Iklan Banner Sukun

Speaking with Confidence

Dosen dan Mahasiswa UPN Veteran Jatim Tingkatkan Kepercayaan Siswa SMAN 20 Surabaya

Public Speaking SMA 20 Surabaya

Adaptasi Era New Normal merupakan hal terpenting untuk semua elemen masyarakat, terlebih masa pandemi menyebabkan perubahan tatanan kehidupan sosial yang sangat signifikan seperti pembatasan sosial hingga kegiatan belajar mengajar secara daring.

Selama dua tahun terkungkung dalam kegiatan Work From Home (WFH) dan Study From Home membuat masyarakat menjadi sering mengalami permasalahan kesehatan mental, seperti peningkatan kecemasan, kurang produktif, serta timbul rasa kepercayaan diri yang rendah.

Diperlukan kemampuan resiliensi sebagai kemampuan individu untuk beradaptasi secara positif dan efektif dalam menghadapi hal tersebut.

Untuk itu dosen dan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengusung tema “Speaking with Confidence”.

“Speaking with Confidence” merupakan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan pada Hari Senin, 25 April 2021.  Kegiatan ini mengusung tema ‘meningkatkan kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum’.

Kegiatan ini dilakukan di SMA Negeri 20 Surabaya, jl. Medokan Semampir Indah No.119, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Augustin Mustika Chairil, M.A. selaku dosen pendamping lapangan, dan 4 mahasiswa mata kuliah Public Speaking dari Prodi Ilmu Komunikasi, UPN ‘Veteran’ Jatim.

Dengan menghadirkan siswa-siswi OSIS dan MPK berjumlah 29 orang sebagai target pendampingan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi edukasi siswa-siswi mengenai bagaimana cara berbicara di depan umum, memperbaiki penyampaian ketika berbicara, serta menambah kualitas diri dalam menanggulangi rasa gugup.

Public Speaking SMA 20 Surabaya

Priyono selaku Kesiswaan menyatakan bahwa dirinya sangat bersyukur karena kegiatan ini dilakukan di SMA Negeri 20 Surabaya, ia berpendapat bahwa masa pandemi mengakibatkan siswa-siswinya kurang percaya diri karena jarang berinteraksi secara langsung dan selama lebih dari dua tahun siswa-siswi hanya melakukan kegiatan belajar secara daring.

“Program pengabdian ini dapat membantu siswa-siswi SMAN 20 Surabaya untuk meningkatkan kepercayaan diri, karena selama ini siswa-siswi terkungkung dalam kegiatan online dan sering kali gugup ketika diminta berbicara di depan umum”, tambahnya.

Kegiatan untuk menambah kepercayaan diri ketika berbicara di depan umum ini dikemas dengan asik dan diselingi dengan praktek, games serta ice breaking. Siswa-siswi diberikan kesempatan untuk mempraktekkan bagaimana menjadi reporter, MC, Penyiar Radio, serta pembawa acara formal. Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam, yakni dari pukul 09.00-11.00 WIB.

Danu, salah satu siswa sekaligus Ketua MPK SMA N 20 Surabaya mengatakan bahwa dirinya merasa terbantu dalam mengatasi kepercayaan diri.

“Saya punya keresahan dalam diri saya, karena sering ragu kalo disuruh mimpin rapat atau berbicara di depan umum. Dengan kegiatan ini saya merasa keresahan saya bisa terjawab, ohh gini to cara menghilangkan rasa gugup”, pungkasnya ketika memberikan pendapat mengenai kegiatan ini. (ted)

Augustin Mustika Chairil, S.I.Kom., M.A.
Lecturer and Researcher
Communication Science
Faculty of Social & Political Sciences
UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, East Java

Apa Reaksi Anda?

Komentar