Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Yuk Berwisata Demokrasi di Rumah Pintar Pemilu KPU Sumenep

Wisata demokrasi siswa SMA Sayyid Yusuf (foto: KPU Sumenep)

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menyediakan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Sultan Abdurrahman di Sekretariat KPU Sumenep.

“Rumah Pintar Pemilu ini merupakan salah satu konsep kami untuk pendidikan pemilih. Jadi disini merupakan sarana edukasi masyarakat tentang pemilu dan demokrasi,” kata Komisioner KPU Sumenep, M. Rafiqi, Jumat (30/09/2022).

Ia memaparkan, Rumah Pintar Pemilu dirancang khusus untuk melakukan seluruh program pendidikan pemilih. Di RPP tersebut, terdapat ruang pameran atau display alat peraga pemilu. Di ruangan ini ditampilkan bahan/alat peraga Pemilu seperti maket atau diorama.

Kemudian ada juga papan informasi dinding yang menampilkan struktur KPU, tahapan, perolehan suara, peserta Pemilu, peta daerah pemilihan, dan beberapa informasi lain.

Wisata demokrasi siswa SMA Sayyid Yusuf (foto: KPU Sumenep)

“Rumah Pintar Pemilu ini juga punya ruangan audio visual. Ruangan ini sering digunakan untuk rapat daring serta saat KPU melakukan rapat Pleno. Nantinya akan kami konsep kegiatan podcast yang berkaitan dengan Pemilihan Umum,” papar Rafiqi.

Rumah Pintar Pemilu di KPU Sumenep itu terbuka untuk umum, baik siswa, mahasiswa, maupun elemen lain yang ingin berkunjung dan berdiskusi guna menggali lebih dalam pengetahuan tentang kepemiluan.

Salah satu yang melakukan wisata demokrasi ke RPP tersebut adalah siswa siswi SMA Sayyid Yusuf, Kecamatan/ Pulau Talango. Dengan dipandu staf KPU Sumenep yang juga fasilitator RPP, Heru Budianto, para siswa diajak untuk lebih mengenal tentang Pemilu.

“Komisioner KPU juga memberi materi, kemudian diisi juga dengan sesi tanya jawab, sekaligus bagi-bagi doorproze bagi para siswa. Sejauh ini, Alhamdulilah, siswa terlihat cukup antusias berwisata demokrasi di RPP,” ucap Rafiqi. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar