Iklan Banner Sukun

8 Cara Mengatasi Laptop yang Terus Mengeluarkan Bunyi

Apakah laptop Anda pernah mengeluarkan bunyi atau suara seperti mesin? Umumnya hal tersebut terjadi ketika laptop baru saja dinyalakan, atau ketika laptop sudah terlalu lama menyala. Laptop yang sudah menyala dalam waktu yang lama akan terasa panas kemudian mengeluarkan suara mesin. Mengapa hal tersebut terjadi? Rupanya, bagian yang menyebabkan laptop berbunyi adalah kipasnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan kipas laptop berbunyi, di antaranya adalah kipas rusak, kipas kotor, dan kipas yang harus bekerja dengan ekstra.

Di samping itu, rupanya spesifikasi dari laptop juga dapat menjadi penyebab hal tersebut timbul. Laptop dengan spesifikasi yang kurang mumpuni umumnya akan cepat panas ketika digunakan, sehingga kipas juga lama kelamaan akan berbunyi. Untuk menghindari kondisi laptop seperti itu sebelum membeli, sebaiknya Anda memperhatikan dengan teliti spesifikasi laptop yang ingin Anda beli. Pastikan bahwa laptop yang akan Anda beli memiliki spesifikasi yang baik. Contohnya seperti Infinix Inboox X2 yang kini dapat Anda temukan di toko elektronik langsung, atau platform jual beli online seperti Blibli.

Selain memperhatikan spesifikasi laptop, Anda juga harus selalu memperlakukan atau merawat laptop Anda dengan baik. Jika laptop mulai mengeluarkan bunyi bising, ada beberapa hal yang harus segera Anda lakukan. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

1. Memeriksa Suhu Laptop

Cobalah untuk mencari tahu informasi mengenai suhu laptop Anda. Cobalah untuk memeriksa hardware dan kinerja sistem laptop Anda dengan membuka Task Manager. Selain itu, Anda bisa menggunakan aplikasi pengukur suhu untuk mengetahuinya.

2. Defrag

Suara bising yang timbul dari bagian kipas laptop bisa jadi disebabkan karena beban kerja pada prosesor terlalu berat. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa kinerja dari laptop tersebut. untuk menurunkan kecepatan kerja dari laptop, Anda dapat mendefrag laptop. Jika hal ini dilakukan secara rutin, maka laptop dapat bekerja dengan optimal. Cara ini juga dapat memberikan sebuah penyegaran pada RAM dan HDD yang Anda gunakan di laptop.

3. Membongkar Laptop

Langkah ini bisa Anda lakukan, apabila penyebab kipas laptop berisik adalah banyaknya debu dan kotoran yang menempel pada baling-baling kipas laptop. Sebab, ketika debu dan kotoran menempel, maka kinerjanya menjadi berat. Letak dari kipas laptop memang berbeda-beda, oleh karena itu, Anda harus memeriksa informasi produk supaya dapat menemukannya dengan mudah.

4. Mengolesi CPU dengan Pasta Thermal

Supaya menjaga prosesor tetap dingin sehingga dapat terus bekerja dengan baik, laptop harus dilengkapi dengan pendingin. Pendingin tersebut umumnya akan menempel di bagian samping kipas. Akan tetapi, pendingin tersebut lama kelamaan akan habis.

Pendingin yang dimaksud tersebut adalah pasta thermal. Fungsinya adalah untuk menyalurkan panas yang dihasilkan ketika laptop sedang digunakan, dari prosesor ke heatsink. Langkah ini bisa Anda coba lakukan ketika laptop sudah sering panas dan mengeluarkan bunyi.

5. Memeriksa Aplikasi

Banyak orang yang tidak sadar ketika aplikasi yang tidak terpakai tetap menyala. Akibatnya, laptop akan bekerja secara berat saat aplikasi berjalan. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada kipas laptop, sehingga akan bekerja lebih berat. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menghentikan semua aplikasi yang tidak Anda gunakan.

6. Meningkatkan OS

Langkah selanjutnya adalah dengan meningkatkan OS. Cobalah untuk menginstal OS yang lebih tinggi dari OS yang Anda gunakan. Mengunduh OS terbaru dapat membantu meningkatkan performa laptop, sehingga kinerjanya menjadi lebih baik.

7. Menggunakan Software Pengukur Kecepatan Kipas

Dengan memasang aplikasi pengukur kecepatan kipas laptop, maka akan menjaga kecepatan kipas laptop tetap terkendali. Driver hardware yang dipasang dalam keadaan default sering kali membuat kipas bekerja lebih dari yang seharusnya. Sehingga menyebabkan laptop menjadi berisik, kenyamanan pun dapat terganggu. Melalui pengunduhan software ini, Anda dapat mendeteksi perubahan yang tidak lazim yang mungkin terjadi di laptop Anda.

8. Membawa ke Pusat Service

Jika berbagai cara sudah Anda lakukan supaya kipas laptop menjadi normal tetapi tidak membuahkan hasil, maka kerusakan yang terjadi pada hardware kipas mungkin sudah parah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa laptop tersebut ke pusat service. Nantinya, akan dicari tahu lebih lanjut kerusakannya. Bisa jadi Anda harus mengganti perangkat kipasnya dengan yang lebih baru.

Itulah 8 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang berbunyi akibat kipas laptop. Sebelum membeli laptop, pastikan Anda sudah mengetahui dengan jelas bagaimana spesifikasi dari laptop Anda. Gunakanlah dengan baik dan merawatnya dengan benar. Anda juga dapat menambahkan aksesoris baik software maupun hardware yang dapat menunjang kinerja laptop lebih baik tetapi tetap aman. Akan tetapi, pastikan Anda selalu membeli di tempat elektronik terpercaya. Baik toko-toko elektronik di supermarket, maupun platform jual beli online seperti Blibli.


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev