4 Manfaat Bercocok Tanam Cabai Rawit di Rumah

Pedagang Pasar Gresik menunjukkan cabai rawit

Surabaya (beritajatim.com) – Cabe rawit dapat dikelompokkan sebagai salah satu jenis sayuran atau tanaman perdu yang tingginya kurang dari 1 meter. Pemanfaatan tanaman dengan cita rasa pedas ini sudah sangat familier di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan, beberapa daerah khususnya keluarga menilainya sebagai bahan makanan yang wajib ada di atas meja dalam rangka menambah selera makan.

 Keuntungan Budidaya Cabai Rawit Bagi Keluarga

 1. Sarana mengajari anak

Mengajari anak-anak cara sederhana untuk bercocok tanam cukup penting mengingat hal ini biasanya juga ditemukan pada materi di sekolah dasar. Dengan mengetahui tata caranya, anak bisa selangkah lebih maju dibandingkan teman sebaya. Selain itu, proses perkembangannya juga menjadi lebih cepat dan pola pikirnya terasah.

Cabe rawit merupakan tanaman perdu yang memiliki bentuk akar serabut sehingga cara menanam dan merawatnya tidak begitu sulit. Terlebih, tumbuhan satu ini mudah hidup di mana saja asal tidak kekurangan sinar matahari dan air. Dengan kata lain, bercocok tanam di rumah dapat menjadi sarana praktikum mandiri bagi anak Anda.

Anak-anak perlu kiranya mengenal bagaimana proses pengelolaan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Harapannya, pengetahuan tersebut dapat menumbuhkan jiwa mandiri selain menunjang daya nalar mereka. Tak hanya itu, kedekatan antara anak dan orang tua pun akhirnya bisa terjalin erat, khususnya pada masa-masa pandemi seperti sekarang.

2. Kualitas tanaman lebih terjaga

Sebagai salah satu bahan makanan terpopuler, kualitas cabe rawit semestinya perlu diperhatikan lebih teliti. Anda tentu tidak tahu bagaimana persisnya proses produksi hingga distribusi yang dilakukan oleh para petani. Namun yang pasti, penggunaan pestisida untuk menjaga tanaman dari serangan hama dan hewan-hewan pengerat lainnya merupakan suatu keniscayaan.

Maka dari itu, menanamnya sendiri di rumah sebenarnya cara paling praktis untuk memastikan kualitas yang lebih terjaga. Pasalnya, Anda sendiri yang akan mengontrol prosesnya, mulai dari pemilihan bibit unggul, kondisi tanah atau media tanaman, tahap perawatan, hingga panen dan pengolahan. Jika kualitas cabe terjaga, tentu hal itu bisa pula menjaga kesehatan keluarga.

3. Bibit unggul tersedia di TaniHub

TaniHub adalah sebuah e-commerce yang bergerak secara khusus di sektor pertanian. Dalam kegiatan operasionalnya, perusahaan ini mampu menghubungkan berbagai petani di sejumlah kota besar di Indonesia, termasuk pula petani cabe rawit.

Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan fitur penyaringan petani berdasarkan lokasi sehingga ongkos kirim produk akan lebih terjangkau. Jika ingin mencari bibit unggul tanaman, tanihub.com merupakan solusi praktis untuk menjawab kebutuhan Anda.

Hanya dengan bermodalkan smartphone, Anda dapat menemukan produk yang sesuai selera, tidak terkecuali cabe rawit. Kualitas yang ditawarkan terjamin keasliannya karena disediakan langsung oleh para petani terpercaya.

Tidak hanya itu, pada setiap kategori produk tersedia aneka varian sehingga memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk menentukan pilihan. Didukung oleh kemudahan transaksi, serta waktu pengiriman relatif lebih cepat karena berada di domisili yang sama dengan lokasi Anda.

4. Memiliki nilai ekonomi

Cabe rawit dapat tumbuh di berbagai media, baik di dalam pot-pot kecil maupun pekarangan rumah. Anda dimungkinkan menghemat pengeluaran setiap bulan jika berhasil membudidayakannya secara mandiri.

Selain itu, jika ingin menambah kas pemasukan biaya hidup keluarga, Anda dapat memanfaatkan tanaman tersebut sebagai produk layak jual. Mendistribusikannya kepada tetangga atau e-commerce terpercaya yang relevan.

Cabe rawit ternyata menghadirkan banyak manfaat jika ditanam sendiri oleh keluarga, mulai dari sarana pendidikan hingga bernilai ekonomi. Namun jika Anda tidak punya banyak waktu untuk bercocok tanam cabe rawit di rumah, tenah saja karena saat ini Anda dapat membeli cabe rawit berkualitas segar #dirumahaja langsung dari petani dengan TaniHub.

Tanihub merupakan platform e-commerce yang menawarkan produk dari para petani lokal yang ingin menjual hasil panen mereka langsung ke pembeli. Selain membantu para petani lokal, Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau langsung dari petaninya.

Tak hanya berkualitas segar, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Anda bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore. (ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar