Iklan Banner Sukun

Hyundai Staria 2021, Spesifikasi Lengkap dan 7 Fakta Menarik dari MVP Mewah dan Keren!

Pasuruan (beritajatim.com)Hyundai Staria baru merupakan alternatif dari MPV mewah seperti Toyota Alphard atau Honda Odyssey. Staria tersedia dalam dua varian, yakni versi sembilan penumpang yang dijual seharga Rp. 888 juta atau versi paling premium dari tujuh penumpang seharga Rp 1,02 miliar.

Staria merupakan wahana eksekutif yang bisa digunakan untuk liburan kerja atau keluarga. Mobil ini memiliki banyak fitur untuk menunjang kenyamanan, terutama bagi penumpang di baris kedua. Anda bisa mengecek harga terkini dan spesifikasi varian lainnya di Blibli, dan di bawah ini beberapa fitur lengkap dan fakta menarik dari seri Staria! Yuk, simak ulasan lengkapnya!

1. Dimensi dan Eksterior Keren
Staria diklaim memiliki ukuran paling besar di kelasnya dengan lebar keseluruhan 1.997 mm dan panjang 5.253 mm. Jarak antara as atau wheelbase adalah 3.273 mm dan jarak tapak roda belakang adalah 1.732 mm. Mobil ini juga memiliki tampilan yang berbeda dari para rivalnya. Inspirasi eksterior ini dikatakan terinspirasi dari pesawat luar angkasa.

Pada bagian depan terdapat gril berbentuk trapesium yang diapit oleh dua lampu LED. Bentuk gril pada mobil ini juga cukup menarik karena tidak biasa terlihat pada mobil baru. Kemudian di bagian belakang terdapat lampu kombinasi yang berdiri tegak, sedangkan pelek berukuran 18 inci.

2. Interior dan Sematan Teknologi Terkini
Pada bagian interior kabin, Staria mengusung konsep multi-open space dengan komposisi multiguna untuk kenyamanan penumpang layaknya di lounge premium. Kursi pengemudi memiliki sentuhan mewah seperti TFT LCD Instrument Cluster 10,25 inci dan monitor tengah layar sentuh 8 inci dengan fitur streaming audio Bluetooth, dan tombol transmisi Shift-by-Wire.

Ambient mood lights menjadi nuansa yang ditawarkan juga oleh Staria. Penerangan ini juga memberikan nuansa jelas pada bagian lainnya seperti pintu, area bagasi, konsol, dan kokpit. Suguhan Dual Sunroof dengan fitur slide and tilting menjadi bagian menyenangkan dari mobil ini. Untuk pengontrolan udara, tersedia filter pada HVAC di bagian belakangnya.

Sedangkan ventilasi disesuaikan dengan jumlah kursi di setiap tipenya, yaitu Signature 7 memiliki 4 ventilasi dan Signature 9 memiliki 6 ventilasi. Telinga penumpang akan dimanjakan dengan BOSE Premium Sound System sebagai penunjang fitur hiburan. Lalu ada Wireless Smartphone Charging di dashboard dan port USB charge untuk semua baris kursi.

Masih di area kabin, Staria Signature 7 dilengkapi dengan tujuh kursi dan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat direbahkan secara otomatis dan digeser untuk memudahkan akses atau memaksimalkan ruang penyimpanan.

Sedangkan pada varian Signature 9, dilengkapi dengan 9 kursi dengan Swiveling Independent Seat, baris kedua bisa diputar 180 derajat untuk bisa berhadapan dengan penumpang di baris ketiga.

3. Fitur Teknologi Modern
Lebih lanjut, Staria juga didukung sejumlah fitur keselamatan dan keamanan, antara lain Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW), Blind-Spot View Monitor (BVM)), Safe Exit Assistance (SEA), dan Safe Exit Warning (SEW).

Kemudian Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW), Lane Keeping Assist (LKA), Lane following Assist (LFA), Surround View Monitor (SVM), Smart Power Tailgate, dan Smart Slider Electric Door.

4. Mesin Tangguh dan Bertenaga
Soal dapur pacu, Staria dibekali mesin diesel 2.200 cc VGT turbo diesel dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Dengan power train jenis ini membuat Staria menghasilkan performa maksimal hingga 174 hp pada 3.800 rpm serta torsi maksimal 430 Nm pada 1.500-2.500 rpm.

Fakta Menarik Hyundai Staria
1. Desain eksterior Hyundai Staria berangkat sepenuhnya dari desain Starex/H-1 karena sudah mengusung desain “Single Stroke”. Eksterior Hyundai Staria terlihat ramping dengan lekukan kap yang sangat minim sehingga bagian depan hingga belakang terlihat serasi.

2. Hyundai Staria mampu mengangkut hingga 11 penumpang tergantung pada varian modelnya. Desain interior Hyundai Staria terinspirasi oleh kapal pesiar dan menawarkan suasana yang luas dan terbuka berkat Panoramic Window dan beltline yang rendah.

3. Secara global, Hyundai Staria dibekali dua pilihan mesin, yakni mesin bensin Smartstream G6DIII berkapasitas 3.500 cc dan mesin diesel VGT berkapasitas 2.200 cc. Mesin bensin Hyundai Staria menghasilkan tenaga 272 hp dan torsi 331 Nm, sedangkan mesin diesel menghasilkan tenaga 177 hp dan torsi 431 Nm.

4. Hyundai Staria telah dilengkapi hingga 6 airbag, sabuk pengaman tiga titik dan sandaran kepala di semua kursi, Forward Collision Avoidance Assist (FCA), dan Blind-Spot Collision Avoidance Assist (BCA).

5. Versi 7 penumpang dari Hyundai Staria Premium ditawarkan dengan Kursi Relaksasi Premium yang dapat direbahkan dengan menekan sebuah tombol. Sedangkan pada Hyundai Staria Premium versi 9, seat penumpang didesain dengan jok baris yang bisa berputar 180 derajat menghadap ke jok baris ketiga.

6. Hyundai memberikan beragam warna eksterior untuk Staria, yaitu Shimmering Silver Metallic, Abyss Black Pearl, Olivine Grey Metallic, Creamy White, Moonlight Blue Pearl, Dynamic Yellow, Graphite Grey Metallic, dan Gaia Brown Pearl. Untuk interior, Hyundai Staria tersedia dalam dua warna hitam, hitam dan krem, dua warna hitam dan biru; dan abu-abu dua nada dan coklat ditambah abu-abu dua nada dan abu-abu muda untuk varian Premium.

Hyundai akan mulai menjual Staria dan Staria premium pada paruh kedua tahun 2021. Namun, Hyundai Staria sudah masuk dalam data NJKB Dinas Pendapatan Provinsi DKI Jakarta. Varian Staria yang didaftarkan adalah mesin diesel 2.200 cc dengan transmisi otomatis 8 percepatan, nilai jualnya Rp. 450 juta. (ada/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar