Iklan Banner Sukun

Apa itu Point of Sale dan Manfaat Bisnis

Ilustrasi Pengguna Dompet Digital melalaui hape

Apa itu Point of Sale atau sering disingkat POS dan seberapa penting manfaatnya bagi bisnis kamu? Sehingga perusahaan modern pasti menggunakan POS.

Point of Sale atau aplikasi kasir merupakan sebuah sistem untuk merekam dan mencatat informasi agar semua tersusun dengan rapih dan mempermudah para pengusaha untuk membaca laporan keuangan pada bisnisnya.

Tapi itu baru garis besarnya saja, padahal Point of sale bukan saja mencatat data, tetapi juga memiliki pengaruh besar dalam segi penjualan di dunia pemasaran. Nah agar kamu semakin tahu tentang Point of sale dan bagaimana cara kerjanya, maka kita akan membahasnya.

Apa Itu Point of sales?

Point of sale atau POS merupakan tempat pembayaran para pelanggan dalam membeli sebuah produk. Biasanya POS berbentuk mesin, tablet, smarpthone, mesin EDC atau perangkat lainnya yang digunakan untuk transaksi di toko. Di Indonesia mungkin sebutan yang paling umum adalah mesin kasir.

Pada mulanya Point of sale ini bertujuan membantu dan memudahkan para pemilik bisnis dalam menjalankan transaksi. Karena sistem ini diprogram untuk menghitung dengan cepat, menyimpan uang, dan mencetak struk bagi konsumen.

Namun perkembangan teknologi informatika di dunia, maka aplikasi kasir terus mengalami perkembangan. Poin of Sale terus berevolusi menjadi tempat data konsumen. Dari menghitung laba dan rugi, bahkan untuk merekap laporan penjualan.

Saat ini POS bukan sekedar mesin kasir lagi. POS telah memanfaatkan internet dengan fitur-fitur yang mumpuni untuk membantu para pemilik usaha. Memiliki POS juga semakin mudah, tak perlu membeli alat khusus atau mesin kasir yang mahal.

Hanya dengan menggunakan smartphone atau pill, kamu sudah bisa membangun sistem POS sendiri untuk bisnismu.

Pentingnya Sistem point of Sale

Ketika kamu sudah mengetahui apa itu Point of Sale selanjutnya pasti ada pertanyaan penting nggak sih POS tersebut, apakah jika tidak menggunakan POS bisnis akan sulit berkembang? Apakah tanpa POS transaksi akan terganggu.

Untuk menjawab hal tersebut, tentu kamu harus mengingat bagaimana dahulu sebuah perusahaan melakukan pencatat data hanya untuk sebuah laporan. Selain memerlukan waktu yang lama juga memerlukan tenaga kerja yang tidak sedikit.

Ketika bisnis kamu masih kecil, dan kamu masih memegang semuanya, cara konvensional masih bisa dilakukan. Namun ketika bisnis kamu semakin besar dengan jumlah stok barang yang banyak, karyawan lebih dari dua, ditambah pelanggan yang antri, maka sudah saatnya menggunakan sistem manajemen modern.

Namun, sistem operasionalmu tidak akan efektif kalau kamu tidak ikut berkembang seiring berkembangnya era digital ini. Apalagi jika tokomu semakin besar dan semakin banyak jumlah barangnya.

Bayangkan saja, tanpa bantuan sistem POS kamu masih mencatat secara manual mulai dari stok, sampai catatan transaksi setiap harinya. Yakin semuanya akan terlaksana dalam waktu cepat? Sepertinya tidak.

Di sinilah pentingnya sistem POS yang akan menyingkat waktu para pemilik usaha dalam bekerja. Apa saja keuntungan dari sistem POS?

Keempat keuntungan di atas dilihat dari sisi penjual atau pemilik usaha. Bagaimana jika dilihat dari sisi pelanggan? Apakah sistem POS juga memiliki keunggulan bagi para pelanggan?

Tentu saja. Berikut adalah beberapa keunggulan POS bagi pelanggan kamu:

Mempermudah Pemesanan

Pastinya kamu sering melihat beberapa toko atau restoran yang menggunakan tablet untuk pemesanan produknya. Nah, teknologi tersebut masuk dalam sistem POS, lho!

Dengan adanya sistem point of sale ini, kamu akan dengan mudahnya memilih, membayar, menambah pesanan tanpa harus repot-repot memanggil pramusaji. Tinggal duduk saja dan makanannya datang, deh.

Apalagi jika tampilan yang dibuat dalam sistem sangat mementingkan estetika. Pastinya akan lebih menarik bagi consumer.

Fleksibel

Dengan adanya sistem POS, suatu toko tidak akan terpaku lagi dengan satu metode pembayaran saja. Hal ini akan membuat para pelanggan merasa lebih fleksibel untuk menggunakan berbagai cara pembayaran.

Update Kecanggihan

Walau point of sale telah memberikan kemudahan dan kecanggihan tapi teknologi terus berkembang, maka ada POS konvensional yag berkembang POS Cloud. Sistem POS pun akhirnya memiliki fitur cloud alias terhubung dengan internet. Cloud ini juga bisa diasosiasikan dengan penyimpanan statistics dalam bentuk digital dan yang pastinya aman.

Cloud ini berfungsi untuk melakukan back up statistics dari hard disk internal komputermu. Dengan adanya cloud yang terhubung dengan internet, sistem POS dapat diakses di mana saja, kapan saja, dan juga tak khawatir akan keamanan data.

Dilansir dari Forbes, berdasarkan statistics Hospitality generation’s 2018 point of income (POS) software developments file, sejumlah 61% pelaku bisnis ingin menggunakan sistem POS berbasis cloud.

Kecanggihan POS Cloud

  1. Akses data

Tradisional: data pada hard disk tradisional hanya bisa diakses saat itu juga dan harus diakses di tempat kerja. Artinya akses data hanya terbatas pada satu alat saja.

Cloud: POS yang berbasis cloud biasanya menggunakan aplikasi. Siapa pun yang ingin mengaksesnya hanya membutuhkan phone dan juga akses akun (username dan password) yang digunakan.

Tanpa harus datang ke tempat kerja, pemilik bisnis dapat mengedit serta mengontrol usahanya secara far off, dari mana saja.

  1. Risiko Kehilangan catatan

Tradisional: Karena statistics tersimpan hanya di satu alat saja dan tidak memiliki back up, sangat besar terjadinya risiko kehilangan catatan. Jika sistem bermasalah, data yang tersimpan di sana bisa sewaktu-waktu hilang.

Cloud: Risiko kehilangan dalam cloud POS pastinya ada. Akan tetapi, penjadwalan secara berkala akan meminimalisir kejadian tersebut Dengan adanya sistem returned up dan repair, akan jadi lebih mudah buatmu jika data yang hilang ingin dikembalikan.

  1. Biaya

Tradisional: Biasanya proses instalasi sebuah alat dan software program akan membutuhkan teknisi dan akan membuat biaya menjadi mahal. Belum lagi, biaya setiap bulan harus jadi pertimbangan penting bagi operasional bisnismu.

Cloud: Penggunaan EPOS (digital point of sales) biasanya berbasi aplikasi berbayar atau berlangganan yang dapat dibayarkan per tahun. Alat yang dibutuhkan pun tidak perlu terlalu canggih. Asalkan terkoneksi dengan aplikasinya, kamu sudah bisa meng-set up POS pilihanmu.

Bahkan, beberapa aplikasi EPOS bisa di-down load secara gratis, lho! Budget dari biaya instalasi bisa dialokasikan ke tempat lain seperti menambah alat POS yang lebih mumpuni.

Salah satu  perusahaan yang memberikan jasa point of sale adalah Majoo. Perusahaan ini menawarkan aplikasi kasir lengkap yang dibutuhkan oleh banyak pelaku usaha karena tingkat kemudahan dan lengkapnya fitur yang dimiliki.

Karena itulah Majoo terus mengembangkan bisnisnya ke beberapa kota besar di Indonesia seperti point of sale Surabaya, poin of sale Jakarta, Medan, Makasar untuk membantu pelaku usaha dan UMKM yang memiliki tantangan atau kesulitan terkait pencatatan dan laporan keuangan.

Dalam mengelola perusahaan beberapa UMKM mengalami kesulitan mengelola usahanya, seperti sulitnya mengontrol kas masuk dan kas keluar, mengatur manajemen karyawan, sulitnya mendapat akses permodalan, dan banyak lagi yang lainnya.

Dengan melakukan manajemen modern yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Salah satunya adalah melalui pemanfaatan fitur dan produk dari aplikasi kasir (POS) majoo android terbaik, aplikasi wirausaha yang mampu membuat UMKM di kota Surabaya menjadi lebih maju lagi.

Itulah beberapa penjabaran tentang point of sale yang bisa membantu pelaku usaha dalam operasional bisnisnya.


Apa Reaksi Anda?

Komentar