Iklan Banner Sukun

1 MB Berapa KB dan Manfaat Mengenalinya

Surabaya (beriajatim.com) – Internet merupakan kebutuhan yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat modern saat ini. Bagaimana tidak, seluruh aktivitas sebagian besar mengandalkan teknologi sebagai penyokongnya. Untuk mengetahui kapasitas internet, kita menggunakan beberapa indikator mulai dari GB, TB, MB dan KB. Perhitungan ketiga komponen tersebut sayangnya belum diketahui secara menyeluruh semisal 1 MB berapa KB?

Sebelum itu, kita perlu memahami dulu bagaimana sistem konversi antara perhitungan tersebut. Artikel ini dikutip dari therantnation.com akan menjelaskan sistem konversi, manfaat, urutan hingga cara mengukur secara keseluruhan.

Urutan Bytes

Perhitungan bytes jika menilik usulnya digunakan dalam bidang komputerisasi tak hanya untuk internet, namun juga kapasitas Random Access Memory (RAM) hingga penyimpanan macam hard disk. Ada beberapa urutan bytes yang belum banyak diketahui masyarakat. Jika selama ini kita lebih akrab dengan istilah GB, MB dan KB, sebenarnya ada urutan lain di atas konversi tersebut yakni:

  • Byte (B)
  • Kilobyte (KB)
  • Megabyte (MB)
  • Gigabyte (GB)
  • Terabyte (TB)
  • Petabyte (PB)
  • Exabyte (EB
  • Zettabyte (ZB)
  • Yottabyte (YB)

Perhitungan di atas mulai dari terendah hingga ke tertinggi. Khusus kuota data untuk perangkat kecil kita memang umum berhenti pada perhitungan GB saja, sementara lebih dari itu digunakan untuk perhitungan kapasitas data yang lebih besar.

Konversi 1 MB berapa KB?

Giga Bytes (GB), Mega Bytes (MB) dan Kilo Bytes (KB) memiliki takarannya masing-masing. Berikut ini uraiannya:

  • 1 MB sama dengan 1024 KB untuk pengukuran bilangan biner
  • 1 MB sama dengan 1000 KB untuk pengukuran bilangan desimal
  • 1 MB sama dengan 1024 KB (Biner) setara dengan 0.00098 GB
  • 1 MB sama dengan 1000 KB (Desimal) setara dengan 0.0001 GB

Anda bisa melakukan pengukuran sederhana melalui sistem seperti ini, GB adalah besaran tertinggi, diikuti MB baru kemudian KB. Itulah mengapa kuota internet untuk pembelian satuan lebih dominan menggunakan GB dibandingkan MB,  karena pembaginya lebih besar.

Cara Menghitung KB, MB, dan GB

Detail penjelasan mengenai sistem konversi lainnya sebagai berikut:

l  1 KB Berapa Byte ?

Untuk perhitungan dengan indikator biner maka 1 KB sama dengan 1024 Byte. Beda halnya jika indikator konversi adalah desimal maka 1 KB sama dengan 1000 MB.

l  1 MB Berapa KB?

Untuk perhitungan dengan indikator biner maka 1 KB sama dengan 1024 KB. Beda halnya jika indikator konversi adalah desimal maka 1 MB sama dengan 1000 KB.

l  1 GB berapa MB?

Untuk perhitungan dengan indikator biner maka 1 GB sama dengan 1024 MB. Beda halnya jika indikator konversi adalah desimal maka 1 GB sama dengan 1000 MB.

l  1 TB Berapa GB ?

Untuk perhitungan dengan indikator biner maka 1 TB sama dengan 1024 GB. Beda halnya jika indikator konversi adalah desimal maka 1 TB sama dengan 1000 GB.

Perhitungan Terbyte pada dasarnya memang tak umum untuk kuota internet karena kapasitasnya besar. Besaran ini biasanya digunakan untuk WiFi yang memang digunakan dalam jangka panjang dan berkapasitas besar. TB juga kerap dijumpai untuk perhitungan perangkat penyimpan macam hard disk, flashdisk dan sebagainya.

Manfaat Mengetahui 1 MB Berapa KB

Memahami perhitungan di atas sebenarnya punya banyak manfaat, tak sebatas untuk membeli kuota. Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Prediksi untuk Menambah Kuota

Anda pasti memiliki rata-rata pembelian kuota dalam satu bulan, atau bahkan mingguan. Setiap orang memiliki masa pembelian yang berbeda-beda. Pengguna biasa akan melakukan pengecekan data lebih dahulu untuk memastikan apakah akan membeli kembali atau tidak. Memahami perhitungan ini akan membantu Anda memprediksi kapan harus membeli kuota.

Ini lebih baik daripada menunggu kuota habis secara keseluruhan terlebih jika dalam keadaan terdesak. Biasanya, saat data masuk dalam hitungan MB terlebih KB barulah data akan ditambahkan.

  • Mengontrol Kuota

Penggunaan internet secara berlebih dan boros akan membuat pengeluaran Anda semakin besar. Penting bagi pengguna untuk mengontrol penggunaan kuota mereka lebih efisien. Setiap aplikasi menguras data berbeda-beda, misal saja saat streaming film dimana data akan terserap pada hitungan GB karena membutuhkan daya lebih tinggi.

Berbeda jika Anda membuka media sosial atau aplikasi chat, data biasanya akan berkurang pada hitungan MB. Semua tentu kembali pada durasi penggunaan, jadi saat Anda memahami sistem konversi tersebut, bisa lebih mudah untuk mengontrol penggunaannya.

  • Mengetahui Sisa Kuota

Manfaat paling utama di antara dua lainnya tentu, untuk mengetahui berapa sisa kuota pada perangkat. Dengan begitu, pengguna akan membuat kisaran berapa lama koneksi internetnya cukup. Pun jika ingin membatasi akses aplikasi yang menguras banyak kuota data. Untuk memperhitungkannya, Anda cukup mengingat jika  1 GB sama dengan 1000 MB pada perhitungan desimal dan setara dengan 1000000 KB untuk konversi yang lebih kecil.

Jika memahami besaran KB, MB ataupun GB sebenarnya relatif. Kenapa demikian? karena semua tergantung pada penggunaan dan kebutuhan Anda sendiri. Semakin tinggi kebutuhan internet maka kuota yang dibutuhkan jelas akan semakin tinggi, durasi habisnya pun akan semakin cepat.

Selain beberapa ulasan di atas, sebenarnya ada banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan karena bytes tak hanya digunakan pada perhitungan internet melainkan pada perangkat general di bidang komputerisasi. Karena itu, selain 1 MB berapa KB seluruh ulasan di atas bisa membantu Anda memahami mekanisme konversi secara lebih sederhana dan mudah untuk diterapkan di keseharian.


Apa Reaksi Anda?

Komentar