Bisa Cegah Covid-19, Ini Ragam Manfaat Vitamin D

Surabaya – Belum ada tanda akan berakhirnya pandemi Covid-19 di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Oleh karenanya, pemerintah meminta masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi wabah virus corona.

Tidak hanya itu, kita juga dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga, makan makanan bergizi, dan mengonsumsi vitamin. Hal ini dilakukan guna menjaga kekebalan tubuh supaya dapat terhindar dari paparan Covid-19.

Bicara soal vitamin, selain vitamin C dan zinc, vitamin D juga sangat direkomendasikan untuk pasien atau orang yang terpapar virus corona.

Vitamin D sendiri bisa didapatkan dengan berjemur di bawah pancaran sinar matahari selama 15 menit.

Sumber vitamin D juga bisa kamu dapatkan pada makanan-makanan seperti ikan, kuning telur, minyak ikan kod, udang, sereal, sarden, hingga minuman seperti susu.

Selain itu, kamu juga bisa memenuhi asupan vitamin ini dengan pilihan suplemen vitamin D terbaik, bisa berupa tablet, kapsul, tablet kunyah, serbuk, dan sirup.

Berikut beberapa manfaat vitamin D yang tidak boleh Anda lewatkan. Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otot, Tulang, dan Gigi

Vitamin D paling dikenal bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan dan memperkuat otot, tulang, dan gigi. Sebab, vitamin D memiliki peran dalam penyerapan kalsium dan pemeliharaan kadar fosfor dalam darah. Hal itulah yang membuat vitamin D berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta memperkuat otot. Selain itu, vitamin D juga dapat membantu mencegah risiko patah tulang dan osteoporosis.

  1. Mencegah Diabetes

Mengonsumsi vitamin D juga dapat membantu mencegah risiko terkena penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2. Jika asupan vitamin D sudah cukup terpenuhi, maka akan semakin rendah dari diabetes. Sebab, vitamin D juga dapat membantu tubuh memproduksi insulin, sehingga bisa mengurangi risiko resistensi insulin, yang mana dapat memicu terkena diabetes tipe 2.

  1. Mencegah Kanker

Buat kamu belum tahu, vitamin D memiliki manfaat lain yang cukup penting, yaitu mencegah atau mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker. Vitamin D memiliki efek anti karsinogenik yang membuatnya dapat menjauhkan kamu dari risiko kanker.

Vitamin D juga memiliki hormon aktif bernama calcitriol yang juga dapat mengurangi perkembangan sel kanker, mengurangi pertumbuhan, penambahan, dan penyebaran sel kanker.

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Vitamin D bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, serta dapat mendukung tumbuh kembang janin, dan juga baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Ibu hamil yang kekurangan vitamin D dapat terkena preeklamsia, diabetes gestasional, dan infeksi bakterial vaginosis. Namun, perlu diketahui juga, bahwa tidak baik jika kadar vitamin D pada ibu hamil terlalu tinggi. Sebab, akan mendatangkan risiko alergi makanan terhadap anak.

  1. Mencegah Depresi

Siapa sangka ternyata vitamin D juga memiliki manfaat untuk mencegah depresi. Karena vitamin D diklaim turut berperan dalam perkembangan dan fungsi otak. Seseorang yang memiliki kadar vitamin D tinggi, maka risiko terkena depresi akan berkurang. Begitu juga sebaliknya, jika kadar vitamin D rendah, risiko depresi, bahkan gangguan saraf dan otak akan meningkat.

Berapa Asupan Vitamin D yang Disarankan per Hari?

Dari berbagai manfaat yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga perlu tahu berapa banyak jumlah vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut anjuran kebutuhan harian vitamin D berdasarkan usia:

  • Usia 0-12 bulan: 400 IU per hari.
  • Usia 1-70 tahun: 600 IU per hari.
  • Usia 70 tahun ke atas: 800 IU per hari.

Apa Reaksi Anda?

Komentar