5+ Aplikasi HR System dengan Sistem Terintegrasi yang Akurat

Foto: ilustrasi

Surabaya – HRIS atau HR System merupakan sebuah software yang dibuat khusus untuk mengatur seluruh tata kelola SDM dalam suatu perusahaan. Software ini sangat penting, karena bisa saja dibutuhkan saat ingin mengambil keputusan terkait karyawan. Mula-mula software ini sering digunakan perusahaan besar saja, namun sekarang UKM pun sudah mulai menggunakannya.

Hal tersebut seiring dengan banyaknya jenis usaha yang mulai berkembang dan banyaknya tenaga kerja yang dipekerjakan. Untuk mempermudah pengolahan data tentang para tenaga kerja, maka sebaiknya menggunakan HRIS atau sistem HR. Perkembangan teknologi membuat software HR juga semakin mudah ditemukan dan diakses.

Apa yang Dimaksud HR System?

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat di awal, HR System merupakan suatu aplikasi, software atau sistem dalam aspek bisnis. Sistem ini biasanya digunakan untuk mengatur semuda data mengenai sumber daya manusia (karyawan) yang ada. Aplikasi ini tentu sangat dibutuhkan dalam suatu instansi bisnis, khususnya pihak divisi HR (Human Resource).

Software HR ini dapat memberikan banyak manfaat bagi pekerjaan divisi HR dalam mengelola data karyawan. fitur pada aplikasi tersebut juga tergolong banyak, sehingga bisa mendukung seluruh tugas HR dengan maksimal. Beberapa fungsi yang bisa dikerjakan memanajemen budget, dan menjaga sekaligus menyimpan informasi dengan baik.

Pentingnya HR System dalam Bisnis

Dalam berjalannya sebuah bisnis, sistem HR harus selalu tersedia guna mempermudah proses pengelolaan data. Sistem ini telah dirancang khusus dengan banyak fungsi, sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga divisi HR saat menjalankan tugasnya. Perlu diketahui, sistem HR atau HRIS memiliki beberapa peranan penting dalam bisnis.

Peran penting HR System meliputi penggajian, rekrutmen, suksesi jabatan, serta manajemen performa, kompetensi, dan waktu kerja. Dalam penggajian, sistem ini mampu menyimpan dan memproses semua informasi karyawan dengan cepat dan akurat. Dengan begitu, proses penggajian serta pembuatan laporan dan slip gaji bisa berjalan otomatis.

Pada sesi rekrutmen, HRIS bisa membantu HR untuk mendapat kandidat berkualitas bagi bisnis serta memantau perkembangan kandidat secara berkala. Sama seperti pemilihan kandidat, aplikasi ini juga sangat membantu dalam memilih orang yang akan menempati suatu jabatan. Terakhir, pada bagian manajemen, HRIS bisa membantu pengelolaan performa, kompetensi, dan waktu kerja para karyawan.

Rekomendasi Aplikasi HR System Terbaik

Software HR kini bisa ditemukan dengan mudah dan layanannya pun terdiri dari banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dari segi biaya, Anda bisa memilih untuk menggunakan aplikasi gratis total, gratis bersyarat, maupun berbayar. Namun sebelum itu, Anda perlu memperhatikan kelengkapan dan kesesuaian fitur dengan kebutuhan bisnis.

Aplikasi gratis juga menyediakan fitur HRIS yang bagus, akan tetapi fitur tersebut biasanya kurang lengkap. Supaya Anda bisa menikmati fitur aplikasi secara lengkap dan durasi penggunaan lebih lama, silahkan memilih aplikasi berbayar. Berikut beberapa aplikasi atau software HR yang recommended untuk dicoba

1. Talenta by Mekari

Talenta by Mekari merupakan aplikasi yang khusus dirancang untuk membantu segala persoalan yang berhubungan dengan pekerjaan HR. aplikasi ini hadir dengan membawa segala fitur unggulan yang sudah berhasil untuk menyesuaikan dengan peraturan pemerintah yang ada.

Bahkan, semua fitur-fitur unggulan milik Talenta by Mekari sudah terintegrasi. Sehingga, Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan menggunakan system all in one yang lebih praktis tentunya.

Fitur unggulan yang disediakan oleh Talenta by mekari yaitu absensi online, manajemen waktu, pengajuan cuti, perhitungan lembur dan lain-lain. Karena kegunaannya yang sangat bermanfaat ini, membuat banyak sekali perusahaan besar yang menggunakan aplikasi ini. Tentunya dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan tim HR.

Kehebatan yang dihasilkan oleh aplikasi Talenta by Mekari yaitu dapat digunakan oleh segala jenis perusahaan. Baik itu jenis perusahaan berskala kecil hingga perusahaan berskala besar.

Selain dapat digunakan untuk membantu pekerjaan HR, Talenta juga mampu membantu untuk bisa melakukan pengelolaan informasi. Tentunya hal ini terkait dengan informasi data pribadi karyawan.

2. Weefer

Rekomendasi yang kedua yaitu Weefer. Aplikasi ini mampu digunakan untuk mengelola administrasi dan personalia di dalam perusahaan. Tentunya hal tersebut bisa dilakukan karena adanya fitur-fitur yang mendukung. Misalnya dengan kontrak kerja, absensi, promosi kenaikan pangkat dan yang lain sebagainya.

Aplikasi Weefer ini merupakan perusahaan software yang letaknya ada di luar negeri. Melalui fitur Key Performance Indicator (KPI) aplikasi ini dapat membantu untuk melacak kinerja dari karyawan. Tentunya segala bentuk informasi tersebut dapat diberikan secara real time atau waktu yang sesungguhnya.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat secara maksimal mengelola timesheet yang akan diajukan pada proses penggajian. Tentunya hal ini sangat membantu tim HR dalam menyelesaikan tugas-tugas yang dimiliki. Bahkan aplikasi yang satu ini, dapat terhubung dengan perangkat lain yang berada diluar jangkauan perusahaan.

Sehingga, sudah tidak heran lagi jika aplikasi ini mempunyai peminat yang cukup tinggi. Memang fitur yang diberikan tergolong banyak dengan membawa berbagai macam manfaat dan fungsi yang menguntungkan.

3. OrangeHRM

Jika negara Indonesia mempunyai aplikasi terbaik bernama Talenta by Mekari, sedangkan di negara Amerika terdapat OrangeHRM. Aplikasi ini telah sukses menjadi aplikasi terbaik yang sudah banyak digunakan di berbagai perusahaan.

Bahkan OrangeHRM mampu digunakan dalam sebuah perusahaan besar yang cakupan wilayahnya tersebar di seluruh dunia. Jenis sistem yang digunakan oleh aplikasi ini yaitu sistem modular. Nah, modular ini terdapat berbagai jenis yang mempunyai kegunaan berbeda-beda.

Tentunya modular tersebut dapat digunakan dengan menyesuaikan segala kebutuhan yang ada di sebuah perusahaan. Terkait dengan fitur yang disediakan, Orange HRM ini mempunyai empat jenis. Diantaranya yaitu kompensasi, talent management, people management hingga culture yang mencakup dengan peningkatan karir.

4. Kan’z Informatic

Kan’z Informatic merupakan salah satu software terkenal yang berfungsi untuk membantu pekerjaan HR menjadi lebih optimal. Fitur-fitur unggulan yang disediakan di dalam Kan’z yaitu absensi karyawan, kontrak kerja dan masih banyak yang lainnya.

Anda bisa dengan mudah menggunakan aplikasi ini untuk mempermudah pekerjaan. Tentunya, aplikasi ini memberikan hasil yang lebih optimal dibandingkan dengan cara kerja manual.

5. Deskera

Rekomendasi aplikasi HR system selanjutnya yaitu Deskera. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi management yang dibuat oleh negara Amerika. Aplikasi ini memberikan banyak sekali penawaran modul yang mempunyai sifat meluas.

Memang aplikasi HR Deskera ini khusus dirancang untuk bisa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang ada di dunia. Fitur unggulan yang disediakan oleh Deskera yaitu bentuk penggajian, real time reporting, payroll dan masih banyak yang lainnya.

Tidak hanya itu, aplikasi Deskera ini juga menyediakan fitur unggulan yang berbeda dengan aplikasi HR kebanyakan. Seperti halnya dengan fitur perhitungan sales serta stok opname pada perusahaan.

6. SAP

SAP merupakan salah satu pemimpin pasar industri software HR. Aplikasi ini disebut-sebut sebagai aplikasi terbaik yang bisa membantu mengelola kerja HR. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil kerja yang telah ditunjukkan di dalam perusahaan besar.

Keunikan yang diberikan oleh aplikasi ini yaitu mampu digunakan untuk berbagai jenis industri. Aplikasi HR System SAP memungkinkan untuk perusahaan dapat mengotomatisasi proses penyimpanan terhadap data karyawan. Hal ini menjadi salah satu keuntungan khusus yang diperoleh tim HR untuk bisa menjadi lebih produktif.

Akan tetapi, aplikasi SAP merupakan system berbayar. Harga yang ditawarkan pun tergolong mahal, karena SAP sendiri berasal dari perusahaan luar negeri. Akan tetapi, meskipun menawarkan harga yang cukup mahal. Aplikasi ini dapat membantu kinerja perusahaan menjadi jauh lebih optimal.

7. Workday

Workday merupakan salah satu aplikasi canggih yang berasal dari negara Amerika Serikat. Aplikasi ini didesain khusus untuk menyediakan software HR yang telah berbasis cloud. Workday menjadi salah satu aplikasi yang cocok digunakan untuk berbagai jenis bisnis global dengan industri yang beragam.

Fitur-fitur unggulan yang ditawarkan yaitu diantaranya payroll bulanan, administrasi keuangan, analisis dan yang lain sebagainya. Di negara asalnya, aplikasi Workday ini sudah menjadi aplikasi terkenal yang dapat membantu kinerja HR menjadi lebih optimal.

Bahkan, aplikasi ini dilansir mempunyai kinerja yang lebih baik sehingga menjadi tempat ternyaman untuk membantu pekerjaan di dalam perusahaan. Memang selain menyediakan berbagai macam fitur unggulan. Penggunaan dari Workday sendiri juga tergolong lebih mudah jika dibandingkan dengan HR system yang lainnya.

Hal ini dikarenakan tampilan dashboard yang lebih komunikatif. Sehingga baik pengguna baru yang tidak mengerti akan aplikasi HR tetap dapat menggunakannya secara mudah. Selain itu, aplikasi ini juga mampu digunakan diberbagai tempat.

Mengingat bahwa Workday telah menganut sistem cloud yang mampu menyimpan data perusahaan setiap ada pembaruan secara online. Sehingga, meskipun terjadi pembaruan di dalam satu perangkat.

Aplikasi ini masih bisa diakses menggunakan perangkat lain, namun dengan id perusahaan yang sama. Dengan demikian, pebisnis dapat selalu mengontrol kinerja HR terkait dengan pengelolaan data karyawan hingga bentuk transaksi perusahaan.

Cara Kerja HR System dalam Pengelolaan SDM

Salah satu keunikan tersendiri yang dimiliki oleh sistem HR adalah cara kerjanya cukup sederhana, sehingga mudah dipahami. Karena sudah berbasis online, maka seluruh informasi tentang karyawan sudah bisa diproses secara otomatis dalam satu database. Pihak HR maupun karyawan bisa menggunakan sistem ini melalui aplikasinya dengan mudah.

Dalam cara kerjanya, aplikasi HR bisa memudahkan pengelolaan data absensi online serta menghitung gaji milik karyawan sesuai absensi. Karena cara kerjanya otomatis, maka kekeliruan bisa lebih diminimalisir, sehingga data lebih terjamin keakuratannya. Selain itu, karyawan juga bisa mengajukan cuti dan penukaran pembayaran gaji dengan mudah dan cepat.

Tugas harian untuk para karyawan juga bisa diakses dengan mudah dan cepat, sehingga fleksibilitas karyawan makin meningkat. Tidak hanya informasi tentang tugas, informasi terkait urusan personalia seperti absensi, slip gaji, dan cuti juga bisa didapat dengan mudah.

Cara kerja dari HR System terbilang cukup mudah, cepat, dan akurat, karena berlangsung secara otomatis. Karenanya, penggunaan sistem ini perlu dipertimbangkan kembali dan direkomendasikan untuk dipakai, karena bisa lebih menghemat, waktu, tenaga dan biaya. Dari beberapa aplikasi yang telah direkomendasikan, Anda bisa memilih salah satu yang terbaik untuk digunakan pada bisnis Anda.


Apa Reaksi Anda?

Komentar