Fitur Aplikasi Pembukuan Bisnis yang Penting Bagi Perusahaan

Aplikasi pembukuan telah mengambil alih proses akuntansi di berbagai perusahaan dan lembaga di Indonesia. Proses pembukuan manual yang membutuhkan waktu dan rentan terhadap kesalahan dianggap tidak efisien dan memperlambat kinerja akuntan. Inilah sebabnya mengapa semakin banyak pemilik bisnis beralih ke solusi akuntansi otomatis.

Fitur Aplikasi Pembukuan Bisnis

Beberapa Fitur yang akan anda nikmati dengan menggunakan aplikasi pembukuan bisnis

Kalau anda menggunakan aplikasi untuk pembukuan bisnis, Anda dapat melakukan sesuatu, terutama terkait dengan aspek pembukuan.

Mulai dari transaksi yang terjadi hingga nanti dapat dibuat laporan keuangan sebagai hasil akhir dari kegiatan pembukuan yang dilakukan. Lalu, laporan apa yang dapat diperoleh dari perangkat lunak pembukuan?

Seperti kegiatan pembukuan bisnis pada umumnya, Anda bisa mendapatkan berbagai jenis laporan dalam aplikasi pembukuan bisnis.

Fitur yang tersedia, termasuk memproduksi laporan keuangan, penjualan, pembelian, pelanggan, saham, dan lainnya. Jenis laporan yang dapat dibuat dengan aplikasi ini, mencakup neraca, laporan laba rugi, arus kas, piutang, juga yang lain.

Mengingat banyak fitur yang dapat digunakan, Anda dapat menggunakannya secara optimal.

Seiring perkembangan teknologi, kegiatan pembukuan dapat diadakan tanpa berbelit-belit melalui aplikasi. Namun, dalam hal ini perlu memperhatikan kredibilitas aplikasi.

Kredibilitas platform penyedia pembukuan bisnis sangat penting untuk dicatat. Sebab, tidak adanya elemen kredibilitas memungkinkan aplikasi untuk bertindak sewenang-wenang. Misalnya, mencuri data yang berkaitan dengan bisnis.

Ini mungkin mimpi buruk bagi semua orang, terutama yang telah dimasukkan data tentang perangkat lunak. Alih-alih difasilitasi, tepatnya dengan dimasukkannya data bisnis dalam aplikasi dapat menjadi boomerang yang menyesatkan.

Untuk alasan ini, Anda seharusnya tidak hanya memilih untuk menentukan aplikasi yang tepat. Pastikan apa yang Anda gunakan adalah perangkat lunak dengan kredibilitas yang jelas.

Saat ini, ditemukan bahwa masing-masing penyedia aplikasi palsu ternyata hanya memberikan rayuan manis di depan tanpa tanggung jawab.

Sebelum hal-hal negatif yang tidak diharapkan, akan sangat baik bila melakukan upaya pencegahan. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Alih-alih harus menanggung risiko yang memiliki potensi untuk membawa kerugian, lebih baik tidak pernah jatuh ke dalam aplikasi pembukuan ilegal.

Manfaat Perangkat Lunak Aplikasi Pembukuan Bisnis

Itu adalah penjelasan tentang perangkat lunak pembukuan pembukuan atau bisnis. Perangkat lunak yang dirilis untuk memfasilitasi kegiatan pembukuan bisnis dapat menjadi andalan untuk mewujudkan kebutuhan pembukuan bisnis yang efektif.

Aplikasi pembukuan bisnis berisi sejumlah manfaat yang sangat disayangkan untuk dilewatkan. Manfaat utama yang dapat dirasakan, dengan aplikasi yang mendukung pembukuan, bisnis selanjutnya dapat dikembangkan lebih lanjut.

Dalam hal ini, Anda dapat melakukan upaya untuk arah yang baik seperti yang diinginkan. Karena, perkembangan bisnis adalah aspek yang sangat mungkin untuk dicapai. Adapun manfaat yang dapat diterima dari penggunaan aplikasi pembukuan bisnis, sebagai berikut.

·         Tampilannya mudah dimengerti

Perangkat lunak pembukuan pada dasarnya diatur untuk membuatnya lebih mudah. Jadi, dari penampilan itu benar-benar rumit karena dapat membingungkan pengguna. Melalui tampilan sederhana sedemikian rupa, Anda dapat memaksimalkan fungsi aplikasi untuk kegiatan pembukuan. Berangkat dari ini, Anda tidak perlu khawatir membuat laporan keuangan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan buku-buku bisnis sehingga upaya tumbuh.

·         Akurat

Selain itu mudah dimengerti karena sederhana, aplikasi ini juga memungkinkan akurasi data yang lebih tinggi, karena perhitungan dilakukan secara otomatis. Input data dapat secara otomatis diakumulasikan melalui perhitungan yang valid.

·         Efektif

Mengingat fitur lengkap, aplikasi pembukuan sangat cocok untuk dipilih. Dengan menyerahkan pembukuan ke perangkat lunak yang andal, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang mengatur buku. Oleh karena itu, dapat lebih fokus pada pengembangan bisnis.

·         Meningkatkan Akurasi Data

Akurasi data adalah hal penting dalam laporan keuangan. Masalahnya adalah, ketika Anda merekam data keuangan menggunakan kertas, Anda dapat membuat kesalahan pada penulisan seseorang yang hanya dapat membacanya. Perhitungan manual dengan kalkulator juga sangat rentan terhadap kesalahan.

Kesalahan manusia tidak dapat sepenuhnya dihapus dari kegiatan akuntansi sehari-hari, tetapi aplikasi pembukuan dapat mengurangi peluangnya. Pajak, pendapatan, biaya pengeluaran, dan lainnya dihitung secara otomatis. Berbagai kesalahan seperti duplikasi data dapat diidentifikasi oleh sistem sehingga akurasi dapat meningkat secara signifikan.

·         Meningkatkan mobilitas

Aplikasi pembukuan berbasis cloud memberi Anda keuntungan untuk dapat mengakses akun bisnis Anda dari mana saja. Perangkat lunak ini juga dapat diakses melalui browser yang biasa digunakan. Selain itu, Anda juga dapat mengaksesnya menggunakan smartphone atau perangkat seluler lainnya.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan secara fleksibel saat menggunakan aplikasi pembukuan berbasis cloud adalah:

  • Melacak laba dan rugi di setiap cabang bisnis
  • Buat dan kirim faktur langsung dari perangkat seluler Anda
  • Lihat Riwayat Transaksi dan Laporan Penagihan
  • Rekam biaya dan lampirkan tanda terima
  • Tindak lanjut pembayaran
  • Dapatkan informasi real-time tentang pendapatan, pengeluaran, dll.
  • menghasilkan laporan laba rugi, arus kas, perubahan modal, neraca, dll. Seketika

·         Visibilitas keuangan yang lebih lengkap

Aplikasi pembukuan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang keuangan Anda.

Beberapa dari mereka bahkan memungkinkan pengguna untuk memprediksi arus kas, termasuk ketika biaya pengeluaran akan dibutuhkan dan ketika keuntungan akan dihasilkan.

Biasanya data keuangan seperti laba rugi sulit diproduksi secara rinci terutama jika bisnis dikelola nomor banyak dan terletak di berbagai tempat. Tetapi dengan sistem pembukuan lengkap seperti melengkapi akuntansi, Anda dapat menemukan penghasilan berdasarkan bidang, toko atau kantor, dan bahkan jenis produk.

·         Memfasilitasi manajemen pajak

Selain menunjukkan berapa banyak pajak yang dibayarkan pada faktur tertentu, beberapa aplikasi pembukuan juga memungkinkan Anda untuk membuat laporan yang menunjukkan berapa banyak pajak tertentu yang dibayarkan oleh bisnis Anda untuk jangka waktu tertentu, membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan Untuk melengkapi dan menyerahkan formulir pajak pemerintah seperti PPN dan PPH-23.

Tips Memilih Aplikasi Pembukuan Terbaik

Menemukan aplikasi pembukuan yang tepat untuk bisnis Anda tidak dapat dilakukan secara instan. Ada berbagai penelitian dan pertimbangan yang harus Anda lalui. Untuk memfasilitasi pencarian Anda, berikut adalah beberapa tips singkat

1.    Siapkan Anggaran & Melakukan Penelitian Harga

Tentukan anggaran yang akan Anda investasikan untuk aplikasi pembukuan dan temui beberapa vendor yang menawarkan harga yang cocok untuk anggaran Anda.

2.    Memahami kebutuhan bisnis Anda

Rekam secara rinci semua kebutuhan bisnis Anda. Diskusikan ini dengan tim keuangan Anda. Cari tahu fitur apa yang Anda butuhkan dari sistem pembukuan. Beberapa fitur yang harus dalam sistem pembukuan yang lengkap adalah:

  1. Multi mata uang
  2. Pos jurnal otomatis
  3. Rekonsiliasi rekening bank
  4. Prediksi Arus Kas
  5. Manajemen Faktur
  6. Manajemen Laporan Keuangan
  7. Depresiasi Aset
  8. Manajemen Pajak.
  9. Multi Pengguna & Lokasi
  10. Manajemen Pembayaran

3.    Diskusi dengan konsultan perangkat lunak

Anda mungkin mengerti akuntansi, tetapi mungkin tidak mengerti bagaimana perangkat lunak akuntansi berfungsi. Apakah aplikasi keuangan yang Anda anggap cocok untuk industri Anda? Bisakah sistem disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda? Apakah sistem taat pajak di Indonesia?

4.    Perangkat lunak aplikasi pembukuan bisnis

Aplikasi pembukuan lainnya tidak hanya di Android tetapi ada aplikasi khusus aplikasi pembukuan dan beberapa bahkan telah diintegrasikan dengan pasar sehingga lebih mudah bagi Anda untuk melaporkan laporan pembukuan bisnis Anda.

Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Bisnis Terbaik

Dan berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi pembukuan yang bisa anda gunakan untuk bisnis anda:

1.    Jurnal

Keuntungan menggunakan aplikasi akuntansi seluler termasuk efisiensi waktu dan kenyamanan. Itulah jurnal yang akan ditawarkan melalui aplikasi selulernya.

Monitor stok di gudang setiap kali secara real-time, buat faktur melalui ponsel dan banyak hal yang dapat dilakukan dari jurnal seluler.

Tetapi untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap seperti pelaporan dan faktur, Anda masih harus mengaksesnya dari komputer.

Apakah menghapus aplikasi jurnal dari HP membuat semua data menghilang? Ikuti saja, data Anda disimpan dengan aman di cloud dan juga dapat diakses dari perangkat lain.

2.    QuickBooks

Aplikasi pembukuan akuntansi berikutnya adalah QuickBooks. Aplikasi ini mampu membuat faktur dan Anda dapat melampirkan foto bahkan catatan untuk faktur dan transaksi yang berfungsi untuk membuat laporan keuangan termasuk laporan penjualan, laporan laba rugi, laporan neraca, laporan pembelian, dan sebagainya.

Keuntungan lain dari aplikasi ini adalah pengguna yang dapat mendaftar untuk transaksi pendapatan sehingga Anda dapat menghasilkan untung atau rugi berdasarkan grup.

Anda dapat mengaksesnya melalui tablet Android dan komputer yang pasti terhubung ke Internet.

3.    Wave

Wave adalah perangkat lunak pembukuan yang berasal dari Amerika Serikat dan telah digunakan lebih dari ratusan ribu orang. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti mengirim faktur, catatan keuangan, dan juga membuat penerimaan online.

Keuntungan dari wave ini memiliki tampilan yang menarik, Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak, memiliki fitur yang cukup lengkap. Tapi, sayangnya tidak ada fitur dukungan untuk stok dan inventaris.

Karena aplikasi ini dirancang untuk digunakan di Amerika Serikat dan Kanada, oleh karena itu aplikasi ini mungkin terlihat aneh jika digunakan di Indonesia karena ada beberapa fitur yang tidak dapat diakses.

4.    Kashoo

Dibandingkan dengan aplikasi pembukuan lainnya, Kashoo mungkin masih cukup muda. Meski begitu, Kashho mengklaim apakah mereka memiliki lebih dari 200 ribu pengguna aktif di smartphone dan juga situs web. Jadi, apa keuntungan mereka dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya?

Kashho cukup aktif di pemelihara pengguna. Artinya, mereka sering menyapa pengguna dan juga menggunakan webinar sebagai wadah untuk memudahkan pengguna untuk memahami cara menggunakan Kashhoo. Sayangnya, Anda harus membayarnya cukup mahal untuk menggunakannya untuk waktu yang lama.

Itulah hal-hal yang harus anda ketahui ketika akan menggunakan aplikasi pembukuan. Pilih yang paling sesuai dengan bisnis anda, ya!


Apa Reaksi Anda?

Komentar