1700 Fasiltas Kesehatan Telah Melapor Kekurangan APD

Jakarta  – Pandemi Covid-19 belum menunjukan adanya penurunan kurva sedangkan kasusnya terus menyebar ke berbagai daerah di 34 provinsi di Indonesia.

Kondisi saat ini per hari ini jumlah penderita positif telah mencapai 4839 dan meninggal 459 orang. Tidak hanya protokol penanganan dan edukasi pencegahan percepatan Covid-19, yang saat ini juga dibutuhkan adalah akselerasi dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan dan alat perlindungan diri (APD) guna mencegah transmisi virus bagi tenaga medis.

Kondisi yang terjadi saat ini adalah masih banyak tenaga medis di Indonesia yang belum mendapatkan APD dengan layak dan lengkap. Per 14 April 2020 didapatkan data; 206 tenaga medis terinfeksi SARS-COV2 di Jakarta, dan 9 diantaranya meninggal dunia (3 perawat, 3 dokter spesialis, 1 manajemen RS, 1 dokter gigi, dan 1 pihak administrasi).

Untuk data di Indonesia sendiri (berdasarkan IDI dan PPNI), sudah didapatkan 24 dokter dan 12 perawat yang meninggal (9% dari keseluruhan individu meninggal akibat COVID-19).

Jika diambil persentasenya, angka tersebut sangat tinggi dibandingkan di China dengan keseluruhan kasus, tenaga medis yang meninggal hanya 1% dari total individu yang meninggal.

Mesty Ariotedjo, Salah Satu Pendiri WeCare.id menyampaikan tingginya tingkat kematian tenaga medis dalam penanganan Covid-19 di Indonesia, disebabkan terutama karena minimnya APD.

“Wecare.id, sebuah platform penggalangan dana kesehatan, melalui program #APDuntukNegeri kami telah berusaha menyalurkan bantuan APD ke berbagai rumah sakit, klinik, puskesmas, dan pusat layanan kesehatan lainnya. Saat ini kami telah mendistribusikan APD ke lebih dari 400 fasilitas kesehatan di berbagai daerah di Indonesia. Tentunya ini masih jauh dari cukup, kerja sama WeCare.id dengan berbagai pihak dan juga masyarakat dalam menggalang dana terus dilakukan. Kami terus mengusahakan agar APD dapat diperoleh dan segera didistribusikan secara merata tepat guna dan tepat sasaran. Sehingga bermanfaat oleh para tenaga kesehatan yang sedang bertugas dalam masa kedaruratan melawan Covid-19” kata dr Mesty Ariotedjo

Sejak dibukanya program #APDuntukNegeri Wecare.id berhasil mengumpulkan lebih dari 8 Milliar Rupiah donasi untuk penyediaan APD tenaga kesehatan. Namun ternyata kebutuhan dana untuk memenuhi kebutuhan APD minimal yang kami kirimkan masih jauh dari cukup, yaitu  sekitar Rp 50.000.000.000 untuk kebutuhan APD MINIMAL di 2000 fasilitas kesehatan.

Hingga saat ini Wecare.id sudah menerima lebih dari 1700 rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang melapor kekurangan APD melalui aplikasi dan website.

Di tengah pandemi Covid-19 yang kita butuhkan adalah sinergi, bergerak bersama. Wecare.id terus mengajak semua pihak bergabung menghadapi Pandemi COVID-19, perusahaan yang membuat dan mendistribusikan APD, organisasi penggalangan dana yang kesulitan membeli APD, perusahaan yang bingung menyalurkan dana CSR atau kesulitan menjangkau fasilitas kesehatan untuk distribusi APD, atau donatur yang peduli dan tergerak. Untuk berdonasi mulai dari 1000 rupiah bisa bergabung.

Penggalangan dana bersama masyarakat terus kami lakukan, termasuk bantuan kerja sama dengan lebih dari  50 lebih partners Wecare.id dalam program #APDuntukNegeri seperti; Tokopedia, PT Paragon Technology and Innovation, The Body Shop, SiCepat, Indika Foundation, Kitabisa.com, Sayur Box, Ycab Foundation.

Setelah aktif menyalurkan bantuan APD tenaga kesehatan ke berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya, WeCare.id sangat transparan dalam menggalang dana, pembelian serta pendistribusian APD. Untuk penjelasan lebih lengkapnya donatur dan masyarakat dapat mengkases halaman https://wecare.id/apdcorona. Masyarakat juga dapat mengakses data ke 1700 fasilitas kesehatan yang kekurangan APD, sehingga diharapkan pendanaan dan distribusi APD ke seluruh faskes dapat lebih cepat.

“Wecare.id tahu bahwa perjalanan masih panjang, oleh karena itu kami terus mengundang partisipasi dari seluruh masyarakat, bersama menyediakan APD untuk tenaga medis Indonesia. Mari kita melangkah dan berbuat nyata untuk memperjuangkan perlindungan tenaga medis yang sedang bekerja melindungi kesehatan masyarakat. Wecare.id yakin dengan adanya bantuanmu, sinergi dari semua niat baik kita bersama akan menghasilkan hasil lebih besar” tutup dr. Mesty Ariotedjo.

Untuk memenuhi kebutuhan informasi berbagai pihak akan informasi keuangan, segala bentuk kegiatan dan program yang dilakukan oleh WeCare.id telah dan akan diaudit oleh akuntan publik. Untuk bergabung bersama WeCare.id dan melihat data transparan WeCare.id dapat mengunjungi https://wecare.id/apduntuknegeri.

Apa Reaksi Anda?

Komentar