Iklan Banner Sukun

Absensi Online: Pengertian, Keunggulan serta Rekomendasi Aplikasi Terbaik!

Surabaya (beeitajatim.com) – Absensi online adalah solusi paling praktis yang akan memudahkan karyawan dan perusahaan dalam mengakses sistem presensi. Absensi sendiri merupakan hal penting yang harus di data secara akurat karena berhubungan dengan kehadiran dan ketidakhadiran karyawan.

Secara umum, dengan memanfaatkan aplikasi absensi berbasis online maka hal itu akan memberikan banyak keuntungan, baik bagi perusahaan maupun karyawan.

Berbeda dengan absensi manual, penggunaan absensi secara online dianggap lebih efisien, baik dari segi waktu maupun biaya.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang absensi berbasis online, termasuk apa saja manfaat dan keuntungan, keunggulan serta fitur yang ada di dalamnya, berikut adalah ulasan lengkapnya.

Mengenal Lebih Lengkap Mengenai Absensi Online
Sebelumnya telah sedikit dibahas mengenai absensi berbasis online yang menjadi solusi praktis dalam sistem presensi perusahaan.

Secara garis besar, absensi berbasis online ini bisa diartikan sebagai sistem pencatatan kehadiran dengan bantuan platform atau aplikasi yang terkoneksi jaringan internet.

Melalui sistem tersebut maka presensi karyawan bisa terhubung langsung secara real-time dengan database yang ada di perusahaan. Dengan begitu, maka hasil pendataan dan pencatatan akan jauh lebih praktis dan akurat.

Dalam pelaksanaanya, sistem absensi berbasis online ini juga memanfaatkan sistem cloud yang menjadikannya terhubung secara real-time.

Hal tersebut akan membuat hasil pencatatan mudah untuk diakses sesuai kebutuhan selama terkoneksi dengan jaringan internet.

Pentingnya Menggunakan Sistem Absensi Online

Penggunaan aplikasi untuk absensi karyawan secara online akan memudahkan tugas HR sehingga lebih efisien, terutama dalam hal pencatatan dan pendataan kehadiran karyawan. Pasalnya jika pencatatan tersebut dilakukan secara manual maka akan sangat menyita waktu dan tenaga.

Bahkan jika perusahaan menggunakan mesin fingerprint, hal itu belum cukup memadai untuk mencatat kehadiran karyawan.

Karena di dalamnya hanya mencatat waktu masuk dan pulang saja tanpa dilengkapi fitur lainnya yang terintegrasi dengan sistem secara otomatis.

Namun dengan menggunakan sistem absensi berbasis online, maka kehadiran karyawan di perusahaan bisa dipantau secara mudah dan praktis di dalam satu aplikasi. Baik data kehadiran saat masuk, keluar maupun jam istirahat.

Dengan adanya sistem absensi secara online ini maka tim HR bisa lebih fleksibel dalam merencanakan, mengatur serta mengelola jam kerja karyawan. Termasuk dalam hal mengatur libur, cuti karyawan, shift tugas dan lain sebagainya.

Aplikasi absensi yang bisa diakses secara online tersebut juga memudahkan tim HR dalam kegiatan penghitungan gaji berdasarkan kehadiran, jam kerja, lembur dan cuti. Karena semua data kehadiran sudah terintegrasi secara otomatis dengan sistem payroll perusahaan.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Absensi Online
Saat ini hampir semua perusahaan menerapkan teknologi digital yang terbukti efektif untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahaan.

Termasuk dalam hal absensi karyawan yang diaplikasikan dengan beberapa manfaat dan keuntungan seperti berikut:
1. Meningkatkan Efisiensi serta Produktivitas Karyawan
Penggunaan sistem absensi manual dianggap kurang praktis karena cukup menyita waktu. Namun dengan adanya form absensi online, berbagai keperluan yang berkaitan dengan presensi karyawan bisa dengan mudah dilakukan.

Karena di dalam sistem tersebut sudah tersedia fitur lengkap yang memungkinkan karyawan untuk mencatat kehadiran secara lebih praktis dan real-time. Dengan begitu, maka bisa meningkatkan efisiensi serta produktivitas kerja.

2. Membantu Akurasi Data untuk Keperluan Payroll
Perusahaan selalu dituntut untuk menciptakan sistem kerja yang efektif dan efisien sehingga dibutuhkan keakuratan data dalam kegiatan bisnis.

