Politik Pemerintahan

World Cleanup Day 2019, Pemkot Mojokerto Bersih-bersih Sungai

Wakil Walikota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria menaiki perahu karet menyusuri sepanjang aliran sungai. Foto : istimewa

Mojokerto (beritajatim.com) – Pemkot Mojokerto bersama Karang Taruna dan warga Kecamatan Prajuritkulon melakukan bersih-bersih di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Brangkal. Kegiatan yang masuk dalam program kali bersih (prokasih) ini, juga untuk memperingati World Cleanup Day 2019.

Peringatan World Cleaner Day 2019 ini dilakukan di seluruh Indonesia dan diikuti 158 negara. Di Kota Mojokerto sendiri, kegiatan ini turut diikuti oleh Wakil Walikota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria. Dengan menaiki perahu karet, Cak Rizal (sapaan akrab, red) menyusuri sepanjang aliran sungai.

Cak Rizal melihat lebih dekat titik-titik yang sering menjadi tempat pembuangan sampah. Dengan dibantu tim Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan warga sekitar, secara bergotong-royong membersihkan aliran sungai.

Tak hanya sampah dalam air, warga pun turut membersihkan bantaran sungai yang masih terdapat tumpukan sampah. Sampah-sampah yang telah terkumpul, kemudian diangkut menggunakan truk sampah untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) Randegan, Kelurahan Sekarputih, Kecamatan Magersari.

“Menjaga kebersihan lingkungan, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Melainkan, dibutuhkan kesadaran dan kepedulian dari seluruh elemen masyarakat,” ungkap, Cak Rizal, Sabtu (21/9/2019).

Untuk itu, melalui Prokasih diharapkan masyarakat dapat bersama-sama dengan Pemkot Mojokerto untuk terus berbenah. Terutama dalam menjaga kebersihan sungai yang kerap menjadi tempat pembuangan sampah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Melalui gerakan ini, semoga bisa menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat Kota Mojokerto untuk bersama-sama menjadi pahlawan kebersihan. Sehingga, tidak ada lagi sampah-sampah yang dibuang sembarangan di sungai atau pinggir jalan lagi,” tegasnya.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar