Iklan Banner Sukun

Cetak Keuntungan Lebih Besar, Ini 5 Manfaat Pinjaman Online bagi Bisnis

Pexels

Sekarang ini, siapa saja bisa dengan mudah mengajukan pinjaman online untuk atasi segala kebutuhan atau masalah keuangan. Butuh dana cepat untuk bayar tagihan bulanan, kebutuhan pokok, biaya rumah sakit, atau biaya pendidikan? Semuanya bisa ditangani oleh pinjaman online yang ditawarkan oleh perusahaan fintech terpercaya.

Pinjaman online menjadi produk keuangan primadona masyarakat bukan tanpa alasan. Syarat pengajuan mudah, proses kilat, dan bisa digunakan oleh semua kalangan merupakan beberapa alasan mengapa layanan kredit ini begitu populer. Tak terkecuali di kalangan para pengusaha seperti UMKM dan retail.

Manfaat pinjaman online bagi pengusaha memang tidak perlu diragukan lagi. Produk pinjaman ini dapat menjadi roda pelengkap yang mampu membuat perputaran kas bisnis menjadi lebih mulus dan menguntungkan.

Selain itu, ada juga 5 manfaat lainnya yang bisa didapat oleh bisnis saat memanfaatkan layanan aplikasi pinjaman online dengan tepat dan penuh pertimbangan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Bantu Tingkatkan Cash Flow

Dalam berbisnis, menjaga pengeluaran dan pemasukan agar tetap stabil adalah hal krusial. Mencatat jumlah uang masuk dan keluar sudah menjadi kebiasaan rutin dalam berbisnis. Beruntung kalau pebisnis mampu menjaga arus kasnya selalu positif setiap waktu.

Namun, namanya juga berbisnis, kadang kala penjualan tidak mencapai target atau muncul kebutuhan mendesak yang membuat pengeluaran melonjak. Nah, saat hal tersebut terjadi, daripada membuat arus kas berantakan, Anda bisa mengatasi flop tersebut dengan bantuan pinjaman online. Dengan begitu, bisnis akan mendapatkan tambahan modal sehingga mampu mempertahankannya lebih lama, dan bangkit dari kerugian.

  1. Sarana untuk Meremajakan atau Menambah Aset

Pinjaman online juga bisa dimanfaatkan untuk menambah aset agar bisnis lebih produktif. Selain itu, produk keuangan ini juga berguna untuk modal meremajakan aset yang telah usang atau sudah tua.  Dengan aset yang lebih banyak dan terjaga kualitasnya, dibarengi dengan penjualan yang sedang berapi-api, sudah pasti keuntungan bisnis akan berlipat ganda.

Dari keuntungan yang bertambah tersebut, Anda tentu tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara melunasi cicilan pinjaman online setiap bulannya, bukan? Setelah cicilan terlunasi, kenaikan keuntungan tetap didapatkan dan bisa diputar kembali untuk menambah aset ataupun mengembangkan sektor lain pada bisnis.

  1. Mampu Menjadi Nyawa Kedua bagi Bisnis

Dalam berbisnis, risiko kegagalan, kerugian, dan masalah lainnya tidak akan bisa sepenuhnya dihindari. Sebagai contoh, adanya pandemi seperti sekarang ini, kinerja di hampir semua sektor bisnis pasti terganggu. Jika pebisnis tidak memutar otak untuk mencarikan solusinya, sudah pasti usahanya akan gugur.

Ketika keuangan bisnis dalam keadaan kritis, Anda bisa menjadikan pinjaman online sebagai nyawa kedua agar bisa membangkitkannya kembali. Melalui pinjaman, Anda bisa mendapatkan suntikan dana untuk menghindarkan bisnis dari risiko kebangkrutan, seperti memenuhi biaya operasional atau membayar gaji karyawan. Yang terpenting, pastikan juga ada peluang pada bisnis untuk kembali bangkit dan mengembalikan cash flow seperti sedia kala.

  1. Menambah Modal Ekspansi Bisnis

Ekspansi bisnis selalu menjadi langkah yang berisiko bagi pengusaha karena alasan modal. Namun, saat bisnis tengah berkembang, melebarkan sayapnya dengan melakukan ekspansi sudah pasti menjadi langkah yang tepat untuk diambil. Jika kekurangan modal, jangan setengah-setengah mengajukan pinjaman online sebagai solusinya.

Membuka cabang, merambah pasar baru, dan aktivitas ekspansi bisnis lainnya tentu akan meningkatkan pemasukan dan keuntungan. Semakin bisnis tumbuh dengan pesat, potensi keuntungan yang bisa diteguk juga akan semakin menyegarkan. Jadi, jika dirasa sudah waktunya melakukan ekspansi bisnis namun terkendala biaya, pinjaman online bisa menjadi sarana untuk keluar dari masalah tersebut.

  1. Sebagai Dana Darurat

Sama halnya dengan keuangan individu, keuangan bisnis juga memerlukan dana darurat untuk mengatasi pasang surut penjualan. Cadangan uang dapat menutup kerugian yang diakibatkan oleh pengeluaran yang lebih besar ketimbang pemasukan.

Idealnya, dana cadangan pada bisnis sepatutnya berada di kisaran nominal yang mampu memenuhi kebutuhan operasional bisnis selama setidaknya 6 bulan. Jika dana darurat ini belum terkumpul namun bisnis sedang membutuhkannya, pebisnis dapat memperoleh bantuan dana dari pinjaman online.

Akan tetapi, pastikan bahwa beban cicilannya mampu dijangkau oleh keuangan bisnis dan bisa dilunasi setiap bulan dengan lancar. Jika tidak, hal ini hanya akan menjadi sumber nestapa bagi usaha dan mempercepat bisnis gulung tikar.

Percayakan Pengajuan Pinjaman Online pada Fintech yang Legal Saja

Mendengar istilah pinjaman online atau pinjol memang dapat membuat siapa saja merasa gentar. Namun, di balik segala risikonya, pinjaman online mampu menjadi sarana untuk meningkatkan kondisi keuangan atau produktivitas, termasuk pada bisnis. Yang terpenting, perhatikan daftar pinjol terbaik dari layanan yang resmi dan legal dari OJK saja agar bisa mendapatkan manfaat pinjaman online bagi bisnis di atas secara optimal dan meminimalisir risikonya. (ted)

 

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar