezel yang cukup tipis, juga tidak terhalang oleh notch di bagian atasnya.

Sedangkan dari segi performa, Realme X telah ditenagai dengan chipset Snapdragon 710 dimana chipset tersebut merupakan salah satu chipset yang memiliki performa sangat baik saat digunakan untuk melakukan pekerjaan berat seperti gaming. Selain ketiga sektor di atas, berikut spesifikasi lengkap dari Realme X yang wajib Anda ketahui.

1. Desain
Dari segi desain, Realme X memiliki kelebihan pada bagian layarnya dimana selain tidak memiliki notch, Realme X juga telah mengusung layar Super AMOLED besutan Samsung dan telah dilengkapi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass generasi ke-lima. Selain itu, untuk sensor pemindai sidik jarinya, Realme X juga telah mengadopsi teknologi terbaru dari layar Super AMOLED besutan Samsung, yaitu sensor pemindai sidik jari yang ditanamkan di dalam layar. Sementara itu, pada bagian belakang dan framenya, smartphone berukuran 161,2 x 76,1 x 9,4 mm (6,35 x 2,99 x 0,37 inch) dengan bobot 191 gram ini menggunakan material polycarbonate yang juga telah dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass generasi ke-lima. Dengan pilihan warna yang tersedia, yaitu polar white dan space blue yang menawan, Realme X cukup tahan terhadap goresan sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan case untuk melindungi bodinya.

2. Dapur pacu
Smartphone android besutan Realme ini ditenagai oleh chipset dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 710 (10 nm) octa core (6 x 1,7 GHz Kyro 360 Silver dan 2 x 2,2 GHz Kyro 360 Gold) dengan GPU Adreno 616. Chipset ini merupakan chipset yang mampu meningkatkan dan memaksimalkan performa serta efisiensi smartphone yang menggunakannya. Hal tersebut dikarenakan, terdapat perpaduan antara dua inti yang menangani pekerjaan komputasi tinggi dan enam inti yang menangani pekerjaan komputasi rendah sehingga mampu memberikan performa yang maksimal serta meningkatkan efisiensi daya.
Dipadukan dengan GPU Adreno 616, chipset ini dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan berat seperti gaming tanpa menemui kendala yang berarti. Dengan GPU tersebut, Realme X mampu melakukan rendering grafis dengan kualitas tinggi. Dengan demikian, smartphone ini dapat menghindari terjadinya lag atau rendering grafis yang kurang maksimal. Realme X menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dapat diupgrade ke Android 10 serta menggunakan user interface besutan Oppo, yaitu ColorOS 6.

3. Layar
Realme X mengusung layar Super AMOLED besutan Samsung berukuran 6,53 inch (~85,9% screen-to-body-ratio) beresolusi 1080 x 2340 pixel (~394 ppi density) dengan rasio 19,5:9. Layar Super AMOLED yang diusung oleh Realme X tersebut adalah layar yang memiliki bezel cukup tipis serta tidak membunyai notch di bagian atasnya karena kamera depan yang dimiliki oleh smartphone ini adalah kamera dengan tipe pop up.

Selain itu, layar yang disematkan pada smartphone ini juga telah dilengkapi dengan teknologi sensor pemindai sidik jari sehingga untuk melakukan pemindaian sidik jari dapat dilakukan dengan menyentuh layarnya. Selain itu, untuk menahan goresan, layar smartphone ini juga telah dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass generasi ke-lima.

4. Kamera
Realme X hadir dengan teknologi kamera terkini, yaitu kamera pop up untuk kamera depannya. Kamera pop up adalah kamera yang tersembunyi dalam smartphone dimana kamera tersebut hanya muncul saat akan digunakan untuk melakukan foto selfie. Dengan sensor Sony IMX471 beresolusi 16 MP dan bukaan f/2.0 25 mm (wide), kamera depan smartphone ini mampu menghasilkan jepretan gambar beresolusi ultra HD serta mampu menghasilkan perekaman video hingga resolusi [email protected]
Selain itu, kamera depan smartphone ini juga telah dilengkapi dengan beberapa mode pengambilan gambar, salah satunya adalah mode HDR. Sementara itu, untuk kamera utamanya, Realme X dibekali dengan dua kamera beresolusi 48 MP (lensa wide) dengan bukaan f/1.7 PDAF dan 5 MP (lensa depth) dengan bukaan f/2.4. Kedua kamera tersebut mampu menghasilkan jepretan foto yang menawan serta mampu menghasilkan perekaman video dengan resolusi hingga [email protected]

5. Memori/penyimpanan
Realme X hadir dalam tiga varian RAM, yaitu RAM 4 GB yang dipadukan dengan ROM 64 GB dan 128 GB; RAM 6 GB yang dipadukan dengan ROM 64 GB; serta RAM 8 GB yang dipadukan dengan ROM 128 GB dan 256 GB. Dengan ROM yang super lega tersebut, smartphone ini tidak dibekali dengan slot memori penyimpanan tambahan.

6. Konektivitas
Sebagai smartphone kelas middle end, Realme X mempunyai konektivitas yang cukup lengkap, mulai dari tersedianya teknologi LTE, wifi 802.11 a/b/g/n/ac dual band dengan wifi direct dan wifi hotspot, bluetooth 5.0 A2DP LE aptX HD, GPS dengan A-GPS, BDS, dan GLONASS, serta menggunakan port USB Tipe-C.

7. Sensor
Sebagai salah satu smartphone yang berada pada kelas middle end, Realme X memiliki sensor yang cukup lengkap, mulai dari sensor pemindai sidik jari responsif dengan modul Godix G2.4 dan mesin akselerasi DSP yang ditanamkan pada layar, sensor accelerometer, sensor proximity, sensor gyroscope, dan sensor compass.

8. Baterai
Realme X adalah salah satu smartphone dengan harga terjangkau yang dibekali dengan spesifikasi mumpuni. Untuk menyokong kebutuhan dayanya, smartphone ini dibekali dengan baterai Lithium Polimer (Li-Po) 3765 mAh non-removable yang memiliki daya tahan cukup lama. Selain itu, untuk melakukan pengisian daya pada baterai, Realme X telah dilengkapi dengan fitur fast charging VOOC 3.0 20 W yang tentunya akan membuat pengisian daya baterai menjadi lebih cepat dan lebih maksimal.
Dengan berbagai spesifikasi di atas, Realme X tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu polar white dan space blue. Kedua warna ini terlihat sangat elegan dengan finishing glossy pada bagian casing belakangnya. Karena smartphone ini telah dilindungi oleh kaca pelindung yang tahan goresan, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan case supaya kesan tampilan yang mewah tetap bisa Anda dapatkan.

Kelebihan Realme X yang Menjadikannya sebagai Salah Satu Smartphone Middle End Terbaik
Berdasarkan spesifikasi di atas, secara umum Realme X mempunyai beberapa kelebihan yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan saat memilih smarphone ini sebagai daily driver Anda. Sebagai smartphone yang mengedepankan sisi kamera, performa, dan desain, berikut beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari Realme X.

1. Performa hAndal
Saat ini, Realme X menjadi salah satu smartphone android middle end dengan performa yang sangat baik di kelasnya, terutama jika digunakan untuk gaming. Hal ini dikarenakan Realme X dibekali dengan chipset gaming besutan Qualcomm, yaitu Snapdragon 710 yang dikenal mampu meningkatkan performa smartphone terutama saat bermain game. Chipset ini memiliki dua inti yang menangani pekerjaan komputasi tinggi dan enam inti yang menangani pekerjaan komputasi rendah. Dengan 8 inti tersebut, Snapdragon 710 mampu memberikan performa yang maksimal serta meningkatkan efisiensi daya yang ada pada Realme X. Dipadukan dengan GPU Adreno 616, Realme X dapat melakukan rendering grafis dengan kualitas tinggi sehingga dapat meminimalkan adanya lag atau rendering grafis yang tidak maksimal saat bermain game.

2. Kamera pop up yang kekinian
Kamera pop up Realme X berbahan kristal safir yang kokoh serta memiliki daya tahan tinggi terhadap goresan. Kamera tersebut mampu melakukan pop up hingga 50x per hari. Selain bisa menghasilkan jepretan foto selfie yang menawan, keberadaan kamera pop up yang dimiliki oleh Realme X juga membuat tampilan layarnya menjadi lebih lega dan elegan. Hal ini dikarenakan layar Realme X yang berukuran 6,53 inch tersebut tidak memiliki notch untuk penempatan kamera depannya.

3. Layar Super AMOLED dengan teknologi pemindai sidik jari yang kekinian
Seperti diketahui, layar Super AMOLED besutan Samsung merupakan salah satu layar yang mampu memproduksi gambar dengan kualitas sangat baik. Selain itu, layar tipe ini membuat sensor pemindai sidik jari dapat disematkan di dalamnya. Realme X menjadi salah smartphone android middle end yang telah mengadopsi teknologi sensor pemindai sidik jari yang ditanamkan di dalam layar. Hal tersebut masih sangat jarang ditemukan pada smartphone sekelas karena sebagian besar smartphone android sekelas masih menggunakan sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di bagian bawah layar ataupun di sisi belakang.

Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan teknologi pemindai sidik jari yang canggih dan kekinian tersebut hanya di Realme X. Sementara dari segi fungsinya, pemindai sidik jari yang dimiliki oleh Realme X ini memiliki kecepatan yang lebih baik serta lebih akurat jika dibandingkan dengan sensor pemindai sidik jari dari generasi sebelumnya.

4. Fitur fast charging
Realme X dibekali dengan baterai berkapasitas 3765 mAh. Untuk memaksimalkan penggunaannya, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur VOOC flash charge 3.0 20 W yang akan membuat pengisian daya baterai menjadi lebih cepat dan maksimal. Hal tersebut tentunya akan sangat memudahkan bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi.
Realme X juga hadir dengan user interface ColorOS 6 besutan Oppo yang dipadukan dengan sistem operasi Android 9 Pie (dapat diupgrade ke android 10). User interface ini memiliki tampilan yang menarik karena selain mudah dikustomisasi, user interface tersebut juga memiliki beragam fitur menarik seperti clone apps, dual-split multitasking, penghemat baterai, dark mode, dan berbagai fitur lain yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. ( blibli.com)



Apa Reaksi Anda?

Komentar