10+ Program Stok Barang Recommended untuk Bisnis Lebih Efektif

Foto: ilustrasi media sosial

Surabaya – Sebagai seorang pelaku usaha, Anda tentu memerlukan program stok barang untuk mempermudah pengaturan stok barang yang masuk maupun keluar.

Program aplikasi ini tentu sangat penting, karena Anda bisa lebih mudah dalam mengontrol stok barang yang ada di gudang.

Apalagi jika memiliki banyak gudang, aplikasi ini bisa membuat Anda mengetahui stok barang secara tepat, cepat dan akurat.

Di tengah perkembangan teknologi yang kian pesat, program stok barang kini sudah bisa Anda gunakan melalui Android maupun PC. Aplikasi untuk keperluan pengontrolan stok barang ini bisa berupa web, php, maupun Excel.

Hadirnya stock inventory application dapat membuat Anda bisa melakukan pengontrolan jarak jauh meski sedang tidak berada di gudang. Karena bersifat online, maka program aplikasi tersebut bisa diakses dengan mudah saat berada dimanapun.

Daftar program stok barang Online Terbaik

Sebelum hadirnya program stok barang, Anda harus berada di gudang untuk mengamati secara langsung stok barang yang tersedia. Namun kini, saat bepergian ke luar kota sekalipun, Anda tetap bisa memantau persediaan barang. Aplikasi khusus untuk pemantauan stok barang sudah cukup banyak beredar dan bisa ditemukan dengan mudah.

Meski sudah banyak aplikasi dan program yang tersedia, namun Anda harus tetap waspada terhadap aplikasi yang akan digunakan. Saat ini, terdapat fenomena bertambahnya pengusaha dengan kebutuhan aplikasi stok barang.

Karena itulah, tidak sedikit pihak tidak bertanggung jawab yang menciptakan program ilegal. Aplikasi ilegal tersebut tentu dapat memberikan dampak buruk yang bisa membahayakan usaha Anda. Akan banyak kerusakan sistem yang bisa diakibatkan aplikasi tidak legal, belum lagi masalah peretasan dalam sebuah perusahaan bisa sangat merugikan.

Supaya dapat menghindari probabilitas terburuk akibat illegal application, maka Anda perlu mencari aplikasi yang benar-benar trusted. Berdasarkan berbagai sumber terpercaya, berikut beberapa program stok barang terbaik dan terpercaya yang bisa Anda gunakan. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Jurnal.id

Jurnal.id menjadi program stok barang pertama yang sangat recommended untuk dicoba. Seperti yang dijelaskan di halaman situsnya https://www.jurnal.id/id/aplikasi-stok-barang/, Aplikasi ini menyediakan banyak fitur yang dapat memudahkan Anda dalam mengatur stok barang. Anda bisa menggunakan penawaran uji coba aplikasi Jurnal.id secara gratis selama 14 hari sebagai simulasi. Segala urusan terkait ketersediaan barang di gudang dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi Jurnal.id

Selain itu, Jurnal.id dapat memberikan informasi terkait produk yang paling banyak terjual dan pengingat saat stok barang telah kosong. Kemudian, data dari barang yang dibeli maupun dijual akan tersimpan secara otomatis, dalam laporan. ITidak hanya menyediakan fitur pengaturan stok barang, Jurnal.id juga memiliki banyak fitur akutansi lainnya yang dapat mempermudah urusan bisnis.

Karenanya, aplikasi Jurnal.id sangat direkomendasikan untuk dicoba. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah, bisa digunakan melalui smartphone maupun laptop. Selain itu, tampilannya yang user friendly juga membuatnya cocok digunakan oleh para pengusaha pemula. Aplikasi jurnal.id cocok digunakan untuk semua jenis usaha, mulai dari UKM hingga perusahaan besar.

2. Stock and Inventory Simple

Proses input data bisa dilakukan dengan mudah melalui program stok barang bernama Stock and Inventory Simple. Aplikasi ini bisa digunakan mengimpor maupun mengekspor data dari dan ke file Excel, serta mendeskripsikan barang menggunakan gambar. Pendeskripsian barang melalui gambar ini bisa dilakukan melalui fitur Take Foto dan Add Images.

3. Inventory Keeper

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah Inventory Keeper.Anda bisa melihat hasil pencatatan stok barang lebih well-organized. Inventory keeper juga memiliki aneka fitur pendukung yang dapat digunakan untuk menambah, mengurangi, dan mencari stok barang Anda. Inventory Keeper memungkinkan Anda untuk mendapat informasi mengenai barang yang banyak terjual.

4. Fishbowl

Data stok gudang usaha kuliner bisa diatur dengan mudah menggunakan Fishbowl. Aplikasi ini cukup membantu Anda dalam urusan pendataan maupun penjualan. Aplikasi Fishbowl telah dilengkapi dengan fitur menarik yang dapat digunakan untuk meriset produk yang disukai pelanggan. Fitur riset tersebut tentu dapat mempermudah Anda dalam meningkatkan usaha yang dijalankan. Aplikasi Fishbowl bisa Anda gunakan secara gratis melalui media PC atau laptop.

5. Stock Count

Seperti namanya, program stok barang ini bisa digunakan untuk menghitung serta memeriksa ketersediaan barang dan telah dilengkapi fitur barcode. Aplikasi Stock Count telah dilengkapi fitur barcode scanner yang terkoneksi dengan kamera smartphone. Dengan demikian, proses pengecekkan stok barang bisa dilakukan kapan dan dimana saja dengan lebih mudah.

Aplikasi penghitung stok barang ini memungkinkan setiap data, riwayat transaksi, dan laporan stok barang bisa terkirim ke email Anda. Hal tersebut dikarenakan sistem aplikasi Stock Count telah terintegrasi dengan layanan email. Semua fiturnya mudah diakses dan sangat cocok untuk para pebisnis mulai yang pemula hingga para senior.

6. Inflow Inventory

Anda juga disarankan untuk menggunakan aplikasi Inflow Inventory dalam mengelola stok barang. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengatur pesanan, mengatur stok barang secara keseluruhan, dan melacak biaya. Inflow Inventory cocok digunakan oleh Anda yang merupakan pengusaha online shop. Aplikasi untuk stok barang ini bisa lebih menghemat waktu Anda dalam mengurus urusan penjualan. Bagi Anda, pengusaha online shop, jangan ragu untuk menggunakan Inflow Inventory.

7. Simple Stock Manager

program stok barang Simple Stock Manager cocok digunakan oleh para pengusaha pemula dalam mengawasi stok barangnya. Informasi dari barang yang didaftarkan pada aplikasi ini bisa ditemukan dengan mudah berkat adanya fitur barcode scanner. Selain itu, aplikasi Simple Stock Manager juga bisa memberikan notifikasi tentang stok barang yang kian menipis.

Dengan demikian, Anda bisa langsung menambah stok barang dengan tepat waktu sesuai kebutuhan. Seluruh data stok barang Anda bisa tersimpan secara otomatis dalam aplikasi ini karena adanya fitur backup data. Stock Manager yang merupakan aplikasi berbasis digital dapat diperoleh melalui pengunduhan pada Play Store.

8. Vladovsoft Sklad

Aplikasi berikut adalah aplikasi Vladovsoft Sklad. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengecek ketersediaan barang serta mengelola toko. Vladovsoft Sklad bisa membuat data stok barang masuk serta keluar secara maksimal. Aplikasi Vladovsoft Sklad dapat membantu Anda dalam membuat catatan penjualan yang lebih rinci dan mudah dipahami.

9. Easy Catalogue

Easy Catalogue merupakan program stok barang yang bisa dioperasikan secara online maupun offline melalui smartphone. Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi pengecek stok barang lainnya.

Beberapa kegiatan seperti menyimpan data ketersediaan stok barang serta menambah deskripsi barang bisa dilakukan menggunakan aplikasi ini. kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah, Anda bisa mengontrol stok barang dimanapun meski sedang tidak memiliki kuota.

10. Household Register

Bagi pengguna PC, Anda bisa menggunakan aplikasi stok barang bernama Household Register. Aplikasi tersebut dapat Anda pakai dalam mengorganisasi stok barang yang akan dijual serta mengatur lokasi penyimpanan barang secara lebih terperinci. Household Register memiliki fitur penggabungan barang yang fungsional. Aplikasi ini bisa dioperasikan melalui laptop.

11. Smart Inventory System

Aplikasi Smart Inventory System dapat digunakan untuk merubah jumlah dan ketersediaan stok barang dengan cepat. Barang yang didaftarkan pada aplikasi ini bisa menggunakan sistem barcode. Barcode barang bisa didapat dari nomor dan tag harga  yang telah dibuat sebelumnya. Anda dapat memaksimalkan sistem pengaturan stok barang pada Smart Inventory System.

12. Inventory Management

Aplikasi Inventory Management telah dilengkapi dengan fitur pencatatan stok barang dan mampu merekam kegiatan inventaris. program stok barang ini bisa digunakan untuk mencatat stok barang yang akan dijual maupun dibeli.

Selain itu, Inventory Management memiliki fitur riwayat transaksi yang bisa menjadi bukti jika sewaktu-waktu diperlukan. Fitur riwayat pada aplikasi Inventory ini dapat membantu Anda untuk meminimalisir terjadinya kesalahan saat mengatur stok barang, seperti selisih. Selain itu, Inventory Management juga bisa digunakan untuk menambah maupun menghapus stok barang.

13. Stock Controller

Tidak jauh berbeda dengan Smart Inventory System, aplikasi Stock Controller juga memiliki desain tampilan yang cukup sederhana. Fitur-fitur pada aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat pengelompokan gudang berdasarkan jenis barang, serta mengelola persediaan stok barangnya. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk dipakai lebih dari 1 user, jadi, Anda yang memiliki banyak usaha bisa lebih terbantu.

14. eStock: Stock Manager, Inventory Manager

Aplikasi stok barang yang dirilis pada Mei 2019 ini memungkinkan penggunanya untuk memasukan detail barang saat mengatur stok. Stok barang yang diatur menggunakan eStock: Stock Manager, Inventory Manager bisa dilampirkan ID, deskripsi, dan namanya. Selain itu, kode barang juga bisa terbaca berkat adanya fitur QR dan barcode.

Tersedia juga fitur lainnya yang bisa digunakan untuk membuat laporan dari daftar stok barang yang telah dibuat. Aplikasi eStock bisa membuat laporan elektronik, sehingga laporan tidak perlu lagi dibuat secara manual. eStock: Stock Manager, Inventory Manager sudah tersedia di Play Store dan bisa diunduh secara gratis.

Apa Saja Benefit program stok barang untuk Kemajuan Usaha?

program stok barang mampu memberikan banyak manfaat bagi kemajuan usaha yang sedang dijalankan. Meningkatnya produktivitas bisnis dalam hal penyediaan stok barang dan proses penjualan menjadi manfaat utama aplikasi stok barang. Selain itu, Anda akan dapat memaksimalkan efisiensi saat mengambil keputusan ketika hendak membeli atau menjual barang.

Aplikasi yang bisa dioperasikan melalui smartphone dan PC ini juga memudahkan Anda dalam mengontrol barang kapan dan dimana saja. Aplikasi pengaturan stok barang dapat meminimalisir adanya human error.

Hal tersebut dikarenakan, aplikasi biasanya sudah dilengkapi dengan fitur barcode scanning, sehingga pendataan barang jadi lebih mudah dan efisien. Anda juga tidak perlu khawatir jika kehabisan barang saat ramai pembeli, karena program stok barang akan memberikan notifikasi.

Dengan demikian, Anda bisa melengkapi persediaan barang yang mulai menipis dengan tepat waktu. Aplikasi untuk stok gudang sangat perlu untuk digunakan oleh para pengusaha, apalagi yang memiliki lebih dari 1 jenis usaha. Aplikasi dapat membantu Anda dalam proses pendataan dan pengecekan stok barang dengan lebih efisien dalam sebuah perusahaan.


Apa Reaksi Anda?

Komentar