Anggota DPR-GP Ansor Tanam Pohon Produktif di Tambakboyo Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Sedikitnya, puluhan Pengurus Anak Cabang GP Ansor bersama beberapa elemen masyarakat Desa Mander Tambakboyo menggelar gerakan penanaman 1000 pohon berupa tanaman produktif, di antaranya; alpukat, petai, dan jeruk.

Program ini bertujuan untuk meminimalisir pemanasan global dan memberi penyadaran kepada masyarakat sekitar akan banyaknya potensi pemanfaatan lingkungan dengan baik dan produktif.

Acara yang bertemakan “Bakti Sosial Penanaman Bibit Prodiktif” tersebut, dibuka secara simbolis oleh Ketua PAC GP Ansor Tambakboyo, M. Nur Hudiyana yang bertempat di halaman yayasan pendidikan Manba’ul Ulum Dusun Pule Desa Mander Tambakboyo. Kamis, 19 Maret 2020.

Menurut Nur Hudiyana, gerakan ini adalah salah satu bentuk kepedulian dari GP Ansor Tambakboyo terhadap peningkatan ekonomi kerakyatan dan kelestarian lingkungan.

Ia menyebutkan, bahwa secara ekonomi benih tersebut jika berbuah dan bertumbuh normal akan mempunyai nilai jual yang tinggi dan meminimalisir potensi bencana alam.

“Kelestarian lingkungan akan mengurangi pemanasan global, banjir dan erosi,” ungkapnya.

Tidak hanya anggota badan otonom (banom) NU, acara ini juga dihadiri dan difasilitasi oleh salah satu Anggota Dewan komisi IV DPR RI, Farida Hidayati.

Baginya, program tersebut juga menjadi refleksi bagi masyarakat sekitar dalam mengaplikasikan nilai-nilai dasar dari konektivitas antara manusia dengan alam (hablum minal alam) yang harus disadari dan dijaga bersama.

“Sebagai kader muda organisasi kemasyarakatan terbesar di Indonesia, GP Ansor harus pro-aktif untuk membuat gerakan-gerakan yang bermanfaat bagi masyarakat, ini salah satunya. GP Ansor juga dapat bekerjasama dengan kelompok pemuda yang lain, seperti Karang Taruna,” ujar Farida.

“Kami sebagai wakil rakyat siap untuk menjembatani program-program terkait kepada pemerintah,” tambahnya.

Di sela-sela kegiatan, panitia juga membagikan sebagian pohon ke warga sekitar. [sya/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar