Iklan Banner Sukun

Didukung Indodax, Begini Pengertian Metaverse dan Cara Kerjanya

Ilustrasi perbedaan Blockchain, Meta, dan Metaverse. (Sumber foto: Steve Johnson, unsplash)

JAKARTA – Teknologi metaverse saat ini tengah digandrungi masyarakat. Kehadiran teknologi virtual ini makin populer. Namun sebelum itu, perlu kita ketahui dahulu pengertian metaverse tersebut.

Kehadiran Metaverse yang juga menerapkan teknologi blockchain ini didukung salah satu perusahaan perdagangan kripto Indonesia, Indodax. CEO Indodax Oscar Dermawan mendukung penuh hal tersebut. Sebagai salah satu perusahaan exchanger crypto di tanah air, Indodax juga siap memberikan edukasi ke masyarakat tentang aset masa depan tersebut.

Pengertian Metaverse

Pengertian Metaverse adalah dunia komunitas virtual yang dibangun untuk saling terhubung antara satu dengan lain. Dalam komunitas virtual ini, orang dapat bertemu, bermain, bekerja bahkan bertransaksi jual beli seperti pada dunia nyata dengan bantuan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Transaksi dalam komunitas virtual ini biasanya menggunakan mata uang kripto sehingga banyak diartikan sebagai pengertian metaverse kripto.

  1. Menurut Bahasa

Secara bahasa metaverse berasal dari kata ‘meta’ dan ‘verse’. Meta berarti ‘melampaui’ dan verse yang bermakna ‘alam semesta’. Secara bahasa ini, metaverse juga bisa diartikan sebagai ruang yang berisi materi yang melampaui semua hal yang terlihat pada dunia nyata.

Sebenarnya, konsep Metaverse sendiri pertama kali dikenalkan pada novel Snow Crash tahun 1992 yang merupakan karya Neal Stephenson.

  1. Menurut para ahli

Sementara itu pengertian Metaverse menurut para ahli, seperti dari penulis esai Matthew Ball memprediksi bahwa Metaverse merupakan gerbang yang membawa manusia untuk bisa merasakan berbagai pengalaman digital dan bahkan akan menjadi platform yang bisa menyerap tenaga kerja baru.

CEO sekaligus pendiri Epic Games, Tim Sweeney juga mengemukakan pendapat mengenai pengertian Metaverse menurut para ahli yaitu sebagai media sosial 3D yang dapat diakses secara realtime. Melalui teknologi tersebut, orang-orang akan dapat membuat konten di dunia virtual dan saling berbagi konten tersebut.

Selain itu Victoria Petrock, seorang analis yang mengikuti teknologi baru berpendapat mengenai bahwa Metaverse ialah evolusi konektivitas di mana semua hal bisa mulai menyatu dalam alam semesta doppelganger yang sangat real. Hal ini akan membuat manusia bisa menjalani kehidupan virtual dengan cara yang sama seperti menjalani kehidupan fisik di dunia nyata.

Untuk bisa masuk ke dunia Metaverse, pengguna harus menggunakan teknologi yang khusus. Teknologi tersebut juga mencakup headset virtual reality, kacamata augmented reality, serta aplikasi dari smartphone atau dari perangkat lainnya yang bisa digunakan untuk menjangkau dunia metaverse tersebut.

Cara Kerja Metaverse Kripto

Cara kerja metaverse dengan masuk ke dalam dunia virtual yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Didalamnya juga terdapat unsur kehidupan yang tidak ubahnya seperti dunia nyata seperti bekerja, bermain, berteman, mengunjungi tempat tertentu, hingga membeli barang.

Di dalam teknologi dunia virtual ini, anda juga bisa melakukan berbagai transaksi jual beli yang biasanya menggunakan mata uang kripto.

CEO The Sandbox, Arthur Madrid mengungkapkan bahwa teknologi blockchain dan cryptocurrency akan memiliki peran besar dalam pertumbuhan metaverse di masa yang akan datang. Mata uang kripto akan menjadi alat transaksi di dunia digital tersebut. Jadi Metaverse kripto adalah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Cara kerja metaverse kripto sangat bergantung dengan internet sebagai akses utamanya. Tidak hanya itu, cara kerja metaverse juga didukung dengan berbagai perangkat canggih seperti headset dan kacamata VR atau AR yang khusus.

Dalam perkembangannya saat ini, berbagai produk yang mendukung AR dan VR juga akan semakin banyak seperti tangan robot hingga aplikasi perangkat lunak terbaru.

Saat ini Metaverse mungkin hanya tersedia dan menjadi proyek Facebook (Meta) saja. Akan tetapi di masa depan perusahaan besar seperti Microsoft dan Nvidia juga mulai membicarakan Metaverse.

Hal ini memungkin dunia metaverse akan berkembang pesat sekaligus memungkinkan pengguna untuk berteleportasi ke dunia yang berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain.

Didukung Indodax

Di Indonesia, industri metaverse telah menjadi salah satu aset yang populer. Sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi metaverse untuk aset investasi.

Masa depan industri metaverse ini juga didukung oleh kehadiran perusahaan-perusahaan lokal yang merambah ke dunia virtual. Ditambah juga dengan pemerintah yang mulai memanfaatkan industri Metaverse ini sebagai terobosan baru.

Salah satu perusahaan perdagangan kripto asli Indonesia, Indodax dalam hal ini mendukung keberadaan Metaverse. Bahkan, CEO Indodax Oscar Dermawan juga menyambut baik hal tersebut.

Oscar menilai bahwa sebagai salah satu pelaku industri di Indonesia, Metaverse menjadi isu penting yang akan memberikan peluang untuk kemajuan teknologi di dalam negeri.

“Kami siap memanfaatkan peluang ini. Ada banyak hal yang siap kami lakukan untuk menyambut baik,” kata Oscar Dermawan.

Menurut CEO Indodax ini, bentuk dukungan yang diberikan tersebut berupa mengedukasi masyarakat mengenai teknologi blockchain sebagai teknologi yang mendukung masa depan metaverse di Indonesia.

“Kami siap mengedukasi mengenai blockchain sebagai teknologi yang mensupport hal tersebut dan tentunya edukasi mengenai metaverse,” jelasnya.

Sebagai pendiri platform crypto exchange asli Indonesia, Oscar juga yakin bahwa developer blockchain lainnya juga siap untuk mengembangkan metaverse sesuai arahan dari pemerintah. Dia juga berharap agar pemerintah menentukan road map dan stimulus lainnya untuk dukungan terhadap teknologi metaverse ini.

Pihaknya juga siap untuk berkolaborasi dengan pihak manapun untuk membangun, mengembangkan dan mengokohkan ekosistem ini.

“Indodax mendukung dengan memberikan edukasi ke masyarakat awam seperti apa yang sudah Indodax lakukan selama ini di Indodax Academy. Kami juga berharap pemerintah bisa sama sama berkolaborasi dan mendukung terlaksananya hal ini dengan memberikan regulasi yang jelas, serta dukungan infrastruktur yang memadai,” ungkap Oscar Dermawan.

Dan itulah pembahasan seputar pengertian Metaverse yang mesti diketahui. Teknologi dunia virtual ini didukung oleh Indodax sebagai salah satu perusahaan perdagangan kripto yang memiliki 5,3 juta member terverifikasi. (ted)

 

 

 

 

 

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar