FDS PKH Kota Batu, Mengelola Keuangan Keluarga

Batu -Family development session (fds)/pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu dilaksanakan di salah rumah keluarga penerima manfaat di Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Berlokasi di Giripurno diikuti 17 keluarga penerima manfaat (kpm) Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu, hadir juga beberapa lansia setidaknya dua orang namun kondisinya sehat.

Pendamping sosial fds PKH Kota Batu Delfi,”Materi yang disampaikan di family development session (fds)/pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) ialah pengelolaan keuangan keluarga. Salah satu sesi dari modul pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha,” ungkap delfi sapaan pendamping sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Batu.

Keluarga Penerima manfaat (kpm) Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial memperhatikan dengan antusias materi yang disampaikan oleh pendamping sosial PKH Kota Batu. Antusias tersebut terlihat dari fokus memperhatikan edukasi (pendidikan), setiap bahasan pengelolaan keuangan keluarga.

Bahasan pengelolaan keluarga mengambil peranan penting mengingat sebagian besar ibu-ibu keluarga penerima manfaat (kpm) mengambil andil dalam pengelolaan keuangan di rumah tangga masing-masing. Keuangan perlu diatur karena setiap keluarga penerima manfaat (kpm) memiliki kebutuhan dan juga keinginan, pendapatan maupun pengeluaran yang tentu berbeda.

Aspek perhitungan pendapatan dan pengeluaran juga penting dicermati setiap waktu. Bantuan PKH Kementerian Sosial yang keluar setiap tiga bulan sekali bisa ditabung untuk kebutuhan yang sifatnya mendadak dan penting, bukan digunakan untuk memenuhi keinginan yang sifatnya bisa ditunda bahkan dibatalkan.

Selain itu nampak pada pertemuan kelompok rutin bulanan, pendamping sosial Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Delfi beserta seluruh dampingan memegang produk usaha yaitu kripik bayam, rasanya gurih, halal, enak dan terjangkau.

Pekerja sosial supervisor

PKH Kota Batu

MochFerry Dwi Cahyono

081334439435

Apa Reaksi Anda?

Komentar