Termasuk data kehadiran karyawan yang bisa diakses secara mudah dan akurat sehingga bisa dijadikan acuan untuk keperluan payroll.

3. Menciptakan Transparansi yang lebih Baik
Penggunaan sistem absensi berbasis online akan memberikan manfaat bagi perusahaan karena mampu menciptakan transparansi data yang lebih baik.

Hasil pencatatan yang bersifat real-time akan meminimalisir terjadinya kesalahan data pada kehadiran karyawan dan payroll.

4. Memudahkan dalam Pembagian dan Perencanaan Tugas
Aplikasi absensi online berbasis web yang digunakan oleh perusahaan akan memudahkan dalam pembagian serta perencanaan tugas karyawan.

Melalui aplikasi tersebut perusahaan bisa mengetahui tren kerja di perusahaan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan.

Karena fitur yang tersedia di dalam aplikasi absensi ini tidak hanya terbatas pada pencatatan kehadiran saja tetapi juga pengaturan jam lembur, akses pembagian tugas dan lain sebagainya. Dengan begitu maka perencanaan kerja jadi lebih mudah dan sistematis.

Keunggulan Absensi Online Dibandingkan Sistem Absensi Manual
Penggunaan aplikasi absensi berbasis online dianggap sebagai solusi paling praktis yang akan membantu meningkatkan efektivitas maupun efisiensi di perusahaan. Hal ini tidak terlepas dari beragam keunggulan aplikasi tersebut, diantaranya adalah seperti berikut:
1. Bisa Diakses dengan Mudah dan Fleksibel
Karena memanfaatkan jaringan internet, maka penggunaan aplikasi bisa diakses dengan mudah dan fleksibel, kapan saja dan di mana saja. Dengan sistem ini maka perusahaan bisa memantau kehadiran karyawan secara praktis.
2. Terintegrasi dengan Sistem Payroll
Hanya dengan menggunakan aplikasi absensi online, perusahaan juga lebih mudah dalam menghitung gaji karena semua sudah terintegrasi secara otomatis dan cepat dengan sistem payroll. Baik berupa data kehadiran, cuti, maupun lembur.
3. Sistem yang Otomatis, Real Time dan Akurat
Penggunaan sistem absensi secara online ini sudah terintegrasi dengan database perusahaan sehingga pengelolaannya bisa lebih praktis.
Dengan cara ini maka absensi karyawan serta data yang dibutuhkan dapat diakses melalui satu aplikasi secara real-time dengan hasil akurat.
4. Hemat Waktu dan Efisien
Penggunaan aplikasi absensi berbasis online ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, terutama yang berhubungan dengan data kehadiran karyawan. Hanya dengan membuka aplikasi, data kehadiran karyawan bisa diakses secara mudah.

Aplikasi Absensi Online dari Talenta Solusi Terbaik untuk Bisnis Anda
Talenta by Mekari merupakan salah satu produk yang disediakan untuk mempermudah proses administrasi HR melalui penggunaan aplikasi yang berkualitas.

Salah satu fitur penting yang akan membuat kegiatan administrasi semakin efektif dan efisien adalah pengelolaan absensi secara online.

Pada aplikasi ini tersedia dashboard perencana jam kerja yang sangat praktis dan mudah untuk digunakan.

Dengan demikian maka pengelolaan jam kerja karyawan akan jauh lebih efektif dan efisien. Hal ini tentu lebih praktis dibandingkan pencatatan dan perencanaan jam kerja secara manual.

– Pengelolaan Absensi lebih Efisien
Aplikasi absensi yang disediakan secara online ini akan membuat pengelolaan absensi karyawan jauh lebih mudah dan praktis. Selain itu, data yang tersimpan akan terhindar dari resiko kesalahan input seperti yang sering terjadi pada sistem absensi manual.

Cara absensi online pada sistem ini sangat mudah dan praktis, karena karyawan bisa mencatat kehadiran melalui perangkat mobile atau smartphone. Sementara perusahaan bisa dengan mudah memantau kehadiran karyawan secara real-time melalui aplikasi tersebut.

– Manajemen Cuti lebih Transparan
Dengan memanfaatkan aplikasi absensi Mekari Talenta maka hal itu akan membuat manajemen cuti jauh lebih mudah dan transparan. Karena pengajuan cuti bisa dilakukan melalui aplikasi mobile secara online.

Sementara sisa cuti yang menjadi hak karyawan akan langsung terupdate secara otomatis dan terintegrasi dengan sistem payroll perusahaan. Hal ini tentu saja akan membuat kinerja HR menjadi lebih efektif dan efisien.

– Pengelolaan Shift Kerja lebih Cepat
Penggunaan aplikasi absensi yang bisa diakses secara online ini akan memudahkan pengelolaan shift kerja karyawan sehingga lebih cepat dan praktis. Selain itu, sistem perhitungan gaji berdasarkan shift juga langsung di update secara otomatis.

– Pengelolaan Lembur lebih Akurat
Aplikasi absensi yang tersedia secara online ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur menarik. Salah satunya adalah persetujuan lembur secara fleksibel dan berjenjang yang terintegrasi secara otomatis dengan sistem payroll perusahaan.

Melalui aplikasi ini maka penghitungan gaji akan lebih mudah karena dilakukan berdasarkan data kehadiran karyawan, cuti maupun lembur yang dijalani oleh karyawan. Sistem pembaharuan data secara otomatis dan real-time membuat proses payroll semakin mudah.

Dengan menggunakan sistem absensi online dari Mekari, kegiatan administrasi di perusahaan akan lebih efektif dan efisien. Selain itu, potensi kesalahan akibat adanya human error juga bisa diminimalisir dengan baik sehingga data yang tersimpan lebih akurat.

Sementara penggunaan bank data berbasis cloud pada aplikasi absensi ini akan memudahkan dalam pencarian serta pembaharuan data. Semua data juga tersebut sudah terintegrasi dengan sistem payroll secara otomatis dan real time.

Fitur Absensi Online Mekari Talenta
Penggunaan aplikasi absensi secara online dari Mekari Talenta merupakan solusi terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas administrasi HR di perusahaan. Hal ini tidak terlepas dari ketersedian fitur yang telah disematkan pada aplikasi tersebut, diantaranya adalah:
1. Terhubung dengan Fingerprint
Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan pada aplikasi ini memungkinkan mesin fingerprint perusahaan untuk terhubung dengan Talenta. Sehingga perusahaan bisa lebih mudah dalam memantau kehadiran, kepulangan, serta keterlambatan karyawan.

2. Fitur Face ID dan GPS
Fitur ini sangat berguna untuk membuktikan secara real time kehadiran karyawan di perusahaan melalui scanning wajah dan GPS. Tentu saja fitur ini mampu menghasilkan data kehadiran karyawan secara lebih akurat.

3. Laporan Absen Mandiri
Fitur ini sangat bermanfaat bagi karyawan maupun perusahaan, terutama untuk mengetahui perkembangan absensi karyawan dari waktu ke waktu. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam perencanaan dan pembagian tugas.
Sementara dari sisi karyawan laporan kehadiran tersebut bisa menjadi motivasi tersendiri. Sehingga diharapkan bisa hadir tepat waktu secara konsisten untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja.

4. Fitur Break In dan Break Out untuk Mengatur Jam Istirahat
Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengatur dan mengelola jam istirahat karyawan dengan mudah dan fleksibel. Hanya dengan menambahkan durasi dan waktu istirahat saja, pengelolaan jam istirahat bagi karyawan akan semakin efisien.

5. Time Tracker untuk Meningkatkan Produktivitas
Untuk keperluan monitoring maupun pengontrolan tugas karyawan akan jauh lebih efisien dengan adanya fitur time tracker atau timesheet. Selain itu juga dilengkapi dengan informasi aktivitas karyawan secara akurat sehingga membantu meningkatkan produktivitas.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa absensi online merupakan sebuah perangkat lunak berbasis mobile dan web yang berfungsi untuk mengatur serta mengelola absensi karyawan secara lebih praktis. Dengan sistem yang terintegrasi payroll, maka penghitungan gaji akan lebih mudah.

Jika dibandingkan dengan sistem absensi manual, jelas penggunaan absensi online lebih unggul dan menguntungkan. Untuk pencatatan kehadiran secara lebih praktis, akurat dan real-time, Anda bisa mempercayakannya pada aplikasi Mekari Talenta.


Apa Reaksi Anda?

Komentar