Iklan Banner Sukun

Apa Itu Aplikasi SAP dan Manfaatnya untuk Bisnis?

Salah satu tantangan bagi perusahaan yang sedang berkembang adalah meningkatnya produktivitas sehingga perusahaan harus mengoptimalkan efisiensi produksi.

Sulit bagi perusahaan untuk mendapatkan efisiensi produksi seperti ketepatan waktu dan keakuratan informasi jika masih menggunakan sistem manual.

Aplikasi SAP merupakan salah satu software Enterprise Resource Planning (ERP) kini menjadi solusi banyak perusahaan untukĀ  membantu mencapai efisiensi yang diinginkan.

Tujuan dari implementasi ERP adalah mengintegrasikan sistem yang sebelumnya terpisah dalam suatu perusahaan, seperti proses produksi, pemesanan bahan mentah, sampai pada proses pendistribusian.

Konsep ERP dijalankan sebagai sebuah aplikasi perangkat lunak yang di dalamnya memuat beberapa modul kerja. Aplikasi itulah yang nantinya akan dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengolah berbagai database yang ada di dalamnya secara efektif dan efisien.

Tidak seperti dulu, saat ini monitoring hingga manajemen aktivitas perusahaan sehari-hari sudah bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi SAP.

Apa itu SAP?

SAP atau juga dikenal dengan System Application and Product in Data Processing adalah sistem yang digunakan untuk mendukung kegiatan atau aktivitas yang berjalan dalam suatu organisasi secara otomatis sehingga efisiensi dan produktivitas bisa meningkat secara efisien.

Sistem aplikasi inventaris ini terdiri dari bermacam-macam modul yang mempunyai tugas masing-masing sesuai dengan perintah yang diberikan. Semua modul tersebut saling reintegrasi untuk menyajikan data yang akurat dan langsung kepada pengawasnya. Untuk lebih memahami apa itu aplikasi SAP serta manfaat-manfaatnya, Anda bisa melanjutkan menyimak artikel di bawah ini.

Keputusan untuk mengimplementasikan sistem ERP adalah perkara yang serius sehingga perusahaan perlu mempertimbangkannya secara matang sebelum mengambil keputusan jenis ERP mana yang akan digunakan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan salah satu jenis ERP yang telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

Pengertian Aplikasi SAP

Aplikasi SAP atau SAP adalah sebuah perangkat lunak yang berbasis ERP atau Enterprise Resources Planning yang digunakan untuk menjalankan manajemen aktivitas harian dari sebuah organisasi atau perusahaan.

Tujuannya jelas, SAP membuat semua aktivitas manajemen, pemantauan, dan pengolahan informasi menjadi jauh lebih efektif dan efisien dari sebelumnya.

Secara pengertian SAP merupakan salah satu software ERP terkemuka dunia yang dikembangkan untuk mendukung suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif.

SAP mendukung multi-tugas tingkat tinggi untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan. Kemampuan tersebut dikarenakan tersusun dari banyak modul untuk menjalankan semua fungsinya secara otomatis dan terintegrasi.

Pada awalnya, aplikasi SAP hanya mampu menangani urusan keuangan perusahaan saja. Namun seiring dengan perkembangan yang didapatkan, SAP saat ini sudah mampu menangani banyak tugas seperti mengontrol penjualan, produksi, manajemen persediaan, hingga manajemen SDM.

Tentu semuanya berkat modul yang terus ditingkatkan dan saling reintegrasi sehingga SAP dapat menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam setiap aktivitasnya.

Modul-modul dalam Aplikasi SAP

Sedangkan untuk modul-modul yang reintegrasi dalam aplikasi SAP sendiri adalah sebagai berikut:

  • Sales and Distribution

Modul yang pertama ini berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dalam aktivitas yang menyangkut urusan penjualan dan distribusi.

Fungsi yang dicakup antara lain adalah Prospect & Customer Management, Sales Order Management, Configuration Management, Distribution, Export Control, Shipping and Transportation Management, dan Billing, Invoicing, and Rebate Processing.

  • Material Management

Modul MM membantu mengelola bahan yang diperlukan, diproses, dan diproduksi di perusahaan. Berbagai jenis proses pengadaan dikelola dengan sistem ini.

Beberapa sub-komponen yang populer dalam modul MM adalah data master vendor, perencanaan berbasis konsumsi, pembelian, manajemen inventaris, verifikasi faktur, dan sebagainya.

  • Production Planning

Modul PP mencakup perangkat lunak yang dirancang khusus untuk perencanaan dan manajemen produksi. Modul ini juga terdiri dari data master, konfigurasi sistem, dan transaksi untuk menyelesaikan prosedur rencana produksi.

Modul PP berkolaborasi dengan data master, penjualan, dan perencanaan operasi, perencanaan sumber daya distribusi, perencanaan kebutuhan material, perencanaan biaya produk, dan sebagainya.

  • Quality Management

Modul QM membantu dalam manajemen kualitas dalam produksi di seluruh proses dalam suatu organisasi. ModulĀ  ini membantu organisasi untuk mempercepat bisnis mereka dengan mengadopsi cara terstruktur dan fungsional dalam mengelola kualitas dalam berbagai proses.

Modul QM berkolaborasi dalam pengadaan dan penjualan, produksi, perencanaan, inspeksi, pemberitahuan, kontrol, manajemen audit, dan sebagainya.

  • Human Resources

Berfungsi mengintegrasikan semua aktivitas yang berhubungan dengan kebutuhan pegawai seperti aplikasi pendaftaran, administrasi pegawai, manajemen waktu, hingga proses pembayaran gaji setiap bulannya.

Kualitas suatu perusahaan juga mencerminkan kualitas dari orang-orang yang bekerja di dalamnya. Oleh karena itu, berinvestasilah dengan aplikasi SAP sehingga bisa membuat proses SDM dalam perusahaan berjalan secara optimal.

  • Financial Accounting

Modul ini mengcover semua urusan Treasury dan keuangan perusahaan. Semua data keluar masuk keuangan akan dilaporkan secara langsung dan otomatis sehingga kegiatan monitoring menjadi lebih mudah.

Masih ada beberapa modul lain seperti Controlling, Asset Management, hingga Project System yang semuanya sudah reintegrasi. Lalu apa manfaat yang didapatkan dengan menerapkan aplikasi SAP?

Manfaat Aplikasi SAP

Ada tiga manfaat dasar yang bisa Anda peroleh dengan menerapkan SAP sebagai sistem manajemen perusahaan, yaitu:

  1. Meningkatkan Kecepatan Bisnis Perusahaan

Respons terhadap perubahan pasar bisa dengan cepat diketahui. Hal tersebut sangat penting mengingat setiap keputusan penting membutuhkan data yang akurat sebagai pedomannya.

  1. Meningkatkan Konsistensi dari Setiap Aktivitas Bisnis

Aplikasi SAP dapat memantau apakah SOP sudah dijalankan dengan baik atau belum. Selain itu, SAP dapat mengurangi kesalahan produksi dikarenakan Human Error.

  1. Meningkatkan Kualitas Bisnis

SAP mampu menyajikan informasi secara real-time sehingga keakuratannya tidak diragukan lagi. Di samping itu, SAP juga menyediakan alat analisis yang bisa digunakan untuk membaca data yang didapatkan tersebut.

  1. Menawarkan Solusi Khusus Bagi Perusahaan

Karena kebutuhan setiap perusahaan berbeda, setiap perusahaan mendapatkan sistem yang disesuaikan dengan mempertimbangkan kebutuhan operasional dan departemen mereka.

SAP dikenal sebagai Sistem ERP yang sederhana, mudah digunakan bagi setiap karyawan dan fleksibel karena terdapat modul sistem yang berbeda untuk masing-masing departemen yang berbeda. Keunggulan lainnya adalah sistem ini tersedia melalui ponsel sehingga karyawan atau manajemen dapat menggunakan perangkat lunak dari mana saja.

  1. Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi

Dengan informasi real-time, karyawan dapat melakukan lebih banyak pekerjaan dan menangani permintaan pelanggan lebih cepat. Departemen yang berbeda dapat berkomunikasi secara efektif karena semua informasi selalu up-to-date.

Selain itu, karyawan juga dapat menggunakan sistem manajemen rantai pasokan untuk memantau inventaris. Mereka dapat melacak transaksi antara bisnis, pemasok, dan pelanggan.

Pelanggan juga dapat terhubung dengan perusahaan karena mereka dapat melakukan pemesanan, membayar, dan melacak barang-barang mereka. Sistem hubungan pelanggan ini juga memastikan perusahaan dapat meningkatkan layanan pelanggannya.

  1. Hemat Biaya

Perusahaan dapat beroperasi di setiap departemen. Hal ini mengurangi biaya tenaga kerja dengan memastikan semua orang bekerja pada waktu yang tepat serta mengurangi biaya administrasi.

Terdapat pula kontrol untuk mengisi kembali persediaan sehingga dapat mengurangi biaya persediaan. Hal ini juga bisa mencegah kelebihan persediaan barang yang tidak perlu.

Selain mengurangi biaya kepatuhan, perangkat lunak dapat memastikan pendapatan yang masuk karena pelanggan menggunakan sistem tanpa batas untuk memesan dan membayar barang.

  1. Analisis dan Pelaporan Data

Bagi perusahaan besar dengan tingkat produktivitas tinggi, sulit untuk mengandalkan orang untuk memberikan analisis dan laporan data yang akurat. Kesalahan manusia dapat menghabiskan banyak uang untuk perusahaan.

Dalam hal ini, aplikasi SAP mengurangi risiko karena tidak ada duplikasi data. Aplikasi SAP juga menyediakan laporan secara real-time dari segala sesuatu yang terjadi dalam bisnis, seperti memberikan analisis risiko dan laporan kinerja dan memperbarui transaksi dan perubahan inventaris saat terjadi.

  1. Mempertahankan Operasi yang Konsisten

Dengan sistem ini, manajer mengarahkan semua departemen untuk mencapai tujuan yang sama. Hal ini dapat mempercepat proses pengambilan keputusan.

Perusahaan juga dapat membuat pembaruan sistem secara terpusat dan ini berlaku untuk setiap departemen. Selain itu, sistem mengelola bisnis global sehingga dapat menyelesaikan nilai tukar mata uang asing dan memungkinkan kelompok perusahaan untuk berkomunikasi.

Rekomendasi Aplikasi SAP Terbaik

Aplikasi SAP dari Mekari adalah Perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) terdepan yang menyediakan solusi automasi bisnis berbasis cloud untuk mendukung perkembangan berbagai bisnis di Indonesia, dari kecil sampai besar, melalui penggunaan teknologi.

Mekari hadir sebagai solusi automasi berbasis cloud yang terlengkap dan terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas berbagai operasional bisnis seperti pengelolaan HR, akuntansi, perpajakan, benefits, komunikasi, dan customer relations.

Saat ini Mekari telah dipercaya oleh 35,000+ di lebih dari 20 kota dengan jumlah pengguna sekitar 450,000+ user.

Manfaat Menggunakan Aplikasi SAP dari Mekari

Aplikasi SAP dari Mekari tentu saja memiliki beragam manfaat, di antaranya:

  • Software Payroll & HRIS Terautomasi
    Merupakan proses administrasi HR dan payroll yang menjadi lebih efisien melalui automasi.
  • Software Akuntansi Online Terintegrasi
    Dapatkan data transaksi, stok barang, dan laporan keuangan secara real-time.
  • Software Pengelolaan Pajak Online
    SAP dari Mekari merupakan salah satu mitra resmi DJP Indonesia dengan standar keamanan bersertifikasi internasional.
  • Aplikasi Personalisasi Benefit
    Pihak HR bisa mengelola asuransi dan program benefit karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Software CRM Omni-channel
    Aplikasi CRM end-to-end untuk automasikan sistem penjualan & layanan pelanggan.
  • Mengendalikan Operasional Bisnis
    Melalui aplikasi SAP, Anda bisa mengendalikan jalannya operasional pada perusahaan Anda secara konsisten dan terhindar dari kesalahan manusia (human error)
  • Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis
    Informasi yang Anda dapatkan bisa dilihat secara real-time sehingga proses decision making dalam bisnis dapat dilakukan lebih cepat dan akurat karena sudah sesuai dengan kondisi saat itu.

Dengan berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui Mekari, produk dan solusi teknologi yang ditawarkan oleh Mekari kini telah menjadi pilihan bagi puluhan ribu perusahaan yang membutuhkan solusi pengelolaan SDM dan finansial berbasis komputasi awan, dengan mayoritas penggunaannya berasal dari sektor UMKM.

Demikianlah penjelasan mengenai aplikasi SAP dan manfaat penerapannya. Dengan Anda memahami apa itu SAP dan manfaatnya, Apakah Anda sudah tertarik untuk menerapkannya di perusahaan?

Tenang saja, dengan hadirnya Jurnal sebagai platinum partner SAP Indonesia, maka Anda dapat mewujudkannya pada perusahaan Anda!

 

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar