Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Wujudkan Wilayah Tangguh Bencana di Pasuruan, Gus Mujib Kerahkan Semua Personil

Apel Siaga Kesiapsiagaan Bencana Menuju Kabupaten Pasuruan Tangguh Menanggulangi Bencana di Kabupaten Pasuruan Tahun 2021 yang digelar di halaman kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Jl Raya Raci,

Pasuruan (beritajatim.com) – Mewujudkan wilayah Tangguh Bencana, Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron menginstruksikan kepada seluruh institusi yang terlibat dalam penanganan bencana agar meningkatkan dukungannya.

Tidak hanya yang berhubungan dengan alokasi anggaran saja, melainkan juga dalam hal peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Dalam Apel Siaga Kesiapsiagaan Bencana Menuju Kabupaten Pasuruan Tangguh Menanggulangi Bencana di Kabupaten Pasuruan Tahun 2021 yang digelar di halaman kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Jl Raya Raci, setiap institusi diminta dapat membentuk petugas dan relawan bencana.

Yakni mereka yang siap dan peka dalam mendeteksi bencana maupun pasca bencana. Tentunya dengan lebih sabar dan ikhlas dalam menangani dan melayani korban bencana.

“Saya berharap, baik BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Satpol PP, TNI, Polri maupun dinas teknis lainnya bisa mengalokasikan dan meningkatkan dukungan anggaran yang memadai. Tentunya tidak hanya membeli perlengkapan penanggulangan untuk peningkatan kapasitas sumber daya saja seperti pendidikan dan pelatihan khusus”, pintanya.

Kata Wakil Bupati, pengelolaan, pemanfaatan dan pemeliharaan aset dalam penanggulangan bencana wajib di maintenance secara periodik. Sehingga pada saat digunakan dapat berfungsi dengan baik.

Demikian halnya dengan penguasaan teknologi informasi. Baik dari sisi kualitas data, informasi maupun pelaporan kejadian bencana wajib dimaksimalkan melalui pemanfaatan pusdalops, didukung dengan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal itu sebagai antisipasi dan pusat layanan informasi agar masyarakat dapat lebih waspada dalam menghadapi bencana.

“Saya juga berharap, peran para Camat, Kepala Desa maupun Lurah dibantu dengan TNI/Polri segera membentuk dan mengembangkan program Desa Tangguh Bencana. Tujuannya berfungsi sebagai motivasi membangun kemandirian masyarakat serta kesiapsiagaan dalam melaksanakan penanggulangan bencana. Termasuk upaya penanganan Covid-19 secara preventif melalui program vaksinasi kolaboratif yang digagas bersama Forkopimda Kabupaten Pasuruan”, jelasnya, didampingi Kapolres Pasuruan AKBP Erick Frendiz dan Dandim 0819 Pasuruan Letkol Inf. Nyarman.

Apel Siaga Bencana dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Asisten Pemerintahan dan Kesra Rachmat Syarifuddin, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Agus Hari Wibawa dan Administrasi Umum Slamet Nurhandoyo. Tidak terkecuali seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Pasuruan. Berikut para petugas dan relawan bencana.

Adapun tujuan dilaksanakannya Apel Siaga Bencana sebagai upaya mitigasi dan penanggulangan bencana di Kabupaten Pasuruan. Terlebih saat ini Indonesia memasuki pancaroba yang berbarengan dengan potensi terjadinya fenomena alam Lanina. Yakni kondisi penyimpangan suhu permukaan alut samudera pasifik tropis yang diprediksi akan terjadi di akhir tahun ini.

Kondisi tersebut menyebabkan tingginya curah hujan dan kecepatan angin ekstrim berkisar 20-70 persen di atas kondisi normal yang dapat terjadi hampir merata di seluruh wilayah tanah air. Akibatnya sangat berpotensi memicu bencana hidrometeorologi.

Selepas gelar pasukan usai, didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ridwan Haris, Kapolres dan Dandim 0819 Pasuruan, Wakil Bupati berkesempatan meninjau peralatan dan perlengkapan kesiapsiagaan bencana yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Memastikan betul bahwa semuanya dapat berfungsi dengan baik. (ada/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar