Iklan Banner Sukun

Belajar Bisnis Melalui Ujian Praktik di SMP Negeri 5 Sidoarjo

Murlan,S.Sn (Guru Seni Budaya SMP Negeri 5 Sidoarjo)

Sidoarjo (beritajatim.com) – Tepatnya tiga hari berturut-turut mulai dari tanggal 9, 10 dan 11 Mei 2022 yaitu hari Senin, Selasa dan Rabu di SMP Negeri 5 Sidoarjo melaksanakan Ujian Praktik. Sasarannya adalah para peserta didik kelas IX. Kegiatan tersebut adalah rutinitas setiap tahunnya, tahun lalu peserta didik membuat olahan khas masakan soto dan rawon dengan kombinasi berbagai mata pelajaran.

Kali ini peserta didik membuat minuman penambah imun tubuh. Karena melihat kondisi pasca pandemi, protokol kesehatan juga harus ketat, maka diperlukan minuman penambah imun untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap fit dan bugar.

Kepala SMP Negeri 5 Sidoarjo, Bapak Drs. Sunarto,M.Si yang baru menjabat 2 bulan itu sangat mendukung dan mensupport kegiatan tersebut, ”peserta didik harus diberikan bekal berwirausaha agar ke depan nanti bisa mengembangkan usahanya sampai sukses,” ungkap Bapak Sunarto.

Sumiati,S.Pd dan Kurniawati,S.Pd (Pengampu mapel Prakarya) mengimbuhkan untuk dapat menjadi orang sukses berwirausaha itu harus konsisten dan tidak mudah menyerah, karena kedua hal itu menjadikan bisnis atau usaha tetap berjalan.

Pengaplikasian ujian praktik yang dilakukan oleh SMP Negeri 5 Sidoarjo juga mendapat respon baik oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo. Jaman era digital ini peserta didik harus dibekali dengan ilmu bisnis yang baik untuk menunjang masa depan cemerlang.

Mungkin ada peserta didik yang memilih jalur menjadi pengusaha sukses. Inilah saatnya mengawali kariernya di bidang itu. Bisnis itu luas, tidak semua orang berani berbisnis. Ada modal banyak, namun belum tentu berani menggunakan modal itu untuk berbisnis.

Berbeda lagi dengan mental kuat dan berani memutuskan segala resiko. Mungkin dengan sedikit modal sudah bisa meningkatkan hasilnya dan meraup keuntungan. Jadi mental itu faktor utama menentukan keberanian berbisnis.

Jika mulai dini pengalaman bisnis diberikan kepada peserta didik, nantinya saat dewasa tidak akan kelabakan mencari pekerjaan. Terkadang sekarang masih malu-malu, suatu saat akan tidak malu lagi. Karena melalui bisnis hidup akan lebih bahagia dan menjanjikan sepanjang masa. [but]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev